Comscore Tracker

5 Tips Cermat Membuat Cheesecake Sendiri di Rumah, Lembut dan Lezat!

Gak melulu harus beli kalau bisa buat sendiri di rumah

Cheesecake merupakan sejenis kue bertekstur lembut yang terbuat dari krim keju. Biasanya olahan ini banyak menggunakan aneka pilihan topping yang membuat cita rasanya semakin menggugah selera. Selain itu, menu ini juga biasa disajikan sebagai pilihan dessert dengan cita rasanya yang gurih dan manis.

Bila kamu tertarik untuk mengetahui apa saja tips membuat cheesecake sendiri di rumah, berikut lima tipsnya. 

1. Tambahkan tepung atau meizena dalam jumlah sedikit

5 Tips Cermat Membuat Cheesecake Sendiri di Rumah, Lembut dan Lezat!Pexels/Kaboompics .com

Tekstur cheesecake memang sangat lembut bila dibandingkan dengan kue lainnya, namun tak berarti bahwa kue ini sama sekali tak menggunakan tepung. Kamu bisa menggunakan tambahan tepung atau meizina dalam jumlah sedikit untuk membantu agar teksturnya sedikit padat dan tak mudah pecah. Ini akan membuat teksturnya lebih baik. 

2. Pilih loyang yang bisa dibuka

5 Tips Cermat Membuat Cheesecake Sendiri di Rumah, Lembut dan Lezat!Youtube/Allrecipes

Selain cita rasa, tentunya kamu perlu memperhitungkan perihal tampilan dari cheesecake. Kamu dapat menjaga keutuhan dari kue lembut ini dengan cara menggunakan loyang yang dapat dilepas. Jangan lupa menambahkan margarin agar tak mudah menempel. 

3. Tak mengaduk dengan lama

5 Tips Cermat Membuat Cheesecake Sendiri di Rumah, Lembut dan Lezat!washingtonpost.com

Adonan cheesecake menggunakan telur di dalamnya yang berfungsi sebagai pengikat udara. Mengaduknya terlalu lama juga hanya akan membuat adonan menjadi sulit mengembang atau bahkan tampak lebih kempes. Cukup mengaduk hingga tercampur rata. 

Baca Juga: 5 Ragam Menu Cheesecake Lezat yang Bisa Jadi Inspirasi Olahan

4. Panggang dengan durasi yang tepat

5 Tips Cermat Membuat Cheesecake Sendiri di Rumah, Lembut dan Lezat!myimperfectkitchen.com

Sama halnya seperti mengolah kue pada umumnya, memanggang juga memerlukan durasi yang tepat. Apabila menggunakan oven listrik, tentu kamu hanya tinggal memasukan durasi pemanggangan. Sementara, apabila kamu menggunakan oven manual, maka kamu dapat mengecek hingga bagian pinggiran kue memadat. 

5. Keluarkan kue ketika sudah dingin

5 Tips Cermat Membuat Cheesecake Sendiri di Rumah, Lembut dan Lezat!simplyrecipes.com

Kamu dapat mengeluarkan kue dari loyang ketika sudah dalam keadaan dingin. Mengeluarkan kue ketika masih panas hanya akan membuatnya mudah hancur. Diamkan sesaat sebelum mengeluarkan dari loyang.

Nah, aneka tips di atas semoga dapat membantumu dalam membuat cheesecake sendiri di rumah. Gak kalah lezat dari menu-menu cheesecake di restoran, bukan? 

Baca Juga: 10 Tips Membuat Cheesecake ala Jepang yang Lembut dan Empuk 

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya