Comscore Tracker

Coba 6 Tips Ini untuk Meredakan Stres selama Masa Belajar Online

Ilmu yang kamu serap pun akan lebih maksimal!

Dampak pandemik COVID-19 begitu besar dan luas, termasuk soal edukasi. Peserta didik sekolah dasar hingga perguruan tinggi terpaksa harus dijalankan secara daring. Terkesan mudah dan fleksibel, tapi faktanya banyak kendalanya. Salah satu yang disoroti adalah kesehatan mental, tentang bagaimana cara mengatasi stres selama masa belajar online.

Bicara soal kesehatan mental, stres tak jarang dialami oleh pelajar atau mahasiswa. Bila mampu mengelola stres, niscaya kesehatan mental tak akan terganggu. Berikut ini adalah tips untuk meredakan stres selama kegiatan belajar mengajar tak bisa dilakukan secara tatap muka.

1. Selalu berkomunikasi dengan orang terdekat

Coba 6 Tips Ini untuk Meredakan Stres selama Masa Belajar Onlineunsplash.com/Matheus Ferrero

Jangan malu untuk menyampaikan apa yang kamu rasakan ke orang-orang terdekat. Hindari memendam permasalahanmu sendiri. 

Dengan curhat, masalah bisa lebih mudah diselesaikan dan kamu mendapatkan dukungan, sehingga kesehatan mental terjaga.

Bila kamu tinggal sendirian di indekos atau apartemen yang jauh dari orang terdekat, kamu bisa tetap terhubung selama pandemik tanpa perlu bersama mereka secara fisik. Kamu bisa menelepon, mengirim pesan, atau melakukan panggilan video.

2. Batasi penggunaan media sosial dan konsumsi berita

Coba 6 Tips Ini untuk Meredakan Stres selama Masa Belajar OnlineIlustrasi media sosial (/IDN Times/Sukma Shakti)

Coba hindari terus menerus memeriksa berita terbaru seputar COVID-19 atau berita negatif lainnya baik lewat smartphone atau TV.

Menurut keterangan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), jangan habiskan waktumu menonton atau mendengarkan media yang berita-beritanya membuat suasana hatimu turun atau memburuk. Itu hanya akan memperburuk kondisi kesehatan mentalmu.

Batasi juga penggunaan media sosial. Meskipun beberapa studi menemukan manfaat media sosial bagi kesehatan mental, tetapi ada juga yang menemukan hal sebaliknya. 

Sebagai contoh, sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine tahun 2017 menemukan bahwa menggunakan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Snapchat lebih dari 2 jam sehari dihubungkan dengan perasaan isolasi sosial di antara individu usia 19-32 tahun.

Ada lagi, data lain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan insiden depresi pada dewasa muda (juga usia 19-32 tahun) yang menggunakan media sosial lebih sering dari rekan-rekan mereka, menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Anxiety and Depression tahun 2016.

Baca Juga: Jangan Diremehkan, Stres Kronis Memicu Berbagai Penyakit Berbahaya

3. Buat jadwal rutinitas dan planning

Coba 6 Tips Ini untuk Meredakan Stres selama Masa Belajar Onlinefreepik.com/peoplecreations

Jangan biarkan rutinitas harian terbengkalai selama pandemik. Buat jadwal sementara dan berkomitmenlah untuk menyelesaikannya. 

Melansir Career Map, menjadwalkan rutinitas harian dapat membantu memberi kamu kendali atas hidup dan membantu mengurangi gejala stres dan kecemasan.

Buat jadwal tentang apa yang akan kamu lakukan setiap harinya. Tetapkan tujuan untuk menyelesaikan tugas setiap pagi dan sore. Sertakan pula waktu untuk berinteraksi dengan teman dan/atau anggota keluarga, berolahraga, makan, mempelajari hal-hal baru, bangun, dan waktu tidur. Melakukan ini akan membantumu merasa jauh lebih produktif.

4. Tidur cukup dan makan makanan bergizi

Coba 6 Tips Ini untuk Meredakan Stres selama Masa Belajar Onlinepexels.com/John-Mark Smith

Melansir keterangan dalam Yale Medicine, makan makanan bergizi, tidur cukup, dan menjaga berat badan yang sehat dapat mengurangi gejala fisik yang berhubungan dengan stres seperti sakit kepala dan keluhan saluran cerna, menangkal masalah psikologis, serta risiko komplikasi yang dapat berkembang akibat COVID-19.

 5. Luangkan waktu untuk kegiatan outdoor

Coba 6 Tips Ini untuk Meredakan Stres selama Masa Belajar Onlinepexels.com/Clem Onojeghuo

Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal di luar tugas kuliah dan belajar. Pergilah ke luar untuk mencari udara segar atau berjalan-jalan.

Melansir Medical Daily, ratusan penelitian telah mengaitkan berada di luar ruangan (outdoor) dengan efek kesehatan yang positif seperti peningkatan memori jangka pendek, penghilang stres, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila ingin melakukan ini, jangan lupa untuk selalu pakai masker dan jauh-jauh dari kerumunan, ya!

Itulah lima tips yang bisa dipraktikkan untuk para pelajar dan/mahasiswa mengatasi stres selama masa belajar secara online di tengah pandemik. Kalau stres bisa dikelola dengan baik, ilmu yang bisa kamu serap pun akan lebih optimal. 

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Stres Dampak Stres pada Laki-Laki Lebih Parah

bocah bandung99 Photo Verified Writer bocah bandung99

I will write an amazing researched article

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya