Comscore Tracker

Resep Membuat Kue Sus Cokelat, Dijamin Semua Pasti Suka!

Lumer banget di mulut, so melted!

Terlalu lama di rumah saja bikin si kecil jadi cemberut terus? Coba bikin hatinya senang dengan membuat makanan atau camilan favoritnya. Biasanya sih, anak-anak paling suka sama cokelat.

Nah, salah satu ide camilan untuk si kecil yang bisa kamu buat di rumah adalah kue sus cokelat. Selain bikin hati kesayanganmu gembira, bakal bikin mood naik juga karena aroma cokelat yang nikmat!

Daripada berlama-lama, kamu bisa simak resep lengkap dari kue sus cokelat di bawah ini. Jangan lupa siapkan bahan-bahannya terlebih dulu ya!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Membuat Kue Sus Cokelat, Dijamin Semua Pasti Suka!Susu cokelat (unsplash.com/maddibazzocco)

Bahan-bahan:

  • 200 mililiter air mineral
  • 125 gram tepung terigu
  • 100 gram mentega
  • 3 butir telur
  • 1 sendok makan gula
  • 1/4 sendok teh garam

Bahan vla cokelat:

  • 250 mililiter susu cokelat UHT
  • 50 gram gula
  • 25 gram tepung maizena
  • 15 gram bubuk cokelat
  • 1 sendok makan mentega
  • sejumput garam

2. Larutkan bubuk cokelat dan tepung maizena

Resep Membuat Kue Sus Cokelat, Dijamin Semua Pasti Suka!Bubuk cokelat (unsplash.com/sxtcxtc)

Siapkan satu wadah, masukkan bubuk cokelat dan tepung maizena. Tuang sedikit air mineral dan aduk sampai merata.

Panaskan panci di atas kompor berapi sedang cenderung kecil. Masukkan susu cokelat, gula dan garam. Aduk seluruhnya sampai larut.

Saat hampir mendidih, tuang larutan cokelat yang telah disiapkan dan masak bersama hingga mengental. Masukkan mentega dan aduk rata sampai mencair. Matikan kompor, tutup panci dan diamkan sejenak.

3. Panaskan panci untuk mengolah adonan kue sus

Resep Membuat Kue Sus Cokelat, Dijamin Semua Pasti Suka!Kue sus (unsplash.com/siamialtrice_)

Siapkan panci untuk mencampurkan mentega, air mineral, garam, dan gula, lalu masak sampai mendidih. Setelah itu, tambahkan tepung terigu sembari mengecilkan api kompor, aduk sampai kalis. Matikan kompor jika sudah kalis dan sisihkan sampai cukup mendingin.

Masukkan tiga butir telur ke adonan dan aduk merata. Bisa juga dengan cara mencampurnya menggunakan mixer dengan kecepatan rendah. Kalau sudah cukup halus, siapkan plastik segitiga dan masukkan adonan ke dalamnya.

Baca Juga: Resep Kue Sus ala Beard Papa’s, Nikmatnya Bikin Lupa Diri

4. Siapkan loyang dan semprot adonan ke atasnya

Resep Membuat Kue Sus Cokelat, Dijamin Semua Pasti Suka!Kue sus (unsplash.com/cactuspix)

Olesi sedikit mentega di seluruh permukaan loyang, lalu semprot adonan ke atasnya dengan memberi jarak antar adonan. Masukkan ke dalam oven dan panggang dengan suhu 190 derajat Celsius selama 30 menit.

Kalau sudah matang dan kue sus terlihat kering, keluarkan loyang dan dinginkan kue sus sejenak. Sembari menunggu, siapkan adonan vla cokelat dan masukkan ke dalam plastik segitiga.

5. Semprot vla cokelat ke dalam kue sus

Resep Membuat Kue Sus Cokelat, Dijamin Semua Pasti Suka!Kue sus cokelat (instagram.com/bee_latte.id)

Ada dua cara untuk mengisi kue sus dengan vla. Pertama, tusuk bagian bawah kue sus dan semprot vla cokelat dari lubang di bawahnya hingga dalamnya terisi penuh.

Kedua, belah bagian tengah kue sus sedikit saja dan semprotkan vla ke dalamnya sampai sedikit meluber. Kalau sudah, kue sus vla cokelatmu siap disajikan dan disantap bersama-sama.

Pastikan saat kamu memanggang kue sus, buih yang ada di atas permukaannya sudah menghilang. Jika buih masih hilang, maka tekstur kue sus bisa kempes dan tidak mengembang dengan baik.

Nah, itulah langkah-langkah membuat kue sus vla cokelat yang bisa kamu sajikan sebagai camilan si kecil di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca Juga: Resep Kue Sus Tanpa Oven Praktis, Tetap Nikmat dan Creamy

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya