Comscore Tracker

6 Sumber Vitamin C Ini Bikin Tubuhmu Makin Kuat Puasa

Jangan lengah akan daya tahan tubuhmu agar lancar berpuasa

Selama menjalankan ibadah puasa tubuh akan terasa lemas, terutama pada siang hari. Tubuh yang seharusnya mendapatkan asupan makanan pada siang hari baru diisi pada sore hari atau saat berbuka puasa. Pada saat berbuka puasa sebaiknya kamu memperhatikan asupan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuhmu terutama asupan vitamin C karena vitamin ini sangat dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuhmu. Vitamin C juga meningkatkan penyerapan zat besi agar terhindar dari anemia. Terdapat enam sumber vitamin C yang mudah didapat, yaitu:

1. Buah jeruk

6 Sumber Vitamin C Ini Bikin Tubuhmu Makin Kuat PuasaPixels/ Rawpixels.com

Buah jeruk terkenal kaya dengan vitamin C. Buah jeruk dapat disantap langsung atau dibuat jus, tentu sangatmenyegarkan disaat berbuka puasa. Tetapi hindari menyantap buah jeruk saat perut sedang kosong karena akan mengakibatkan radang lambung dan mag.

2. Buah pepaya

6 Sumber Vitamin C Ini Bikin Tubuhmu Makin Kuat PuasaPexels/Picmamba.com

Buah pepaya rasanya manis dan menyegarkan serta kaya vitamin C. Selain untuk daya tahan tubuh baik juga untuk melancarkan pencernaan. Di mana pada saat puasa sering mengalami sembelit, jadi jangan ragu mengonsumsi pepaya selama menjalankan ibadah puasa, ya.

3. Buah jambu biji

6 Sumber Vitamin C Ini Bikin Tubuhmu Makin Kuat PuasaPexels/ Quang Nguyen vinh

Buah jambu biji termasuk salah satu buah dengan kadar vitamin C tinggi, terutama jambu biji yang berwarna merah. Untuk buka puasa jambu biji dapat diolah menjadi jus yang manis dan menyegarkan.

Baca Juga: Segar dan Kaya Vitamin C, Coba 6 Kue Enak dari Buah Kiwi Ini Yuk!

4. Brokoli

6 Sumber Vitamin C Ini Bikin Tubuhmu Makin Kuat PuasaPexels/ Zamani Sahudi

Brokoli adalah tanaman sayur-sayuran yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Manfaat brokoli, selain menjaga daya tahan tubuh yaitu baik untuk kesehatan kulit, mata, menjaga sistim pencernaan, antinoksidan, dan lain-lain. Brokoli dapat diolah menjadi sup, ditumis, atau direbus buat lalapan. Brokoli juga sering dibuat jus, dengan buah-buahan lain.

5. Kentang

6 Sumber Vitamin C Ini Bikin Tubuhmu Makin Kuat PuasaPexels/ Lukas

Kentang termasuk keluarga umbi-umbian. Kandungan vitamin C yang tinggi maka kentang sering dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Kentang dapat dimasak untuk sup, perkedel, dan lain-lain. 

6. Paprika

6 Sumber Vitamin C Ini Bikin Tubuhmu Makin Kuat PuasaPexels/ pixabay

Paprika tergolong keluarga terong-terongan, berwarna merah, kuning, dan hijau. Paprika terasa manis, renyah, dan sedikit pedas. Sehingga kamu aman untuk mengonsumsinya tanpa takut sakit perut. Paprika dapat ditambahkan pada berbagai tumisan dan salad yang enak dikonsumsi pada saat berbuka puasa.

Selama bulan puasa jaga daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah terserang penyakit. Rajin mengonsumsi makanan dengan sumber vitamin C tinggi adalah salah satu jalan terbaik. Tidak usah khawatir vitamin C ini terdapat pada buah dan sayuran yang sering dijumpai di pasar dan super market. Semoga selalu sehat dan puasa kamu dapat berjalan lancar.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Andi Nitha Nahfiah Photo Community Writer Andi Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You