Comscore Tracker

Beragam Manfaat, 6 Jenis Essential Oil Ini Ampuh Atasi Gejala Alergi

Kini essential oil jadi primadona di kalangan masyarakatlho

Essential oil mungkin saat ini seringkali kita dengar dan menjadi salah satu produk yang paling sering diburu.

Tak hanya memiliki aroma yang menenangkan, essential oil juga memiliki manfaat yang beragam. Salah satu manfaatnya yaitu dapat digunakan untuk mengatasi gejala alergi. 

Aromanya yang enak serta berasal dari bahan alami membuat minyak ini semakin idola di kalangan masyarakat. Nah, berikut adalah 6 jenis essential oil yang dipercaya dapat mengatasi alergi. Yuk, simak! 

1. Lavender

Beragam Manfaat, 6 Jenis Essential Oil Ini Ampuh Atasi Gejala Alergigetnaturalessentialoils.com

Essense oil lavender ini memiliki aroma yang manis, segar, dan khas bunga lavender yang disukai. Lavender memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan, perawatan kulit, kebersihan, maupun relaksasi. Lavender ini sangat berkhasiat untuk mengurangi alergi, baik udara maupun kulit. 

Untuk penggunaannya, kalian bisa menghirupnya atau mengoleskannya ke tangan maupun bagian tubuh. Bisa juga dengan meletakkan pada diffuser. Tetapi perlu diwaspadai untuk tidak mengoleskannya pada area-area sensitif seperti mata ataupun telinga. 

2. Lemongrass

Beragam Manfaat, 6 Jenis Essential Oil Ini Ampuh Atasi Gejala Alergiexportersindia.com

Lemongrass atau biasa yang kita kenal dengan serai mungkin identik dengan bumbu masakan. Essential ini memiliki aroma yang menyerupai lemon dan dapat membuat tubuh menjadi tenang. Ternyata, serai juga mampu untuk mengatasi alergi.

Tak hanya itu, essential oil dari serai ini juga memiliki beragam manfaat lain seperti meredakan sakit kepala, meningkatkan kesehatan kulit, pengharum ruangan, dan manfaat lainnya.

Untuk penggunaannya, kalian dapat menghirupnya atau dibalurkan pada tubuh. Bisa juga dibuat untuk berendam. 

3. Sandalwood

Beragam Manfaat, 6 Jenis Essential Oil Ini Ampuh Atasi Gejala Alerginaturalfoodseries.com

Sandalwood atau yang biasa kita kenal dengan minyak cendana merupakan bahan populer dalam pembuatan pewangi atau parfum. Minyak ini memiliki aroma klasik yang dapat membantu meningkatkan kondisi fisik atau mental.

Selain mampu untuk mengatasi alergi, minyak ini juga mampu untuk mengatasi jerawat. Tetapi perlu diingat untuk kalian yang memiliki alergi terhadap wewangian tertentu, sebaiknya tidak menggunakan dalam jumlah yang terlalu banyak.

Untuk penggunaannya, kalian dapat mengoleskan langsung ke kulit, menuang beberapa tetes ke dalam lotion, mencampurkan dengan air untuk mengharumkan ruangan, maupun menuangkannya ke dalam infuser essential oil atau menambahkannya ke dalam bak mandi.

Baca Juga: 8 Manfaat Menggunakan Essential Oil Melalui Diffuser Bagi Kesehatan

4. Eucalyptus oil

Beragam Manfaat, 6 Jenis Essential Oil Ini Ampuh Atasi Gejala Alergiaromaweb.com

Salah satu jenis essential oil yang dapat digunakan untuk mengatasi alergi adalah eucalyptus oil.

Eucalyptus oil atau biasa disebut minyak kayu putih ini memang bagus untuk melegakan hidung tersumbat. Selain itu, minyak kayu putih dapat memecah lendir dan dahak, membersihkan sinus dan tentunya membuat kalian dapat bernapas lebih baik.

Cara penggunaannya yaitu dengan menghirupnya secara langsung dengan mengoleskan ke tangan atau menghirup uap air yang telah diberi tetesan eucalyptus oil. Kalian bisa juga meletakkannya pada diffuser atau menuangkannya pada bak mandi. 

5. Chamomile

Beragam Manfaat, 6 Jenis Essential Oil Ini Ampuh Atasi Gejala Alergidrweil.com

Chamomile oil seringkali kita lihat dalam kandungan beberapa produk skincare.

Selain itu, chamomile oil juga ampuh untuk mengatasi alergi. Kandungan yang terdapat pada chamomile oil ini bermanfaat sebagai anti alergi, anti radang, anti bakteri, antioksidan, dan juga pereda nyeri untuk penyakit radang kulit, luka, bahkan luka bakar pada kulit. Chamomile oil pun memiliki aroma yang enak dan menenangkan. 

Untuk pemakaiannya, kalian bisa menghirupnya atau mengoleskan ke badan. Tetapi perlu diingat untuk tidak mengoleskan pada area sensitif badan ya! 

6. Peppermint

Beragam Manfaat, 6 Jenis Essential Oil Ini Ampuh Atasi Gejala Alergiwhiskeyflatstrading.com

Peppermint merupakan essential oil yang memiliki aroma khas daun mint yang segar. Selain mampu meringankan alergi, peppermint juga dapat melegakan sinus, mengurangi pilek, batuk, asma, bronkitis dan meringankan tenggorokan gatal.

Minyak esensial ini juga memiliki kemampuan melepaskan dahak dan mengurangi peradangan yang jadi penyebab utama reaksi alergi. 

Untuk penggunaannya, kalian bisa menghirupnya atau campur dengan vegetable oil lalu mengoleskannya ke daerah dada, belakang leher, atau pelipis. 

Nah, itulah 6 jenis essential oil yang dipercaya mampu mengatasi alergi. Jangan lupa untuk membaca petunjuk sebelum memakainya ya.

Baca Juga: 5 Essential Oil yang Bisa Memulihkan Perasaan Sakit Pasca Patah Hati 

Armita Dewi Cahyanti Photo Verified Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You