Comscore Tracker

5 Manfaat Telur Asin untuk Kesehatan

Tidak hanya asin dan lezat, tapi juga bergizi lho

Siapa yang tak tahu telur asin, olahan dengan bahan utama telur yang melewati proses pengawetan menggunakan garam sehingga rasanya menjadi asin. sebenarnya telur jenis lain juga dapat diolah menjadi telur asin seperti telur ayam, namun orang lebih banyak menggunakan telur bebek dan itik untuk membuat telur asin karena memiliki cangkang yang cukup tebal untuk menjaga telur tetap utuh selama proses pembuatan telur asin.

Berikut kandungan gizi yang terdapat dalam telur asin :

Kandungan gizi dalam telur asin

5 Manfaat Telur Asin untuk Kesehataninstagram.com/engzhou

Telur asin yang umumnya menggunakan telur bebek ini memiliki kandungan gizi yang banyak. Protein merupakan kandungan gizi utama yang ada di dalam telur asin. Kandungan gizi lainnya yang cukup tinggi pada telur asin adalah kandungan kolesterol. Telur asin juga mengandung asam amino.Kandungan gizi lainnya yang cukup penting adalah kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda. Telur asin juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin B kompleks, vitamin A, dan vitamin E.

Beberapa mineral seperti zat besi, kalsium, fosfor, sodium, dan magnesium juga ada di dalam sebuah telur asin. Beberapa kandungan gizi tersebut menjadikan telur asin memiliki banyak manfaat.

Berikut 5 manfaat telur asin untuk kesehatan :

1. Mengatasi tekanan darah tinggi

5 Manfaat Telur Asin untuk Kesehataninstagram.com/houseshope94

kandungan protein dalam telur asin ternyata dapat menurunkan tekanan darah terhadap dinding arteri. selain terhindar dari tekanan darah tinggi (hipertensi), kamu juga sekaligus mencegah penyakit yang dipicu oleh hipertensi seperti penyakit jantung, stroke, masalah sistem kardiovaskular lainnya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi bagian putih pada telur asin bisa menurunkan tekanan darah.

2. Mengatasi masalah anemia

5 Manfaat Telur Asin untuk Kesehataninstagram.com/amir9787ab

Untuk kamu yang menderita anemia atau kurang darah, tentunya sering merasa pusing, mual, kelelahan, dan lainnya. Ternyata kandungan zat besi dalam telur asin ini bisa membantu tubuh untuk mengatasi anemia defisiensi besi, sehingga kamupun dapat meminimalisir gejala-gejala anemia di atas.

3. Menjaga kesehatan mata

5 Manfaat Telur Asin untuk Kesehataninstagram.com/its.jane00

seperti yang kita ketahui, vitamin A sangat bagus untuk kesehatan mata. telur asin juga dilengkapi dengan kandungan vitamin A, yang sangat bagus dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan mata, dan mencegah masalah pada mata anda.

Baca Juga: Ingin Bikin Telur Asin Sendiri Tanpa Ribet, Ini Resep Mudahnya

4. Menjaga kesehatan tulang

5 Manfaat Telur Asin untuk Kesehataninstagram.com/pomeraniai_torpejean

Protein yang dikandung oleh telur asin merupakan protein hewani. Manfaat protein hewani ini baik untuk menjaga kesehatan tulang. Konsumsi telur asin akan membuat massa tulang kamu tetap bertahan. selain itu telur asin juga dapat mencegah osteoporosis, dan sangat di sarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang telah memasuki masa menopause.

5. Meningkatkan metabolisme tubuh

5 Manfaat Telur Asin untuk Kesehataninstagram.com/sword.fish__

Kandungan protein pada telur juga memberikan energi yang cukup pada sel-sel tubuh untuk mencerna, mendistribusikan, dan memanfaatkan zat-zat gizi dari makanan dan minuman. Ini membuat tubuh mendapatkan manfaat makanan yang baik untuk tumbuh kembang. sehingga dengan mengonsumsi telur asin dapat meningkatkan metabolisme tubuh kamu lho.

Itu dia 5 manfaat telur asin untuk kesehatan. Ternyata di balik rasanya yang asin dan lezat tersebut tersembunyi banyak gizi. Tapi untuk kamu yang memiliki masalah dengan kolesterol, harus berhati-hati karena kandungan kolesterol dalam telur asin yang cukup tinggi. 

konsumsilah telur asin dalam batas normalnya agar manfaatnya dapat kamu peroleh. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Telur Asin Supaya Tetap Masir dan Lebih Awet

Nifa Photo Verified Writer Nifa

sun

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You