Comscore Tracker

Gak Cuma Enak, 5 Buah Lokal Ini Manfaatnya Besar Bagi Kesehatan

Buah lokal gak kalah dari buah impor

Buah lokal tidak begitu terkenal dibandingkan dengan buah yang berasal dari luar negeri. Sering dijumpai di pasar tradisional menyebabkan buah ini hanya dikenal segelintir orang. Padahal jika ditinjau dari rasa dan kandungan gizinya, buah lokal ini lebih unggul karena kandungan vitamin tinggi.

Buah apa sajakah yang termasuk dalam buah lokal yang kaya manfaat? Yuk simak ulasan selengkapnya bawah ini.

1. Buah cempedak

Gak Cuma Enak, 5 Buah Lokal Ini Manfaatnya Besar Bagi KesehatanInstagram.com

Buah cempedak bentuknya hampir sama dengan nangka. Bedanya cempedak memiliki aroma yang lebih tajam dan daging buahnya lebih lembut dibanding dengan nangka. Jika dilihat dari nilai gizinya cempedak lebih tinggi dibanding nangka. Cempedak memiliki kandungan energi, vitamin A, C, dan air yang tinggi. Cempedak bermanfaat bagi kesehatan di antaranya, kesehatan mata, pencernaan, dan menekan kolesterol dalam darah. Selain itu, kandungan heteriflavon C pada cempedak dapat menghilangkan parasit penyebab malaria.

2. Buah manggis

Gak Cuma Enak, 5 Buah Lokal Ini Manfaatnya Besar Bagi KesehatanPexels.com/ Quang Nguyen Vinh

Berbentuk bulat seperti buat buah tomat tetapi berkulit keras dan berwarna ungu tua, serta daging buah tersusun rapi berwarna putih. Buah lokal yang rasanya asam manis segar ini mengandung vitamin A, E yang tinggi sehingga baik untuk kulit dan kecantikkan. Kandungan zat xanthone yang tinggi pada buah manggis sehingga bermanfaat sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Zat ini dipercaya dapat menghindari dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh peradangan seperti arthritis, alzheimer, serta mencegah pertumbuhan sel tumor dan kanker.

Baca Juga: 7 Resep Salad Buah Tanpa Mayonaise dan Susu Kental Manis, Sehat Abis! 

3. Buah kecapi

Gak Cuma Enak, 5 Buah Lokal Ini Manfaatnya Besar Bagi KesehatanInstagram.com/ myfoodmyfuntastry

Kecapi buah asli Betawi ini sudah jarang ditemui. Hampir sama dengan manggis, kecapi berwarna hijau kekuning-kuningan, kulit buah keras jika ingin dibuka kadang harus dibanting dahulu. Buah kecapi mempunyai manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh di antaranya adalah, menghindari osteoporosis dan menjaga email gigi karena mengandung kalsium dan fosfor, menghindari alzheimer dan meminimalisir kanker karena mengandung antioksidan, serta menghindari obesitas karena mengandung serat tinggi yang efektif melancarkan pencernaan dan memberi efek kenyang lebih lama.

4. Jambu mete

Gak Cuma Enak, 5 Buah Lokal Ini Manfaatnya Besar Bagi KesehatanInstagram.com/ bibit_buah_tabulampot_jateng

Jambu mete termasuk tumbuhan langka, berasal dari Brasil. Walaupun demikian buah jambu mete banyak digemari di Indonesia. Buah jambu mete banyak mengandung kalori, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, air, dan vitamin. Karena kandungan yang lengkap ini maka jambu mete banyak manfaatnya. Di antaranya adalah, membantu mengobati disentri karena rasanya yang sepat, membantu menurunkan kolesterol, dan membantu mengobati diabetes.

5. Jambu bol

Gak Cuma Enak, 5 Buah Lokal Ini Manfaatnya Besar Bagi KesehatanInstagram.com/Angela_ellyana

Jambu bol rasanya manis, sedikit masam dan sepat. Bentuk buahnya agak besar, daging buah berwarna putih dan kulitnya berwarna merah. Kandungan dalam jambu bol sangat lengkap yaitu, vitamin A, B1, C, karbohidrat, zat besi, lemak, protein, fosfor, dan kalsium. Karena kandungan yang lengkap ini maka jambu bol mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan di antaranya, menyehatkan mata karena kandungan vitamin A yang tinggi, mencegah osteoporosis karena mengandung kalsium, menguatkan daya tahan tubuh karena tinggi kandungan vitamin A, dan melancarkan sistim pencernaan.

Buah lokal ini rasanyatidak kalah dengan buah dari luar negeri. Selain itu harganya lebih murah. Maka mari pertahankan buah-buahan ini sebagai salah satu kekayaan Indonesia.

Baca Juga: 6 Kandungan Dalam Buah Nanas yang Baik Untuk Tubuh, Kaya Manfaat!

Andi Viva Nahfiah Photo Verified Writer Andi Viva Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya