Comscore Tracker

5 Olahan Nasi Jepang yang Sedap dan Mengenyangkan

Cobain deh, terutama yang bosan makan nasi gitu mulu!

Makanan Jepang memang populer di berbagai negara seiring dengan meningkatnya minat terhadap animasi dan budaya Jepang. Hidangan seperti sup miso, onigiri, dan lainnya kini dapat dengan mudah ditemui di banyak tempat termasuk Indonesia. Selain cemilan dan kudapan Jepang, olahan nasi Jepang adalah salah satu bentuk hidangan yang banyak dicari. Seperti sushi, omurice, dan lain sebagainya. 

Nah, di bawah ini, terdapat lima hidangan nasi Jepang yang sayang banget kamu lewatkan. Yuk, lihat ada apa saja.

1. Omurice

5 Olahan Nasi Jepang yang Sedap dan Mengenyangkanwww.japanesecooking101.com

Omurice adalah olahan nasi dan telur yang populer di Jepang. Semua kalangan usia terutama anak-anak menyukai menu yang satu ini. Nama omurice berasal dari kata omelet dan rice yang disatukan. Nasi dalam masakan omurice biasanya telah dimasak dengan bumbu-bumbu yang memperkaya rasanya. Setelah dilapisi oleh telur, biasanya ditambahkan saus tomat di atas nasi. 

2. Onigiri

5 Olahan Nasi Jepang yang Sedap dan Mengenyangkanwww.japanesecooking101.com

Onigiri atau nasi kepal merupakan makanan yang banyak disajikan di berbagai toserba Jepang. Kalau kamu pecinta animasi Jepang, mungkin kamu sering melihat makanan yang satu ini muncul di beberapa scene. Onigiri populer di bawa sebagai bekal atau menu makanan sederhana yang mudah didapat. Onigiri dibuat dengan isian di dalam kepalan nasi dan disajikan dengan lembaran rumput laut. 

Baca Juga: 10 Jenis Saus Masakan Jepang Paling Favorit, Jangan Keliru Lagi ya!

3. Donburi

5 Olahan Nasi Jepang yang Sedap dan Mengenyangkanwww.japanesecooking101.com

Donburi adalah sebutan untuk makanan berupa nasi dengan berbagai lauk di atasnya seperti ikan, ayam, ataupun daging dalam satu mangkuk. Terdapat banyak jenis donburi. Misalnya, gyudon, yaitu hidangan berupa nasi dengan irisan tipis daging sapi dan bawang bombay di atasnya. Ada juga unadon, yakni nasi dengan lauk belut Unagi di atasnya. Beragam jenis donburi ini menawarkan kelezatan berbeda yang sayang untuk dilewatkan.

4. Nasi Kari Jepang

5 Olahan Nasi Jepang yang Sedap dan Mengenyangkanwww.seriouseats.com

Nasi kari Jepang biasa disajikan dengan sebagian piring tertutupi nasi dan sebagian lainnya berisi kuah kari. Bahan dasar untuk kari Jepang adalah kentang, wortel, dan bawang bombai. Untuk daging, biasa digunakan daging ayam, sapi, dan babi. Nasi Kari umumnya disantap sebagai makan siang ataupun makan malam. Kalau kamu ingin membuat hidangan ini di rumah, hal penting yang kamu perlu siapkan adalah bubuk kari. Ingat untuk menggunakan bubuk kari Jepang, jika menggunakan bubuk kari lainnya, maka rasanya akan menjadi berbeda.

5. Sushi

5 Olahan Nasi Jepang yang Sedap dan Mengenyangkanwww.japanesecooking101.com

Olahan nasi yang satu ini, merupakan salah satu makanan Jepang yang populer di berbagai negara. Sushi adalah hidangan berupa nasi yang dibentuk bersama beberapa lauk berupa makanan laut, daging, ataupun sayuran. Sama seperti donburi, sushi juga memiliki banyak jenis. Jenis-jenis sushi antara lain nigiri sushi, maki sushi, serta inari sushi.

Sedap semua nih. Selain lima olahan nasi di atas, Jepang juga masih memiliki beberapa olahan nasi lainnya. Misalnya ochazuke yang merupakan hidangan berupa nasi dengan lauk pauk yang disiram dengan air panas, teh hijau, ataupun dashi. Kamu sudah pernah coba hidangan yang mana saja nih?

Baca Juga: Bikin Masakan Jepang di Rumah Yuk, Nih Ada 5 Pilihan Resepnya

Arita Photo Community Writer Arita

Menyukai aroma toko buku dan makanan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You