Comscore Tracker

10 Manfaat Daun Pegagan atau Centella Asiatica, Bagus untuk Kulit Kamu

Para pecinta skincare pasti gak asing dengan tumbuhan ini

Sejak ribuan tahun yang lalu, pegagan adalah tumbuhan yang biasa digunakan untuk ramuan herbal. Pegagan atau yang dikenal pula sebagai Centella asiatica dan gotu kola sering dipakai di negara-negara Asia, seperti Jepang, Tiongkok, India, dan juga Indonesia.

Tumbuhan herbal ini termasuk ke dalam famili parsley atau peterseli. Bagian yang banyak diambil adalah daunnya. Centella asiatica memiliki khasiat yang cukup luas. Mulai dari untuk mengobati kondisi kulit tertentu hingga sebagai antidepresan.

Ingin tahu manfaat daun pegagan secara detail? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Mempercepat pengobatan luka

10 Manfaat Daun Pegagan atau Centella Asiatica, Bagus untuk Kulit Kamudebunkingdietitian.com

Studi yang dilakukan pada April 2018 lalu mengatakan bahwa pegagan sangat ampuh untuk mengobati luka operasi. Pasien hanya perlu meminum ekstraknya secara rutin setelah prosedur dijalankan.

Bekas jahitan pun akan sembuh lebih cepat. Tak hanya itu, pertumbuhan jaringan parut atau keloid pada area operasi juga bisa diminimalisasi.

2. Mengobati luka bakar

10 Manfaat Daun Pegagan atau Centella Asiatica, Bagus untuk Kulit Kamusuperiorglove.com

Pegagan sering kali dicampurkan ke dalam salep atau obat untuk luka bakar. Menurut laman Trihealth, ini karena tumbuhan tersebut memiliki kandungan yang bernama triterpenoid.

Zat itu dapat menguatkan kulit, meningkatkan kadar antioksidan, serta suplai darah ke area luka. Dengan begitu, luka bakar dan luka lainnya pun akan cepat sembuh.

3. Menyamarkan stretch marks

10 Manfaat Daun Pegagan atau Centella Asiatica, Bagus untuk Kulit Kamuinsider.com

Manusia pasti memiliki stretch marks di area-area tertentu. Terutama pada perut, paha, dan pantat. Banyak yang pusing memikirkan cara menghilangkan kerutan tersebut. Padahal tidak perlu mahal dan sulit mencarinya. Cukup gunakan salep daun pegagan.

Dilansir dari Healthline, kandungan triterpenoid pada tumbuhan tersebut juga bisa meningkatkan produksi kolagen pada tubuh kita. Ini akan mencegah pertumbuhan stretch marks baru serta menyamarkan stretch marks lama.

4. Mencegah penuaan dini

10 Manfaat Daun Pegagan atau Centella Asiatica, Bagus untuk Kulit Kamubangkokpost.com

Semua orang tentu ingin terlihat awet muda, iya kan? Kamu bisa memanfaatkan daun pegagan untuk mewujudkan hal tersebut. Tumbuhan herbal itu dikenal memiliki khasiat anti-aging yang cukup kuat. 

Dilansir dari Dermveda, pegagan bisa menghambat kerusakan kulit dengan cara menghalangi enzim penyebabnya. Tak hanya itu, pegagan bersama dengan vitamin A, C, dan E akan menstimulasi kolagen yang berfungsi untuk menjaga kekenyalan kulit.

5. Meningkatkan kemampuan kognitif

10 Manfaat Daun Pegagan atau Centella Asiatica, Bagus untuk Kulit Kamunetdna-ssl.com

Tak hanya untuk kulit, pegagan juga bisa mengoptimalkan kemampuan kognitif otak kita. Studi di tahun 2016 dari Evidence-Based Complementary Alternative Medicine membandingkan efek dari tumbuhan tersebut dengan asam folat dalam mengembalikan fungsi otak pasien stroke.

Pasien yang berbeda diminta untuk mengonsumsi 1.000 miligram pegagan, 750 miligram pegagan, dan 3 miligram asam folat setiap harinya. Perbedaan dosis keduanya memang terlihat jauh, tapi itu adalah takaran yang dianjurkan.

Hasilnya, baik pegagan maupun asam folat bisa berpengaruh dalam peningkatan kemampuan kognitif. Namun hasil yang lebih baik ditemukan pada pasien yang mengonsumsi pegagan.

Baca Juga: Ini 9 Manfaat Kesehatan Spirulina, Mampu Mencegah Diabetes dan Kanker

6. Mengobati pasien alzheimer

10 Manfaat Daun Pegagan atau Centella Asiatica, Bagus untuk Kulit Kamuheart.org

Alzheimer adalah penyakit degeneratif yang mengakibatkan kemunduran kemampuan otak. Ini biasa terjadi pada orang lanjut usia. Jika ada orang di sekitarmu yang mengidapnya, kamu bisa menyarankan mereka untuk mengonsumsi daun pegagan. 

Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, tumbuhan herbal ini punya kemampuan meningkatkan kemampuan kognitif. Tak hanya itu, ia juga berkhasiat untuk melindungi otak dari zat-zat toksin lainnya.

Menurut dosis yang disarankan oleh Healthline, pasien alzheimer bisa mengonsumsi 30 hingga 60 tetes ekstrak pegagan tiga kali sehari.

7. Dapat meredakan peradangan dan pembengkakan

10 Manfaat Daun Pegagan atau Centella Asiatica, Bagus untuk Kulit Kamucloudfront.net

Daun pegagan ternyata juga memiliki sifat anti-inflamasi. Ini dapat membantu dalam mengobati segala macam peradangan dan pembengkakan pada tubuh. Contohnya, arthritis atau radang sendi, jerawat, bronkitis, dan lain-lain.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam pegagan juga berperan dalam penguatan sistem imun.

8. Memperlancar sirkulasi darah

10 Manfaat Daun Pegagan atau Centella Asiatica, Bagus untuk Kulit Kamusnclubs.com

Pegagan juga bisa memperlancar aliran darah kita. Ini sangat berguna untuk para penderita varises dan insufisiensi vena.

Tumbuhan tersebut mampu meningkatkan efek metabolisme pada jaringan pembuluh darah yang bermasalah. Dengan begitu, pembengkakan dapat berkurang. 

9. Dapat berperan sebagai antidepresan

10 Manfaat Daun Pegagan atau Centella Asiatica, Bagus untuk Kulit Kamubbc.co.uk

Jika kamu sedang mencari antidepresan yang alami, pegagan adalah jawabannya. Efek peningkatan kemampuan otak yang dimilikinya ternyata dapat berfungsi pula untuk meredakan gejala depresi. 

Studi di tahun 2016 yang diterbitkan oleh PubMed Central membuktikan bahwa setelah 60 hari, penderita depresi mengaku gejala yang mereka rasakan berkurang drastis. Mereka lebih jarang merasa cemas, sedih, stres, dan gelisah.

10. Dapat mengobati insomnia

10 Manfaat Daun Pegagan atau Centella Asiatica, Bagus untuk Kulit Kamuscmp.com

Manfaat terakhir dari pegagan adalah mengobati insomnia. Efek menenangkan yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut dapat membuat kita rileks saat akan tidur.

Pikiran-pikiran mengganggu yang sering hinggap di kepala penderita insomnia pun akan berkurang. Hasilnya, mereka dapat tidur dengan lebih cepat daripada biasanya. 

Banyak dan beragam juga ya kesehatan dari manfaat daun pegagan atau Centella asiatica ini! Apakah ini membuatmu tergiur untuk mencobanya?

Baca Juga: 8 Manfaat Kesehatan Daun Kelor, Pencegah Kanker dan Diabetes

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Just For You