Comscore Tracker

Tanpa Disadari, 13 Kebiasaan Ini Sebenarnya Membahayakan Diri Sendiri!

Kamu biasa melakukan yang mana, hayo?

Semua orang tahu bahwa kebiasaan tidur larut malam dan makan terlalu banyak itu gak sehat. Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa kebiasaan lain yang sering dianggap gak berbahaya malah sebenarnya berpotensi mengancam jiwa? Berikut beberapa kebiasaan berbahaya yang sebaiknya segera kamu tinggalkan kalau gak ingin berakhir di rumah sakit.

1. Menahan bersin

Tanpa Disadari, 13 Kebiasaan Ini Sebenarnya Membahayakan Diri Sendiri!menshealth.com

Bagian yang tersakiti: sistem pernapasan, pembuluh darah, dan otak, atau dalam skenario terburuk, saluran esofagus.

Fungsi utama bersin adalah menyingkirkan bakteri, virus, dan partikel debu. Ketika kamu menahan bersin, maka sama saja kamu tidak membiarkan tubuh membuang benda-benda ini.

Namun bukan itu saja loh! Bayangkan apa yang bisa terjadi saat kamu mencoba menembak namun juga malah menutup ujung laras senjatanya? Hal yang sama terjadi di dalam hidung, yaitu ketika seluruh kekuatan bersin kembali dan berpotensi melukai pendengaran, meningkatkan tekanan darah, atau bahkan merusak kerongkonganmu!

2. Menggunakan tusuk gigi

Tanpa Disadari, 13 Kebiasaan Ini Sebenarnya Membahayakan Diri Sendiri!walmart.ca

Bagian yang tersakiti: gusi.

Dokter gigi sangat benci tusuk gigi. Tusuk gigi memang gak berbahaya bagi email, namun sayangnya malah berbahaya bagi gusi. Sebenarnya juga hampir tidak mungkin membersihkan mulut secara menyeluruh dengan tusuk gigi.

Agar mulutmu tetap bersih, sebaiknya gunakan benang gigi atau dental floss. Tetapi kamu juga harus belajar cara melakukannya dengan benar terlebih dahulu ya.

3. Tidur tengkurap

Tanpa Disadari, 13 Kebiasaan Ini Sebenarnya Membahayakan Diri Sendiri!wellbuzz.com

Bagian yang tersakiti: pernapasan, sirkulasi darah, sumsum tulang belakang dan kulit wajah.

Memang nyaman tapi sebenarnya sangat berbahaya untuk tidur tengkurap beralaskan bantal. Dalam posisi ini, kamu bisa sulit untuk bernafas, leher berada pada posisi yang tidak alami, sirkulasi darah menjadi lebih buruk dan tulang belakang leher berada dalam bahaya. Selain itu, dokter juga memperingatkan bahwa kerutan atau keriput yang mungkin kamu miliki setelah tidur dalam posisi ini akan segera menjadi permanen dan tidak akan pernah hilang!

4. Mengupas biji kuaci dengan gigi

Tanpa Disadari, 13 Kebiasaan Ini Sebenarnya Membahayakan Diri Sendiri!health.com

Bagian yang tersakiti: gigi dan kantung empedu.

Biji bunga matahari itu memang enak dan bermanfaat. Namun seharusnya kamu mengupasnya dengan tangan dan bukan menggunakan gigi.

Dokter gigi selalu berhasil mengenali pemakan biji kuaci ulung karena mereka punya jenis kerusakan gigi yang sangat spesifik. Orang yang mengalami masalah kandung empedu juga tidak boleh memakannya sama sekali karena nilai kalori dari kuaci lebih dari 500 kkal dalam 100 gram.

5. Mengunyah benda keras

Tanpa Disadari, 13 Kebiasaan Ini Sebenarnya Membahayakan Diri Sendiri!kenh14.vn

Bagian yang tersakiti: gigi, gusi dan mulut.

Hayo siapa yang suka menggigit-gigit pulpen? Orang yang suka mengunyah pulpen, pensil, penjepit kertas, atau benda-benda padat lainnya biasanya memiliki masalah enamel yang cukup serius. Ini juga yang menjadi alasan kenapa kamu gak boleh mencoba membuka botol, mengunyah kacang, es batu dan lolipop memakai gigi. Lebih parahnya lagi, kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan infeksi lho!

6. Menahan buang air

Tanpa Disadari, 13 Kebiasaan Ini Sebenarnya Membahayakan Diri Sendiri!mentalfloss.com

Bagian yang tersakiti: ginjal, sistem kemih dan usus.

Pada Juni 2018, seorang gamer muda asal Inggris Raya dirawat di rumah sakit setelah menghabiskan 8 jam bermain game tanpa henti. Usus dan kandung kemihnya menggembung parah sehingga dokter mengira ia mengidap tumor atau kanker. Semua dokter setuju bahwa kamu gak boleh menahan buang air karena malah dapat melukai otot dan berujung menyebabkan infeksi saluran kemih serta konstipasi.

Baca Juga: 6 Posisi Tidur Ini Gak Baik Buat Kesehatanmu lho, Jangan Keseringan Ya

7. Keramas dengan air panas

Tanpa Disadari, 13 Kebiasaan Ini Sebenarnya Membahayakan Diri Sendiri!independent.co.uk

Bagian yang tersakiti: pembuluh otak dan kulit kepala.

