6 Penjelasan Mengapa Tertawa Bisa Digolongkan Berolahraga, Wah Mantap!

Yang mau diet nih

Kamu pasti pernah mendengar kalau tertawa itu menyehatkan kan? Tapi, pernah gak sih mempertanyakan kenapa tertawa itu menyehatkan sampai-sampai ada olahraga yang namanya olahraga tertawa? Sebenarnya bagaimana bisa tertawa itu mempengaruhi badan? Ternyata beginilah penjelasannya.

1. Tertawa itu kegiatan fisik, bukan kegiatan mental

6 Penjelasan Mengapa Tertawa Bisa Digolongkan Berolahraga, Wah Mantap!psmag.com

Sebagian besar dari kita sering berpikir jika tertawa itu datang dari emosi karena kita melakukan reaksi tersebut lantaran melihat sesuatu yang lucu. Pemikiran tersebut salah besar. Tertawa sepenuhnya adalah sebuah aksi fisik. Itu karena tertawa melibatkan kemampuan bernapas kita yang mana menuntut otot diafragma untuk bekerja sangat keras. Itulah alasannya mengapa terlalu banyak tertawa membuatmu sakit perut.

2. Karena itulah tertawa mampu membakar kalori

6 Penjelasan Mengapa Tertawa Bisa Digolongkan Berolahraga, Wah Mantap!giphy.com

Jangan lupakan satu hal: jika terlalu banyak tertawa, kamu juga akan banyak berkeringat. Alasannya gampang. Itu karena tertawa meningkatkan detak jantung 10 hingga 20 persen, memompa darah lebih keras dan membuat tubuh lebih panas. Diperkirakan oleh Vanderbilt University School of Medicine, kegiatan tersebut jika dilakukan 10 sampai 15 menit dapat membakar hingga 40 kalori.

3. Tidak hanya mengeluarkan keringat dalam tubuh, tertawa juga mengeluarkan stres

6 Penjelasan Mengapa Tertawa Bisa Digolongkan Berolahraga, Wah Mantap!https://giphy.com/gifs/roseanne-l2QDTqHp9W7WIJXlC

Walaupun dikatakan bukan kegiatan yang berhubungan dengan mental dan emosi jiwa, tertawa tetap saja mempengaruhi mental kita. Hormon endorfin yang diproduksi di otak berkat hasil kegiatan tertawa tersebut melepaskan rasa stres yang ada di kita. Karena itu, selain merasa capek, dirimu juga merasa lega setelah banyak tertawa.

Baca Juga: Bagaimana Tertawa Bisa Meredam Stres yang Melanda? Ini Penjelasannya 

4. Jangan lupa, tertawa juga memberikan toleransi kepada rasa sakit

6 Penjelasan Mengapa Tertawa Bisa Digolongkan Berolahraga, Wah Mantap!giphy.com

Mereka yang mengalami rasa sakit bisa mencoba menguranginya dengan cara tertawa. Konsepnya sama seperti morfin yang digunakan untuk membius seseorang. Dengan melepaskan hormon endorfin, tertawa membuatmu memberikan toleransi yang lebih tinggi. Itu terbukti lewat studi dari Oxford University yang menunjukkan jika rasa sakit yang diberikan ketika tertawa lebih bisa ditahan ketimbang sebelum tertawa.

5. Berdasarkan alasan tersebut, orang-orang meyakini jika olahraga tertawa sangat bermanfaat

6 Penjelasan Mengapa Tertawa Bisa Digolongkan Berolahraga, Wah Mantap!itsyourturnblog.com

Melihat konsep dasar tertawa yang timbul karena adanya kontraksi otot diafragma, bukan urusan yang susah bagi kita untuk tertawa tanpa perlu melihat yang lucu. Cukup lakukan gerakan yang mirip dengan tertawa spontan seperti yang biasa kamu lakukan, maka secara otomatis kamu sudah melakukan olahraga tersebut.

6. Apalagi mengingat jika tertawa adalah olahraga yang sangat mudah dilakukan

6 Penjelasan Mengapa Tertawa Bisa Digolongkan Berolahraga, Wah Mantap!funnyjunk.com

Olahraga ini digolongkan ke dalam bagian yoga. Namun, tidak seperti yoga pada umumnya, yoga tertawa tidak memerlukan matras dan gerakan-gerakan sulit atau bahkan pakaian khusus olahraga. Kamu pun bisa melakukannya sendiri di rumah, tapi akan tetap lebih menyenangkan jika dilakukan bersama. Cukup tertawa, maka kamu sudah menjadi sehat.

Hmmm kalau memang benar seperti ini, harusnya waktu sekolah dulu ada olahraga tertawa juga ya, biar menyenangkan. Kira-kira apakah kalian tertarik untuk mengikuti olahraga ini? Enak lho. Cuman perlu tertawa doang.

Baca Juga: Kalau Belum Tertawa, Coba Mainkan 9 Video Game yang Asyik dan Lucu ini

Topic:

  • Erina Wardoyo

Just For You