Comscore Tracker

8 Manfaat Menggunakan Essential Oil Melalui Diffuser Bagi Kesehatan

Manfaat essential oil bagian dari terapi alternatif

Essential oil memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dan sudah banyak orang mencoba untuk mendapatkan manfaatnya dengan menyebarkan essential oil melalui diffuser. Alat ini sangat baik bagi kesehatan, di mana efeknya dapat dirasakan saat kita hirup aromanya lewat udara. 

Penasaran apa saja khasiat essential oil diffuser bagi kesehatan tubuh? Berikut penjelasannya.

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

8 Manfaat Menggunakan Essential Oil Melalui Diffuser Bagi Kesehatanthehealthshoponline.co.uk

Minyak atsiri memiliki anti bakteri dan anti virus yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh begitu aromanya terhirup. Minyak yang digunakan untuk menambah kekebalan tubuh seperti lemon, tea tree dan peppermint.

2. Meningkatkan kualitas tidur

8 Manfaat Menggunakan Essential Oil Melalui Diffuser Bagi Kesehatandreams.co.uk

Minyak atsiri dapat meningkatkan aktivitas neurotransmitter di otak dan merangsang pelepasan hormon serotonin dan dopamin, yang menyebabkan tidur lebih lama. Letakan diffuser di kamar tidur agar bisa istirahat dengan nyenyak.

Essential oil yang digunakan yaitu chamomile, clary sage dan lavender.

3. Melegakan pernapasan

8 Manfaat Menggunakan Essential Oil Melalui Diffuser Bagi Kesehatanthe-scientist.com

Menghirup essential oil dapat meningkatkan kesehatan pada saluran pernapasan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu menghilangkan flu dan batuk. Minyak yang sangat baik untuk kesehatan pernapasan seperti lemon, tea tree dan eucalyptus.  

4. Menghilangkan kecemasan

8 Manfaat Menggunakan Essential Oil Melalui Diffuser Bagi Kesehatanunsplash.com/kyle broad

Banyak orang menyebarkan essential oil melalui diffuser untuk mengurangi kecemasan, meningkatkan ketenangan dan pikiran menjadi rileks. Minyak yang digunakan seperti lavender dan chamomile.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Brand Essential Oils yang Terjangkau, Aman dan Alami

5. Mengusir serangga

8 Manfaat Menggunakan Essential Oil Melalui Diffuser Bagi Kesehatanthehindu.com

Manfaat lain dari essential oil diffuser ini adalah untuk mengusir dan mencegah dari gigitan nyamuk dan serangga lainnya. Essential oil terbaik yang digunakan untuk mengusir serangga termasuk lemongrass, rosemary dan cedarwood.

6. Mengendalikan nafsu makan

8 Manfaat Menggunakan Essential Oil Melalui Diffuser Bagi Kesehataninside.akronchildrens.org

Beberapa essential oil berinteraksi dengan sistem limbik (sisi emosional otak kita) dan menekan nafsu makan, hal ini mampu membantu menurunkan berat badan kita. Essential oil yang digunakan untuk menurunkan berat badan seperti grapefruit dan lavender.

7. Ruangan lebih sehat

8 Manfaat Menggunakan Essential Oil Melalui Diffuser Bagi Kesehatanmightyape.co.nz

Saat jumlah bakteri cukup banyak di udara, hal itu sangat berbahaya bagi tubuh kita. Solusinya, letakkan essential oil diffuser ini di suatu ruangan maka ruangan tersebut akan terbebas dari bakteri maupun virus, karena essential oil ini memiliki sifat antibakteri dan antivirus.

Saat essential oil disebarkan oleh diffuser maka senyawa organik di dalam minyak atsiri akan bersentuhan langsung dengan patogen di udara sebelum dapat menyerang tubuh, jadi kamu dan keluarga tidak usah khawatir terserang penyakit. Essential oil yang dianjurkan adalah tea tree, lemon dan oregano . 

8. Meningkatkan mood

8 Manfaat Menggunakan Essential Oil Melalui Diffuser Bagi Kesehatanprevention.com

Essential oil memiliki kekuatan untuk menghilangkan depresi dan menciptakan suasana hati yang bahagia. Ini bisa jadi booster untuk kamu menjalankan aktivitas di rumah.

Selain itu kamu bisa menciptakan makan malam romantis hanya dengan menyalakan diffuser dan membiarkan suasana romantis menyebar di mana-mana. Essential oil yang digunakan seperti rose, sweet orange, jasmine, rose, scotch pine dan vanilla.

Itulah beberapa manfaat menyebarkan essensial oil melalui diffuser. Mulai mencoba dari sekarang ya agar kamu dapat khasiatnya.

Baca Juga: Essential Oil Punya Banyak Manfaat, Ini 7 Cara Kerjanya di Tubuh Kita

Nisa Nafisa Photo Verified Writer Nisa Nafisa

Biology Education Study Program FKIP

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya