Comscore Tracker

7 Tips Ampuh Kembali Langsing 3 Bulan setelah Melahirkan

Jangan nekat minum obat pelangsing!

Untuk beberapa perempuan, kebahagiaan menggendong dan memeluk bayi bisa bercampur dengan kegelisahan tentang perubahan pada tubuh. Ya, tak sedikit perempuan yang bertanya-tanya apakah bisa kembali langsing setelah melalui kehamilan dan melahirkan.

Setelah lahiran, berat badan saat hamil bisa "terbawa", yang tak jarang menurunkan kepercayaan diri, bikin insecure, bahkan bisa sampai memicu kecemasan. Karenanya, beberapa ibu mungkin ada yang ingin cepat-cepat merencanakan program penurunan berat badan.

Berita baiknya, setelah melahirkan berat badan bisa, kok, diturunkan! Kuncinya adalah komitmen dan tekad kuat, serta program penurunan badan yang aman, sehat, dan berkelanjutan. Sudah siap? Dilansir Eat This, Not That!, inilah cara menurunkan berat badan setelah melahirkan hanya dalam waktu 3 bulan!

1. Kurangi asupan gula

7 Tips Ampuh Kembali Langsing 3 Bulan setelah Melahirkanilustrasi gula (freepik.com/peenat)

Dalam bukunya, Lose Weight Like Crazy Even If You Have a Crazy Life!, instruktur kebugaran Autumn Calabrese mengisahkan bagaimana ia bisa turun 17,7 kilogram (kg) setelah hamil dalam waktu 3 bulan 4 hari. Saran pertamanya adalah meninggalkan makanan yang manis.

Calabrese mengatakan bahwa ia mengonsumsi telur sebagai ganti sereal dan sayur-mayur untuk sarapan. Suka minum kopi? Kurangi gula! Ia juga menghindari sirop jagung tinggi fruktosa atau high fructose corn syrup (HFCS) karena dapat meningkatkan risiko resistansi insulin dan diabetes tipe 2.

2. Singkirkan makanan yang tidak sehat

7 Tips Ampuh Kembali Langsing 3 Bulan setelah Melahirkanilustrasi makanan tidak sehat (istockphoto.com/happy_lark)

Terbiasa ngemil sambil melakukan aktivitas di rumah saat hamil? Sekarang saatnya untuk "menumpas" seluruh makanan dan camilan tidak sehat tersebut. Memang menggoda, tapi tidak baik untuk timbangan dan tubuhmu, Bun!

Calabrese menyarankan untuk memeriksa daftar bahan dan kandungan nutrisi pada label makanan. Selidiki kandungan natrium, gula, tepung olahan, dan bahan tambahan lainnya. Daripada camilan tidak sehat, gantilah dengan sayur dan buah segar.

Baca Juga: 7 Cara Aman 'Merapatkan' Vagina setelah Melahirkan, Tak Perlu Obat

3. Jadwalkan makanmu

7 Tips Ampuh Kembali Langsing 3 Bulan setelah Melahirkanilustrasi merencanakan makanan (yummly.com)

Benjamin Franklin pernah berkata, "Mereka yang kalah adalah mereka yang tidak berencana". Bukan cuma perang, program diet pun begitu. Karena kita tak menjadwalkan makanan sehari-hari, kita cenderung mengambil opsi makanan paling mudah dan biasanya tidak sehat!

Calabrese menegaskan bahwa jam makan berikut menu makannya pun harus direncanakan! Dengan jam makan yang tepat dan konsumsi yang seimbang, program langsing ini akan berhasil. Selain itu, kamu pun juga terbiasa untuk memasak secara teratur, tidak asal-asalan.

4. Kontrol porsi makanan

7 Tips Ampuh Kembali Langsing 3 Bulan setelah Melahirkanilustrasi porsi makan sepiring (pexels.com/jerchung)

Berpegang pada prinsip ini, "Barang siapa yang dapat mengendalikan porsi makan, sudah pasti kurus". Kenapa? Salah satu permasalahan dari gagalnya program diet adalah karena porsi makan tidak terurus.

Saat menceritakan tentang bagaimana ia mengontrol porsi makan, Calabrese tidak langsung menyarankan untuk mengurangi asupan kalori, tetapi memastikan porsi makan tetap "praktis". Meskipun porsinya kecil sampai sedang, pastikan prinsip pola makan sehat bergizi seimbang tetap terjaga.

5. Minum banyak air putih

7 Tips Ampuh Kembali Langsing 3 Bulan setelah Melahirkanilustrasi minum air putih (freepik.com/pressfoto)

Calabrese kemudian menceritakan bahwa saat hamil, ia hanya meminum dua jenis minuman: air putih dan kopi tanpa gula. Seperti tips diet dan menjaga kesehatan lainnya, menjaga kadar cairan tubuh seimbang dengan air putih amat penting untuk keberhasilan program diet dan kebugaran tubuh!

Bagaimana rumus yang tepat? Sarannya, konsumsi air putih yang tepat adalah "setengah dari berat badan". Air biasa atau air dingin? Sesuaikan dengan selera.

6. Mulai makan dengan sayur

7 Tips Ampuh Kembali Langsing 3 Bulan setelah Melahirkanilustrasi makan dengan porsi kecil (freepik.com/yanalya)

Selain mengontrol porsi makan, entah itu makan siang atau makan malam, selalu mulai dengan sayuran. Ya, biasakan makan sayur.

Calabrese mengatakan kalau inilah rahasia menurunkan berat badan dengan cepat. Cobalah menjajal sayur-mayur sebelum memakan protein. Dengan begitu, kamu jadi lebih mudah mengendalikan nafsu makan dan lebih cepat kenyang.

7. Luangkan waktu untuk berolahraga

7 Tips Ampuh Kembali Langsing 3 Bulan setelah Melahirkanilustrasi joging bersama bayi (verywellfit.com)

Tips terakhir dalam daftar ini adalah dengan berolahraga ringan. Menjadi seorang ibu, mungkin cukup sulit untuk melakukan yang satu ini. Akan tetapi, kamu tidak harus sendiri. Kamu bisa membawa si Kecil, dengan catatan ia sudah bisa dibawa ke luar rumah, untuk menemanimu berolahraga.

Cobalah untuk berjalan santai dua kali sehari. Bawa anak di kereta bayi, lalu jalan-jalan santai setelah sarapan dan pada sore hari saat udara sejuk. Di rumah pun, kamu bisa berlatih crunch dan plank setiap hari.

Itulah tips ampuh kembali langsing dalam waktu 3 bulan setelah melahirkan. Selain dengan pola makan sehat bergizi seimbang dan olahraga rutin, kunci keberhasilan program ini adalah menjadikannya sebagai rutinitas dan membuatnya menyenangkan. Semoga berhasil, Bun!

Baca Juga: Bagaimana Melahirkan yang Aman di Tengah Pandemik? Ini Persiapannya!

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya