Comscore Tracker

Sehat Jasmani dan Rohani, Ini 6 Manfaat Praktik Tai-Chi Sehari-hari

Jangan hanya kaum tua, kaum muda juga harus tahu!

Siapa yang tidak tahu tai-chi? Seni bela diri yang berasal dari dataran Tiongkok ini sering dipraktikkan oleh kaum usia lanjut.

Baru-baru ini, film bela diri asal Tiongkok, Ip Man 4: The Finale, yang diperankan oleh Donnie Yen, juga memasukkan tai-chi sebagai pesaing terkuatnya (selain melibatkan Bruce Lee).

Sebenarnya, tai-chi adalah kependekan dari taiji quan (太極拳). Taiji menggambarkan aliran yin dan yang, sementara quan berarti kepalan tangan. Berdasar dari seni bela diri, tai-chi menggunakan gerakan lambat dan aliran napas panjang.

Masa kini pun, banyak perguruan tai-chi berdiri di Indonesia yang mengandalkan embel-embel seperti "bela diri" dan "kesehatan" untuk menarik peminat.

Kalau benar tai-chi bersifat menyehatkan, apakah manfaat tai-chi untukmu? Yuk, cari tahu.

1. Ketenangan pikiran

Sehat Jasmani dan Rohani, Ini 6 Manfaat Praktik Tai-Chi Sehari-harigaiam.com

Seperti bela diri Tiongkok lainnya, jika kamu ingin melakukan tai-chi dengan benar, maka kamu harus melegakan pikiranmu dari segala masalah. Oleh karena itu, tanpa sadar, tai-chi membantu para pengikutnya mendapatkan ketenangan pikiran.

Menurut penelitian gabungan yang dimuat pada Journal of Clinical Psychology pada 2017, tai-chi terbukti menenangkan pikiran lebih baik daripada latihan lainnya karena melibatkan proses latihan pernapasan dan meditasi.

Sehat Jasmani dan Rohani, Ini 6 Manfaat Praktik Tai-Chi Sehari-hariwisegeek.com

Dikarenakan pikiran tenang, tai-chi juga memperbaiki perasaanmu.

Penelitian gabungan pada 2017 dari Harvard University, Temple University, University of Hong Kong, dan Shenzhen University yang berjudul "Qigong and Tai-Chi for Mood Regulation" menunjukkan tai chi dapat mengatasi rasa waswas dan depresi.

Pernapasan dalam dan gerakan yang lambat terbukti memengaruhi sistem saraf dan hormon yang bertanggung jawab pada perasaanmu. Walaupun dibutuhkan penelitian lanjutan, terdapat hubungan tak kasat mata antara keadaan pikiran dan praktik tai-chi.

Sehat Jasmani dan Rohani, Ini 6 Manfaat Praktik Tai-Chi Sehari-haribustle.com

Perasaan yang lebih baik dan pikiran yang lebih tenang tentu saja mengarah pada pola tidur yang lebih baik! Dengan melakukan tai-chi secara rutin, kamu mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Sebuah penelitian gabungan dari Appalachian State University menguji efek tai-chi pada dua kelompok dewasa muda dengan gejala waswas dan susah tidur.

Satu kelompok yang rutin mengikuti kelas tai-chi terbukti memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan kelompok satunya. Selain itu, gejala rasa waswas juga dikatakan berkurang secara signifikan!

Penelitian pada 2016 oleh The Chinese University of Hong Kong juga membuktikan bahwa mengikuti kelas tai-chi dua kali seminggu memperbaiki kualitas tidur kaum manula dengan gangguan kognitif.

2. Menurunkan berat badan

Sehat Jasmani dan Rohani, Ini 6 Manfaat Praktik Tai-Chi Sehari-hariunsplash.com/Bill Oxford

Itu dari segi pikiran. Berbicara soal praktik bela diri tidak lengkap tanpa manfaatnya untuk badan yang lebih ideal. Tai-chi pun sama. Mempraktikkan tai-chi secara rutin akan merampingkan badan yang bergelambir.

Sebuah penelitian dari The Chinese University of Hong Kong pada 2015 menguji efek langsing tai-chi pada kelompok yang mengikuti kelas tai-chi lima kali seminggu selama 45 menit. Memang, dibandingkan bela diri lainnya, tai-chi tidak begitu efektif dalam menurunkan berat badan.

Tapi, tunggu dulu, menurut penelitian tersebut, mereka menurunkan satu kilogram lebih hanya dengan mempraktikkan tai-chi tanpa mengubah gaya hidup. Bagaimana jika mereka memperbaiki gaya hidup juga?

3. Meningkatkan kesadaran diri

Sehat Jasmani dan Rohani, Ini 6 Manfaat Praktik Tai-Chi Sehari-harihealth.harvard.edu

Apakah penyakit yang paling sering diderita oleh kaum manula?

"Kepikunan"

Ya, seratus untukmu! Kepikunan memang menjadi momok paling menakutkan saat memasuki usia lanjut. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan mempraktikkan tai-chi.

