Comscore Tracker

5 Rekomendasi Jus Terbaik untuk Membantu Berat Badan Turun

Asupan kaya serat bantu penurunan berat badan lebih optimal

Tak cuma untuk mendapatkan tubuh ideal, penurunan berat badan lewat program diet juga diperlukan untuk menjaga kesehatan. Dari berbagai macam diet yang ada, para ahli gizi sepakat bahwa cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah lewat pola makan sehat bergizi seimbang yang didukung olahraga rutin dan kebiasaan sehat lainnya, yang diharapkan efeknya bisa berkelanjutan.

Bicara tentang pola makan, ternyata konsumsi jus bisa membantu proses penurunan berat badan, lo. Akan tetapi, hindari konsumsi jus kemasan yang dijual di toko karena sering kali ditambahkan gula, perasa buatan, dan pengawet. Baiknya kamu membuat sendiri jus di rumah.

Bisa membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengelola rasa lapar, inilah rekomendasi jus untuk menurunkan berat badan.

1. Jus seledri

5 Rekomendasi Jus Terbaik untuk Membantu Berat Badan Turunilustrasi jus seledri (pixabay.com/Milesz)

Dilansir FoodData Central, jus seledri tak hanya rendah kalori, tetapi juga mengandung lebih dari 95 persen air. 

Berbagai penelitian, salah satunya dalam jurnal Obesity tahun 2014 dan European Journal of Nutrition tahun 2018 menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan dan minuman yang kalorinya lebih rendah mungkin bisa bermanfaat bagi penurunan berat badan dan pengurangan lemak.

Sebagai bonus, jus seledri juga merupakan sumber baik antioksidan dan senyawa tanaman menguntungkan, yang mana ini dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan melawan inflamasi, menurut laporan dalam jurnal Phytotherapy Research tahun 2019.

2. Jus bit

5 Rekomendasi Jus Terbaik untuk Membantu Berat Badan Turunjus bit (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Tahu tidak, atlet sering mengonsumsi jus bit untuk meningkatkan performanya, lo! Ini karena jus bit mengandung senyawa bermanfaat seperti dietary nitrates, menurut laporan dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition tahun 2018.

Senyawa tersebut dikatakan dapat membantu meningkatkan efisiensi dan ketahanan otot, begitu pula menurunkan tekanan darah dengan cara memperlebar pembuluh darah.

Umbi bit rendah kalori dan kaya akan serat, yang mana ini dapat membantu mendukung keteraturan, memperlambat pengosongan perut, dan mempertahankan rasa kenyang untuk mendukung manajemen berat badan.

Baca Juga: 10 Jenis Buah Terbaik untuk Sarapan, Ampuh Turunkan Berat Badan

3. Jus buah delima

5 Rekomendasi Jus Terbaik untuk Membantu Berat Badan Turunilustrasi jus buah delima (flickr.com/Augustus Binu)

Buah delima atau pomegranate kaya akan banyak antioksidan polifenol dan vitamin C. Satu buah delima mengandung 28 miligram (mg) vitamin C. Tak cuma itu bisa membantu mendukung sistem kekebalan tubuh, jus buah ini juga bisa membantu menurunkan berat badan berlebih.

Penelitian dalam European Journal of Nutrition tahun 2018 menemukan bahwa jus buah delima menghambat penambahan berat badan pada tikus yang diberi makan diet tinggi lemak.

Penelitian lainnya yang diterbitkan dalam jurnal Current Developments in Nutrition tahun 2020 menyatakan bahwa buah delima bahkan mungkin dapat membantu meregulasi kadar gula darah dan mencegah kenaikan dan penurunan gula darah secara cepat, yang mana ini bisa menciptakan rasa lapar.

4. Jus wortel

5 Rekomendasi Jus Terbaik untuk Membantu Berat Badan Turunilustrasi jus wortel (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Padat akan nutrisi, jus wortel diperkaya oleh vitamin A dan karotenoid. Cocok untuk dimasukkan ke dalam program dietmu.

Memadukan wortel dapat membantu manambah asupan serat dan meningkatkan perasaan kenyang dan membantu meregulasi nafsu makan.

Selain itu, wortel juga kaya akan karotenoid, sejenis pigmen tumbuhan yang ditemukan di banyak buah dan sayuran.

Sebuah penelitian selama 28 minggu terhadap 28 laki-laki obesitas menemukan bahwa mereka yang minum minuman yang tinggi karotenoid setiap hari mengalami pengurangan lemak perut yang signifikan. Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Nutrients tahun 2020.

5. Jus semangka

5 Rekomendasi Jus Terbaik untuk Membantu Berat Badan Turunilustrasi semangka (pexels.com/Any Lane)

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi semangka. Mulai dari pemulihan dari olahraga intens yang lebih baik hingga mengurangi risiko beberapa kanker. Selain itu, semangka juga sangat menghidrasi karena 92 persen komposisinya adalah air.

Lantas, apa manfaat semangka pada penurunan berat badan? Kadang saat kita tidak terhidrasi dengan baik, kita cenderung mengidam yang manis-manis. Jadi, minum jus semangka bisa tak cuma dapat melawan mengidam dengan cara yang sehat, tetapi juga bisa menghidrasi tubuh, serta membuatmu merasa kenyang.

Sebuah penelitian dalam jurnal Nutrients tahun 2019 menemukan bahwa setelah makan dua cangkir semangka segar setiap hari selama sebulan, sebanyak 33 partisipan penelitian mengalami penurunan berat badan, lemak perut, rasa lapar, dan mengidam secara signifikan dibandingkan kelompok kontrol.

Itulah lima jus untuk menurunkan berat badan yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Sertakan dalam pola makan bergizi seimbang sehari-hari, dan optimalkan dengan rutin olahraga, tidur cukup, dan kelola stres dengan baik.

Baca Juga: 7 Buah-buahan Rekomendasi Nabi Muhammad SAW, Sunah yang Kaya Khasiat

Anisa Kusuma Photo Writer Anisa Kusuma

Keep going!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya