Comscore Tracker

Apakah Hyaluronic Acid Bisa Melembapkan Rambut? Ini Penjelasannya!

Rambut keriting bisa mendapatkan manfaat lebih

Asam hialuronat atau hyaluronic acid (HA) adalah salah satu formula skincare yang memiliki reputasi baik dalam melembapkan kulit dan membuatnya lebih sehat dan bersinar. Bahkan, hampir di semua produk perawatan kulit telah banyak menambahkan HA sebagai formula andalannya.

Namun, bagaimana jika formula ini diaplikasikan pada rambut? Apakah juga memiliki manfaat yang sama? Daripada penasaran, yuk, langsung saja simak penjelasan ahli tentang efek hyaluronic acid untuk memperbaiki rambut berikut ini.

1. Apa itu hyaluronic acid? 

Apakah Hyaluronic Acid Bisa Melembapkan Rambut? Ini Penjelasannya!ilustrasi skincare (freepik.com/rawpixel.com)

Secara teknis, hyaluronic acid merupakan sekelompok molekul gula (polisakarida) yang secara alami diproduksi oleh tubuh. Ia memiliki karakteristik sebagai zat bening dan lengket, yang banyak ditemukan di kulit, mata, dan jaringan ikat.

Meski begitu, zat ini juga bisa dihasilkan secara sintetis melalui bakteri. Inilah yang banyak digunakan oleh produsen untuk produk-produk kecantikan dan perawatan kulit.

Dilansir Everyday Health, hyaluronic acid merupakan humektan yang sangat kuat. Artinya, ia memiliki kemampuan dalam mengikat air dan mempertahankan kelembapan jaringan. Bahkan, ia bisa menahan sekitar 1.000 kali lipat beratnya dalam air, yang tentu saja membuatnya jadi primadona dalam melembapkan dan menghidrasi kulit.

2. Manfaat hyaluronic acid untuk rambut 

Apakah Hyaluronic Acid Bisa Melembapkan Rambut? Ini Penjelasannya!ilustrasi styling rambut (pexels.com/Engin Akyurt)

Meski manfaatnya untuk melembapkan kulit sudah tidak diragukan lagi, tetapi apakah ia juga bekerja luar biasa untuk rambut?

Melalui Everyday Health, Ava shamban, MD, seorang dokter kulit bersertifikat di Los Angeles menjelaskan bahwa ketika dioleskan ke rambut, asam hialuronat dapat menarik kelembapan dari lingkungan dan mengikatnya, kemudian menahannya–seperti air yang meresap ke dalam spons. Jadi senyawa ini bisa membantu mempertahankan kelembapan yang dibutuhkan rambut.

Hal serupa juga diungkapkan oleh dokter kulit Beth Goldstein. Ia menjelaskan bahwa asam hialuronat dapat menyerap beratnya dalam air yang menambah kelembapan pada folikel rambut. Ini dapat membantu memberikan tampilan rambut yang halus dan tidak terlalu kusut.

Lebih lanjut, laman Byrdie juga menambahkan beberapa manfaat lain asam hialuronat pada rambut, yakni:

  • Mengurangi keriting: asam hialuronat dapat membantu menyegel kutikula (lapisan pelindung rambut) dengan mencegah kelembapan yang tidak diinginkan yang menyebabkan rambut keriting dan menyusut.
  • Menutrisi rambut kering dan rusak.
  • Melembapkan kulit kepala. Tak hanya bermanfaat pada helai rambut, asam hialuronat juga bekerja memberikan kelembapan pada kulit kepala. Ia memungkinkan peningkatan produksi kolagen di kulit kepala sehingga membuatnya terhidrasi dan mencegah kulit kepala kering.
  • Merevitalisasi rambut: asam hialuronat dapat membantu mengisi celah-celah batang rambut berpori (porositas) dan melembapkannya.

Baca Juga: Yuk Mengenal Hyaluronic Acid, Ratunya Kandungan Skincare

3. Jenis rambut yang cocok menggunakan hyaluronic acid 

Apakah Hyaluronic Acid Bisa Melembapkan Rambut? Ini Penjelasannya!ilustrasi rambut rusak (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Dilansir Everyday Health, hyaluronic acid dapat bekerja baik untuk semua jenis dan tekstur rambut. Bahkan pada rambut sensitif, rapuh, atau dirawat secara kimia sekalipun.

Orang dengan rambut keriting dan rusak parah, misalnya akibat terlalu banyak mendapatkan perawatan kimia (seperti diputihkan berulang kali), akan mendapatkan manfaat yang lebih nyata dari perawatan hyaluronic acid. Sebab, produk ini dapat merawat setiap helai rambut secara mendalam.

Tak hanya itu, orang yang memiliki rambut yang sehat juga masih bisa mendapatkan manfaat dari asam hialuronat. Ini dapat  menambah keindahan rambut dan menjaga kesehatannya, seperti dikutip dari Healthline.

4. Cara menggunakan hyaluronic acid untuk perawatan rambut 

Apakah Hyaluronic Acid Bisa Melembapkan Rambut? Ini Penjelasannya!ilustrasi perawatan rambut (pexels.com/RODNAE Productions)

Jika kamu berencana menambahkan asam hialuronat dalam rutinitas perawatan rambut kamu, beginilah cara menggunakannya seperti yang direkomendasikan para ahli:

  • Gunakan hyaluronic acid pada rambut basah yang dicuci. Hal ini memungkinkan bahan dapat menyerap dengan benar.
  • Ambil serum HA seukuran kacang polong. Terlalu banyak menggunakan serum justru dapat membuat rambut berminyak dan lepek.
  • Oleskan ke kulit kepala, dari akar ke ujung rambut. Pijat dengan jari-jari dalam gerakan melingkar sekitar 5 hingga 10 menit. HA bertindak mirip seperti minyak rambut atau kondisioner tanpa bilas yang mengunci kelembapan.
  • Jika kamu memiliki rambut yang sangat keriting atau kering, kamu bisa menggunakannya setiap hari.
  • Mencampurkan HA dengan kondisioner juga merupakan ide yang bagus untuk meningkatkan perawatan rambut.
  • Kamu juga bisa menggunakan hyaluronic acid dari produk perawatan kulit untuk perawatan rambut. Tidak ada pemisahan yang tegas untuk hal ini.

5. Adakah efek samping hyaluronic acid untuk rambut dan kulit kepala? 

Apakah Hyaluronic Acid Bisa Melembapkan Rambut? Ini Penjelasannya!ilustrasi tes keamanan produk (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Karena termasuk molekul alami tubuh, penggunaan topikal asam hialuronat pada dasarnya aman, baik untuk rambut dan kulit kepala. Ini tidak memiliki efek alergi ataupun sensitivitas (iritasi), seperti yang diterangkan laman Healthline.

Namun, jika kamu ingin mengambil suplemen asam hialuronat, sebaiknya konsultaskan dengan dokter terlebih dahulu. Karena menurut laporan studi tahun 2015 dalam Clinical Drug Investigation, suplemen asam hialuronat (pemberian HA secara oral) dapat meningkatkan pertumbuhan sel kanker.

Jadi, begitulah penjelasan tentang manfaat hyaluronic acid untuk rambut. Menambahkan formula ini pada rutinitas perawatan kulit atau pun rambut sepertinya ide yang bagus untuk tetap menjaga kelembapan dan kesehatannya.

Baca Juga: 5 Manfaat Kopi untuk Rambut, seperti Perawatan Rambut Mahal

Dwi wahyu intani Photo Verified Writer Dwi wahyu intani

@intanio99

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya