Comscore Tracker

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Daun Mangga bagi Kesehatan

Bisa dimakan langsung atau dibuat teh

Mangga merupakan buah tropis yang memiliki rasa manis yang segar dan disukai banyak orang. Akan tetapi, yang tidak banyak orang tahu adalah, selain buahnya, ternyata daun mangga juga bisa dimakan, lho.

Di beberapa tempat, daun mangga dimasak dan dijadikan lauk. Yang lebih menariknya lagi, ternyata daun mangga mengandung banyak nutrisi, sehingga daun mangga dijadikan ekstrak untuk dibuat teh dan suplemen kesehatan.

Berikut ini kumpulan manfaat daun mangga untuk kesehatan yang didukung oleh sains.

1. Memiliki sifat antiinflamasi

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Daun Mangga bagi Kesehatanpixabay.com/6437364

Sifat antiinflamasi mangiferin membuat daun mangga memiliki banyak manfaat potensial. Meskipun inflamasi atau peradangan adalah bagian dari respons imun normal tubuh, tapi peradangan kronis dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa sifat antiinflamasi daun mangga dapat melindungi otak dari masalah seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Metabolic Brain Disease tersebut memberikan ekstrak daun mangga kepada tikus dengan dosis 5 mg per kg berat badan. Hasilnya, pemberian ekstrak mangga dapat membantu menangkal biomarker oksidatif dan inflamasi yang diinduksi secara artifisial di otak.

2. Melindungi dari penambahan lemak

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Daun Mangga bagi Kesehatanpixabay.com/4456202

Ekstrak daun mangga dapat membantu mengelola obesitas, diabetes, dan sindrom metabolik dengan mengganggu metabolisme lemak dan menghambat penumpukan lemak di sel jaringan.

Dikutip dari laman Healthline, beberapa penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa sel-sel yang diobati dengan ekstrak daun mangga memiliki tingkat timbunan lemak yang lebih rendah dan tingkat adiponektin yang lebih tinggi.

Adiponektin adalah protein pensinyalan sel yang berperan dalam metabolisme lemak dan regulasi gula dalam tubuh. Tingginya tingkat adinopektin dapat melindungi individu dari obesitas dan penyakit kronis terkait obesitas.

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan Daun Seledri, Sering Dikira Cuma Hiasan!

3. Memiliki sifat antikanker

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Daun Mangga bagi Kesehatanpixabay.com/doungtepro

Mangiferin dalam daun mangga kemungkinan berpotensi sebagai antikanker, karena dapat memerangi stres oksidatif dan melawan peradangan.

Studi tabung reaksi yang dilaporkan dalam jurnal BioFactors menunjukkan efek spesifik daun mangga terhadap leukemia dan paru-paru, otak, payudara, leher rahim, dan kanker prostat. Lebih jauh, kulit mangga menunjukkan potensi antikanker yang kuat karena adanya senyawa lignan, yang merupakan jenis polifenol lainnya.

Meskipun demikian, ini adalah hasil penelitian awal dan daun mangga tidak boleh dianggap atau digunakan sebagai pengobatan kanker. Pengobatan kanker utama harus dengan dokter.

4. Mengendalikan diabetes

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Daun Mangga bagi Kesehatanpixabay.com/photosforyou

Meningkatnya kadar trigliserida sering dikaitkan dengan resistansi insulin dan diabetes tipe 2. Nah, daun mangga dapat memengaruhi metabolisme lemak, sehingga dapat membantu mengelola diabetes.

Satu penelitian tentang efek ini dipublikasikan dalam jurnal Chemical and Pharmaceutical Bulletin, yang dilakukan dengan memberikan ekstrak daun mangga pada tikus. Setelah 2 minggu, tikus yang terlibat dalam penelitian menunjukkan trigliserida dan kadar gula darah yang lebih rendah secara signifikan.

5. Mengobati sakit mag

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Daun Mangga bagi Kesehatanpixabay.com/5023100

Daun mangga secara historis telah digunakan untuk membantu sakit mag dan kondisi pencernaan lainnya.

Sebuah penelitian pada hewan pengerat yang dilaporkan dalam jurnal Molecules menemukan bahwa pemberian ekstrak daun mangga secara oral dengan dosis 250–1.000 mg per kg berat badan mampu menurunkan jumlah lesi lambung.

Hasil serupa ditunjukkan dalam studi lain terhadap hewan pengerat yang dipublikasikan pada jurnal Planta Medica, dengan mangiferin yang secara signifikan mampu memperbaiki kerusakan pencernaan.

Kandungan beberapa antioksidan dan senyawa tanaman lainnya dalam daun mangga membuatnya memiliki manfaat untuk kesehatan. Meskipun daun mangga bisa dimakan segar, salah satu cara yang paling umum untuk mengonsumsinya adalah dengan dibuat teh. Namun, sebaiknya tanyakan kepada praktisi kesehatan untuk mengetahui kemungkinan interaksi dengan obat lain.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Pegagan atau Centella Asiatica, Bagus untuk Kulit Kamu

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya