Comscore Tracker

Anti Mata Pedih, Coba 6 Tips Ampuh Ini Saat Memotong Bawang Merah

#PANJATPOIN Gak harus pakai kacamata renang kok!

Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang paling sering digunakan. Khasiatnya yang beragam untuk kesehatan serta aromanya yang khas membuat bahan masakan ini jadi andalan para ibu untuk memasak. Tapi kegiatan potong-memotong bawang jadi tidak menyenangkan karena zat yang dikeluarkan oleh bawang membuat mata pedih dan air mata keluar tak tertahan.

Bawang merah memiliki mekanisme perlindungan diri berupa gas yang terkandung di dalamnya. Gas tersebut akan menjadi asam bila bertemu dengan air. Ketika dipotong, bawang merah akan mengeluarkan gas yang bisa menguap. Gas tersebut bertemu dengan air dalam kelenjar air mata sehingga menjadi zat asam yang menyebabkan mata menjadi pedih.

Lalu bagaimana mengatasinya? Kalian bisa mempraktikkan tips berikut.

1. Memotong di dekat air mengalir

Anti Mata Pedih, Coba 6 Tips Ampuh Ini Saat Memotong Bawang Merahmypantryshelf.com

Ketika memotong bawang merah, coba hidupkan kran dapur. Gas yang dihasilkan oleh bawang merah akan menguap dan bertemu lebih dulu dengan air kran, sehingga uap tersebut tidak mencapai mata kita.

2. Masukkan bawang merah ke dalam freezer

Anti Mata Pedih, Coba 6 Tips Ampuh Ini Saat Memotong Bawang Merahrecipesncooking.com

Setelah mengupas kulit bawang, masukkan bawang merah ke dalam freezer sebelum dipotong. Biarkan selama 10-15 menit sebelum memotong bawang. Bawang dalam kondisi beku akan mengeluarkan gas yang lebih sedikit sehingga mata tak akan terasa perih lagi.

3. Gigit korek api

Anti Mata Pedih, Coba 6 Tips Ampuh Ini Saat Memotong Bawang MerahPexels/AJ Photography

Korek api ternyata diyakini dapat menangkal gas yang terkandung dalam bawang merah. Memotong bawang merah sambil menggigit korek api (tanpa dinyalakan) bisa jadi usaha agar mata tidak pedih dan mengeluarkan air mata.

Baca Juga: Kenapa Memotong Bawang Merah Bikin Kamu Nangis?

4. Mengunyah permen karet atau roti

Anti Mata Pedih, Coba 6 Tips Ampuh Ini Saat Memotong Bawang Merahdentalplans.com

Selain menggigit korek api, mengunyah permen karet atau roti selama memotong bawang merah juga dipercaya menghalau zat asam penyebab mata pedih. Usahakan mengunyah permen karet atau roti pelan-pelan selama memotong bawang merah. Meski mulut terasa tidak enak, tapi air mata tidak keluar.

5. Jangan memotong bagian akar

Anti Mata Pedih, Coba 6 Tips Ampuh Ini Saat Memotong Bawang MerahPexels/mali maeder

Akar bawang merah diyakini mengandung enzim penyebab zat asam yang lebih tinggi dari bagian lainnya. Saat memotong bawang, hindari memotong bagian akarnya sehingga zat asam yang menguap lebih sedikit.

6. Letakkan garam di dekat tempat memotong

Anti Mata Pedih, Coba 6 Tips Ampuh Ini Saat Memotong Bawang MerahPexels/Artem Bali

Ambil sewadah garam lalu letakkan di dekat telenan tempat memotong bawang. Garam diyakini dapat menetralisir uap yang dihasilkan oleh bawang merah. Mudah banget kan?

Nah, itulah beberapa tips mencegah mata pedih ketika memotong bawang merah. Yuk, dicoba!

Baca Juga: Agar Bawang Merah & Putih Awet Tahan Lama, Simpan dengan 5 Cara Ini!

Afanin Photo Verified Writer Afanin

Family. Home. Pray.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You