Comscore Tracker

5 Tips Cermat Membuat Waffle yang Renyah dan Lembut, Enak!

Cocok untuk menu sarapan

Waffle merupajan sejenis olahan yang diolah dengan cara dicetak pada cetakaan khusus dan disajikan bersama dengan aneka topping. Sering menjadi pilihan untuk sarapan, waffle tak jarang dikonsumsi sebagai menu santai karena memang rata-rata bercita rasa manis. Namun, pernah kah kamu membuatnya sendiri di rumah? 

Untuk kamu yang penasaran bagaimana tips membuat waffle sendiri di rumah, berikut lima daftarnya. 

1. Memilih konsistensi yang tepat saat mengocok putih telur

5 Tips Cermat Membuat Waffle yang Renyah dan Lembut, Enak!biggerbolderbaking.com

Salah satu bahan penting dalam membuat waffle adalah putih telur. Bahan ini akan membantu dalam mengembangkan olahan yang ada. Biasanya putih telur akan diaduk hingga kaku dan padat, namun penambahan bahab seperti krim kocok pun diperlukan guna memberikan tekstur padat dan lembut pada waffle yang kamu buat. 

2. Gunakan mentega agar tak mudah lengket 

5 Tips Cermat Membuat Waffle yang Renyah dan Lembut, Enak!cookingclassy.com

Pada saat proses pengolahannya, mungkin sering kali merasa kesulitan karena adonan yang lengket pada wajan cetakan. Hal ini perlu kamu siasati dengan menggunakan mentega sebagai bahan utamanya. Mentega akan membantu dalam membuat waffle buatanmu tidak mudah lengket dan berbentuk sempurna.

3. Gunakan api sedang dan perhitungkan lah durasi membuatnya

5 Tips Cermat Membuat Waffle yang Renyah dan Lembut, Enak!simplyrecipes.com

Tentunya saat membuat waffle, semua orang pasti mengharapkan hasil yang maksimal dengan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Namun, cara ini juga dipengaruhi oleh proses pembuatan pada waffle. Kamu dapat menggunakan api sedang, sementara perhitungkan lah durasi dalam mencetaknya. 

Baca Juga: 9 Bahan Rahasia Ini Bisa Bikin Kreasi Waffle Jadi Lebih Enak Lho!

4. Bahan-bahan pelengkap 

5 Tips Cermat Membuat Waffle yang Renyah dan Lembut, Enak!organicauthority.com

Meskipun bersifat opsional, namun kamu dapat pula menambahkan beberapa contoh bahan-bahan pelengkap agar cita rada dari waffle buatanmu menjadi lebih lezat maksimal. Sebagai contoh adalah dengan menambahkan kayu manis atau pun vanili bubuk. Cita rasa yang maksimal tentu akan memberikan sensasi tersendiri. 

5. Penambah aroma

5 Tips Cermat Membuat Waffle yang Renyah dan Lembut, Enak!simplyrecipes.com

Tips opsional lainnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan menambahkan beberapa bahan untuk memberikan aroma pada waffle buatanmu. Pilihan bahan-bahan tersebut adalah kulit jeruk atau bubuk kayu manis. Bahan-bahan tersebut dapat memberikan sensasi aroma tak biasa pada olahan buatanmu.

Nah, beberapa tips membuat waffle di atas dapat menjadi pilihan terbaik untukmu yang tertarik membuatnya sendiri di rumah. Mudah, bukan?

Download aplikasi ide resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Ide Kreasi Waffle Anti Mainstream yang Menarik Banget Buat Dicoba

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya