Comscore Tracker

10 Cara Sehat Cegah Ketiduran Tanpa Bantuan Kafein, Saat Harus Terjaga

Tidak ada biayanya juga lho untuk melakukan tips ini

Apa cara paling jitu di otak kalian untuk begadang? Pastinya minum kopi. Minum kopi memang bisa membantumu bangun karena kandungan kafein di dalamnya yang menstimulasi hormon dopamin sehingga membuatmu bersemangat.

Namun itu bukan cara yang sehat karena setelah itu otakmu begitu lelah. Selain itu, tidak jarang kopi juga memompa jantung terlalu keras sehingga terasa sangat tidak enak. Kalau ingin tidak mudah tertidur namun dengan cara yang sehat, baiknya kamu mengikuti beberapa tips ini.

1. Berjalan-jalan

10 Cara Sehat Cegah Ketiduran Tanpa Bantuan Kafein, Saat Harus Terjagaunsplash.com/tomsdg

Terlihat melelahkan memang, tetapi sebenarnya berjalan-jalan dapat memberikanmu energi. 10 menit berjalan dapat membuatmu terbangun selama dua jam. Itu karena ketika berjalan-jalan, oksigen terpompa di aliran darahmu dan masuk ke dalam otak serta otot, membuatmu berenergi.

2. Tidur sebentar terlebih dahulu

10 Cara Sehat Cegah Ketiduran Tanpa Bantuan Kafein, Saat Harus Terjagahindustantimes.com

Ada alasan mengapa orang tua kita selalu memberikan nasehat untuk tidak tidur sebelum waktu tidur. Itu karena tidur sebelum waktunya akan membuatmu terjaga setelah terbangun. Gunakan itu agar tetap terjaga dengan tidur terlebih dahulu.

3. Istirahatkan mata dari layar

10 Cara Sehat Cegah Ketiduran Tanpa Bantuan Kafein, Saat Harus Terjagawysetc.org

Salah satu penyebab kenapa seseorang mudah tertidur adalah karena dirinya terlalu sering menatap layar. Cahaya dari layar menyebabkan mata tegang dan capek. Karena itu dengan beristirahat sejenak dari layar komputer akan sangat membantu untuk terjaga.

4. Minum air

10 Cara Sehat Cegah Ketiduran Tanpa Bantuan Kafein, Saat Harus Terjagaunsplash.com/e_sykes

Ada kalanya kelelahan disebabkan karena dehidrasi. Cara yang simpel untuk hal ini adalah dengan minum air secukupnya. Daripada kafein yang seketika memberikan energi tapi membebani otak, minum air lebih banyak jauh menyehatkan.

5. Makan jajanan sehat

10 Cara Sehat Cegah Ketiduran Tanpa Bantuan Kafein, Saat Harus Terjagaunsplash.com/olamishchenko

Kegiatan mengunyah cukup mampu membuatmu terbangun. Terlebih jika yang masuk ke dalam mulut adalah jajanan-jajanan sehat yang mengandung banyak campuran protein, karbohidrat, serta lemak. Beberapa contohnya adalah kacang-kacangan, buah, keju, yogurt. Hindari makanan yang mengandung banyak gula.

Baca Juga: Sembunyikan Wajah Lesumu Akibat Begadang dengan 7 Trik Ini

6. Berbicara dengan rekan

10 Cara Sehat Cegah Ketiduran Tanpa Bantuan Kafein, Saat Harus Terjagaunsplash.com/new_data_services

Mengobrol adalah salah satu kunci untuk tetap terbangun. Jika tetiba saja diri ini mulai terantuk meja, maka sudah saatnya untuk memulai obrolan. Pembicaraan tersebut bisa seputar hal-hal berat seperti politik, ide bisnis hingga sekedar hobi.

7. Menerangkan cahaya ruangan

10 Cara Sehat Cegah Ketiduran Tanpa Bantuan Kafein, Saat Harus Terjagaunsplash.com/samule

Lingkungan yang memiliki cahaya redup menyebabkan seseorang mudah lelah. Studi menunjukkan jika seseorang yang terekspos cahaya terang memiliki tingkat kelelahan yang lebih rendah ketimbang yang terkena cahaya redup.

8. Menghirup napas dalam

10 Cara Sehat Cegah Ketiduran Tanpa Bantuan Kafein, Saat Harus Terjagafiormarkets.us

Menghirup napas dalam menaikkan kadar oksigen di tubuhmu. Itu melambatkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi darah.

9. Ganti tugas

10 Cara Sehat Cegah Ketiduran Tanpa Bantuan Kafein, Saat Harus Terjagaunsplash.com/rawpixel

Mengganti tugas yang dikerjakan membuat seseorang menghilangkan kejenuhannya. Studi menunjukkan orang yang bekerja monoton memiliki resiko ketiduran. Coba berganti ke tugas yang lebih bisa dibuat fokus.

10. Mendengarkan musik

10 Cara Sehat Cegah Ketiduran Tanpa Bantuan Kafein, Saat Harus Terjagaunsplash.com/benmullins

Mendengarkan musik yang keras dan bersemangat juga dapat membantu terjaga. Tingkat energi yang naik karena hal itu akan membuatmu fokus. Gunakan headset untuk tidak mengganggu rekanmu.

Ternyata kegiatan-kegiatan sederhana macam ini mampu membuatmu tidak tertidurkan? Jadi kalau ada dirimu yang sedang ngantuk ketika bekerja atau belajar, bisa mencoba cara-cara berikut.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Begadang

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You