Comscore Tracker

5 Manfaat Kulit Bawang Merah bagi Kesehatan, Bantu Atasi Sembelit 

Bisa cegah penyakit jantung koroner

Bawang merah adalah salah satu dari beragam bumbu masakan utama yang paling populer di dunia. Di Indonesia, bawang merah menjadi salah satu bumbu paling vital yang menentukan cita rasa suatu masakan, gak heran kalau bawang merah menjadi andalan ibu-ibu di dapur dalam meracik masakan menjadi nikmat.

Dibalik rupanya yang kecil, ternyata bawang merah menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan. Salah satunya bersumber dari kulit bawang merah itu sendiri. Biar gak penasaran. Ini dia 5 khasiat kulit bawang merah untuk kesehatan tubuh. Yuk manfaatkan.

1. Bantu atasi sembelit

5 Manfaat Kulit Bawang Merah bagi Kesehatan, Bantu Atasi Sembelit Unsplash.com/Goutam Ganguly

Mungkin sebagian orang pernah mengalami kendala seperti susah buang air besar atau sembelit. Penyakit yang satu ini memang sangat mengganggu, ujungnya malah membuat tubuh menjadi tidak nyaman.

Untuk mencegah sembelit, kamu bisa mengonsumsi kulit bawang merah. Ini karena kulit bawang merah kaya akan serat sehingga baik untuk melancarkan pencernaan.

2. Baik untuk melawan kanker

5 Manfaat Kulit Bawang Merah bagi Kesehatan, Bantu Atasi Sembelit Unsplash.com / fran hogan

Gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit kanker. Untuk mengurangi risiko penyakit berbahaya ini, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Salah satunya dengan mengonsumsi kulit bawang merah, sebab kaya akan nutrisi dan mengandung zat antioksidan.

Zat antioksidan berfungsi untuk membersihkan racun berbahaya di dalam tubuh akibat pengaruh radikal bebas. 

Baca Juga: 5 Khasiat Bawang Merah, Gak Sebatas Bumbu Dapur Aja!

3. Bagus untuk menyembuhkan kaki yang kram

5 Manfaat Kulit Bawang Merah bagi Kesehatan, Bantu Atasi Sembelit Unsplash.com / Maria Hochgesang

Kaki yang kram sungguh tidak mengenakkan dan membuat gerak menjadi tidak nyaman. Kram merupakan kejang otot yang terkadang bisa timbul secara mendadak.

Untuk mengatasi hal ini, kulit bawang merah bisa menjadi solusinya. Cara menggunakannya yakni dengan merebus kulit bawang merah dan rendam kaki yang kram ke dalam air tersebut. Hal ini akan memberikan efek hangat pada kaki dan membuat kram pada otot perlahan berkurang.

4. Bantu mengendalikan tekanan darah pada tubuh

5 Manfaat Kulit Bawang Merah bagi Kesehatan, Bantu Atasi Sembelit Unsplash.com / Goh Rhy Yan

Kulit bawang merah memiliki kandungan quercetin dan flavonol, dua zat ini bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah pada tubuh. Kandungan zat quercetin juga dapat melancarkan peredaran darah. Karenanya, kulit bawang merah cocok untuk menjadi obat alami bagi penderita kolesterol.

5. Cegah penyakit jantung koroner

5 Manfaat Kulit Bawang Merah bagi Kesehatan, Bantu Atasi Sembelit Unsplash.com / Thomas Evans

Penyakit jantung koroner merupakan kerusakan yang terjadi pada pembuluh darah utama di jantung. Ini terjadi karena pembuluh darah pada jantung mengalami penyempitan akibat penumpukan lemak dan plak.

Untuk mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya ini, kamu bisa mengonsumsi kulit bawah merah. Ini karena kulit bawang merah mengandung senyawa fenolik yang bisa membantu tubuh mencegah penyakit jantung koroner.

Demikianlah 5 manfaat kulit bawang merah yang berguna untuk kesehatan.

Untuk menikmati kulit bawang merah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Misalnya dengan mencampur kulit bawang merah yang sudah dibersihkan ke dalam makanan berkuah atau sup. Kamu juga bisa merebusnya dengan air sekitar 20 menit dan meminum air rebusan kulit bawang merah seperti meminum teh pada umumnya.

Baca Juga: Anti Mata Pedih, Coba 6 Tips Ampuh Ini Saat Memotong Bawang Merah

Anggita RA Photo Community Writer Anggita RA

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You