Comscore Tracker

Ini Cara Mudah Bikin Banh Mi, Street Food Khas Vietnam yang Lezat!

#MasakItuGampang Pas untuk menu sarapan pagimu, nih!

Kalau Indonesia punya bakso, di Vietnam ada street food yang populer seantero negeri, yaitu banh mi. Makanan berupa roti isi dengan berbagai topping ini bisa kamu termukan di setiap sudut Vietnam. Mulai dari pedagang kaki lima, warung pinggir jalan, cafe, hingga resto punya menu sandwich ini.

Tak perlu jauh-jauh datang ke Vietnam untuk mencicipi makanan unik ini. Kamu juga bisa lho mencoba membuat banh mi sendiri di rumah. Ingin tahu caranya? Yuk catat bahan dan proses pembuatannya di sini.

1. Hasil pengaruh bangsa Perancis di masa kolonial

Ini Cara Mudah Bikin Banh Mi, Street Food Khas Vietnam yang Lezat!taste.com.au

Banh mi merupakan makanan paling populer di Vietnam. Sandwich ini merupakan makanan peninggalan zaman kolonial Perancis. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan roti baguette sebagai bahan utama pembuatan roti isi ini. Dulu, orang Vietnam mengonsumsi roti layaknya orang Perancis dengan menambahkan butter atau keju.

Namun, setelah bangsa Perancis meninggalkan Vietnam, warga lokal mulai memodifikasi roti dengan menambahkan beragam isian, mulai dari sayur, mayonaise, hingga berbagai jenis daging. Hingga kini, masyarakat Vietnam tidak bisa lepas dari roti sandwich ini.

2. Bahan-bahan untuk membuat banh mi

Ini Cara Mudah Bikin Banh Mi, Street Food Khas Vietnam yang Lezat!vegetariantimes.com

Untuk membuat banh mi, bahan-bahan yang digunakan bisa disesuaikan dengan seleramu. Namun, bahan-bahan utama untuk roti isi ini adalah roti baguette, acar sayuran, dan cilantro atau daun ketumbar. Untuk isian daging, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing.

Ini lho bahan-bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat banh mi sendiri di rumah:

  • 1/2 cangkir cuka
  • 1/4 cangir air
  • 1/4 cangkir gula putih
  • 1 buah wortel, potong sebesar batang korek api
  • 1 buah lobak putih, potong sebesar batang korek api
  • 1 buah bawang bombay, cincang kasar
  • 1 buah timun, iris tipis
  • 4 lembar smoked beef
  • 1 buah roti baguette
  • mayonaise secukupnya
  • 1 buah cabai jalapeno (optional)
  • beberapa lembar daun cilantro

3. Begini cara membuat banh mi yang enak

Ini Cara Mudah Bikin Banh Mi, Street Food Khas Vietnam yang Lezat!seriouseats.com

Membuat banh mi tidak susah, lho. Seperti layaknya roti isi pada umumnya, kamu hanya perlu menyusun berbagai bahan isian ke dalam roti. Untuk step lengkapnya adalah sebagai berikut.

  1. Masukkan air, cuka, dan gula putih ke dalam panci. Rebus hingga mendidih, aduk hingga gula larut. Diamkan hingga dingin;
  2. Tuangkan campuran cuka yang sudah dingin ke dalam campuran sayuran (wortel, lobak, dan bawang bombay). Tunggu sekitar 30 menit. Buang air cuka bila sayuran sudah termarinasi;
  3. Masak sebentar smoked beef, sisihkan;
  4. Potong sisi samping baguette, panggang sebentar hingga roti sedikit berubah warna;
  5. Oleskan mayonaise dalam roti baguette, kemudian masukan bahan-bahan lain seperti smoked beef, acar sayuran yang sudah dibuat, irisan timun, daun cilantro, dan cabai jalapeno.
  6. Banh mi buatanmu sudah siap disajikan.

Itulah cara mudah membuat banh mi, street food khas dari Vietnam. Gak perlu repot beli, sekarang kamu bisa masak sandwich ini di rumah!

Ulfa Luthfia Photo Community Writer Ulfa Luthfia

music and art enthusiast.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You