Jika kamu suka mandi di air yang sangat panas, sudah saatnya buat berhenti ya. Pertama karena air panas dapat menyebabkan sakit kepala dan pusing yang cukup parah. Kedua, air panas menstimulasi fungsi kelenjar sebaceous pada kulit kepala yang berpotensi membuat rambut benar-benar kotor.

8. Menyentuh wajah dan menggosok mata

Tanpa Disadari, 13 Kebiasaan Ini Sebenarnya Membahayakan Diri Sendiri!rd.com

Bagian yang tersakiti: kulit wajah dan mata.

Jika kamu sering menyentuh wajah dengan tangan, maka jangan kaget kalau tiba-tiba muncul infeksi seperti jerawat, herpes dan masih banyak lagi. Jika kamu menggosok mata, ada kemungkinan kamu akan terserang konjungtivitis yang merupakan penyakit menular berupa peradangan, lecet, rasa terbakar, dan peka cahaya.

9. Mengunyah permen karet terlalu sering

Tanpa Disadari, 13 Kebiasaan Ini Sebenarnya Membahayakan Diri Sendiri!greatist.com

Bagian yang tersakiti: perut, gigi dan ingatan jangka pendek.

Ada beberapa konsekuensi jika kamu mengunyah permen karet terlalu sering. Pertama, proses mengunyah merangsang produksi asam lambung. Jadi, jangan mengunyah permen karet sebelum makan karena bisa menyebabkan gastritis atau bahkan maag.

Kedua, permen karet juga berbahaya bagi gigimu. Ketika produksi air liur meningkat, maka gigi maupun tambalan gigi dapat terkikis. Permen karet juga memengaruhi ingatan. Permen karet memang membantu meningkatkan hafalan dan konsentrasi pada tugas-tugas jangka panjang. Namun sayangnya malah bisa merusak ingatan jangka pendek dan membuatmu kurang fokus.

10. Membaca sambil tiduran

Tanpa Disadari, 13 Kebiasaan Ini Sebenarnya Membahayakan Diri Sendiri!www.rawpixel.com

Bagian yang tersakiti: mata, sumsum tulang belakang dan kulit leher.

Saat membaca di tempat tidur, ikuti aturan berikut:

  • Jangan memposisikan buku terlalu dekat dengan mata.
  • Jangan melengkungkan punggung dan jangan menegangkan leher.
  • Jangan membaca sambil berbaring miring karena jarak ke buku akan terus berubah dan mata jadi harus melakukan pekerjaan lebih berat.
  • Jangan membaca sambil tengkurap karena dapat merusak sumsum tulang belakang.

Agak sulit untuk diikuti? Ingat, jenis posisi ini bisa mengarah pada pengembangan kerutan horizontal di bagian leher.

11. Meniup dan menjilat luka kecil

Tanpa Disadari, 13 Kebiasaan Ini Sebenarnya Membahayakan Diri Sendiri!toestemming.ndcmediagroep.nl

Bagian yang tersakiti: proses penyembuhan.

Apa yang kamu lakukan ketika gak sengaja tergores pisau dapur? Meniup lukanya atau malah menjilatnya? Para ilmuwan dari Harvard University menghitung lebih dari 600 spesies mikroorganisme hidup di mulut manusia. Di antara semua organisme ini, selalu ada staphylococci dan streptococci.

Darah yang menggumpal pada luka adalah tempat yang sempurna bagi mereka untuk hidup. Kamu harus segera melakukan pertolongan pertama dengan benar, karena jika tidak, maka akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyembuhkannya.

12. Berbisik

Tanpa Disadari, 13 Kebiasaan Ini Sebenarnya Membahayakan Diri Sendiri!jurassicparliament.com

Bagian yang tersakiti: pita suara dan laring.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dan mantan vokalis Robert Sataloff menunjukkan bahwa kebanyakan orang akan menekan pita suara mereka ketika berbisik. Hal ini meningkatkan kemungkinan untuk mengalami cidera mikro pada laring. 

13. Bermain smartphone di toilet

Tanpa Disadari, 13 Kebiasaan Ini Sebenarnya Membahayakan Diri Sendiri!time.com

Bagian yang tersakiti: anus dan kebersihanmu secara keseluruhan.

Ini bukan cuma soal smartphone karena aturan yang sama berlaku juga untuk koran, majalah, ataupun buku. Duduk di toilet selama lebih dari 5 menit akan meningkatkan tekanan di pembuluh darah.

Selain itu, kamu gak akan meninggalkan ponsel di kamar mandi melainkan membawanya keluar kan? Nah, hal inilah yang berpotensi menyebarkan bakteri kemana-mana.

Sekarang sudah tahu kan kebiasaan apa saja yang gak seharusnya kamu lakukan setiap hari? Yuk kurangi kebiasaan-kebiasaan buruk di atas demi menjaga kesehatanmu.

Baca Juga: 10 Cara Sehat Cegah Ketiduran Tanpa Bantuan Kafein, Saat Harus Terjaga

Annisa Rizki Photo Community Writer Annisa Rizki

Instagram: @annisa9595

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You