Penelitian gabungan oleh peneliti Chiang Mai University di Thailand dan University of New South Wales di Australia pada 2018 mengungkap khasiat tai-chi dalam mengobati gangguan kesadaran ringan yang diderita kaum manula.

Hasilnya, tai-chi dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan menjaga kualitas memori sehingga mencegah kepikunan.

Baca Juga: 7 Cedera yang Paling Sering Dialami saat Bersepeda, Antisipasi ya!

4. Meningkatkan fungsi keseimbangan

Sehat Jasmani dan Rohani, Ini 6 Manfaat Praktik Tai-Chi Sehari-hariparade.com

Jikalau kamu pernah memperhatikan atlet tai-chi, selain gerakan lambat, ada beberapa gerakan yang mengharuskan mereka berdiri di atas satu kaki. Hal tersebut membutuhkan keseimbangan dan koordinasi tubuh yang baik.

Itulah manfaat tai-chi yang lain, yaitu memperbaiki keseimbangan tubuh dan fungsi motorik. Penelitian gabungan oleh North Khorasan University of Medical Sciences dan University of Bojnord di Iran pada 2018 mengungkapkan manfaat tai-chi dalam memperbaiki koordinasi tubuh kaum manula sehingga mencegah potensi terjatuh atau cedera.

Dalam penelitian tersebut, setelah 16 minggu latihan tai-chi, kaum manula lebih sigap dan tidak mudah terjatuh.

5. Mencegah fibromyalgia

Sehat Jasmani dan Rohani, Ini 6 Manfaat Praktik Tai-Chi Sehari-harihealthline.com

Manfaat selanjutnya dari tai-chi adalah mencegah fibromyalgia, kondisi di mana penderitanya merasakan sakit yang amat sangat di sekujur tubuh. Biasanya, fibromyalgia juga disertai oleh rasa lelah dan gangguan tidur.

Jika tadi tai-chi terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur, maka tentu saja tai-chi dapat mencegah fibromyalgia.

Sebuah penelitian gabungan oleh Tufts University dan Brown University School of Public Health di Amerika Serikat pada 2018 membandingkan dua kelompok yang mempraktikkan senam aerobik dan tai-chi selama 52 minggu.

Hasilnya, mereka yang mempraktikkan tai-chi melihat berkurangnya gejala-gejala fibromyalgia.

6. Bela diri yang aman

Sehat Jasmani dan Rohani, Ini 6 Manfaat Praktik Tai-Chi Sehari-hariamp.cnn.com

Satu lagi manfaat dari tai-chi adalah praktik tai-chi tidak menimbulkan cedera. Oleh karena itu, tai-chi aman dilakukan oleh segala kalangan umur.

Salah satunya adalah kaum penderita sindrom Parkinson. Sebuah penelitian gabungan pada 2012 yang dimuat dalam The New England Journal of Medicine melibatkan 195 peserta dengan Parkinson. Beberapa dari mereka melakukan latihan lain dan tai-chi.

Hasilnya, setelah 12 minggu, tai-chi terbukti meningkatkan keseimbangan dan menguatkan kaki para penderita Parkinson agar tidak mudah jatuh.

Sehat Jasmani dan Rohani, Ini 6 Manfaat Praktik Tai-Chi Sehari-harichicagohealthonline.com

Selain Parkinson, tai-chi juga berguna untuk mengurangi rasa sakit akibat radang sendi (rheumatoid arthritis/RA) dan radang tulang lutut (knee osteoarthritis/KOA).

Dalam sebuah penelitian oleh Diakonhjemmet Hospital di Norwegia, sebanyak 15 penderita RA ditugaskan melakukan tai-chi selama 12 minggu. Terlepas dari sakit akibat RA, para peserta mengklaim rasa sakit mereka berkurang dan merasakan peningkatan pada mobilitas dan keseimbangan mereka.

Dalam sebuah penelitian yang lebih besar oleh Tufts University School of Medicine dan Mind-Body Therapies Boston di Amerika Serikat, sebanyak 40 peserta dengan KOA ditugaskan melakukan tai-chi dua kali seminggu selama satu jam dalam 12 minggu.

Setelah 12 minggu, para peserta menyuarakan hasil yang sama seperti para peserta RA, yaitu berkurangnya rasa sakit di lutut mereka, dan peningkatan mobilitas serta keseimbangan tubuh. Namun, jika menderita RA, KOA, atau radang tulang lainnya, disarankan untuk berkonsultasi dengan doktermu sebelum melakukan tai-chi agar lebih optimal dan mencegah cedera.

Begitulah manfaat tai-chi untuk kesehatan dan kualitas hidup. Kamu tertarik untuk mencoba sekarang? Berikut video gerakan tai-chi sederhana yang dapat kamu lakukan di kamar.

https://www.youtube.com/embed/cEOS2zoyQw4

Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Manfaat Kesehatan yang Akan Kamu Peroleh dari Berenang Secara Rutin

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya