Comscore Tracker

5 Cara Sederhana dan Ampuh Mengurangi Ketergantungan Kopi

Tetap bisa beraktivitas dan berenergi tanpa kopi

Minuman berkafein dapat memberi dorongan energi yang kamu butuhkan. Namun, minum terlalu banyak kopi justru dapat menimbulkan masalah bagi tubuh, seperti masalah detak jantung, kebiasaan tidur, kecemasan, lekas marah, dan peningkatan frekuensi buang air kecil.

Mengingat bahaya konsumsi kopi yang berlebihan, kamu mungkin ingin mengurangi atau membatasi asupan kopi, terutama jika kamu melihat lebih banyak masalah. Untuk membantu melepaskan diri dari ketergantungan kopi yang serius, berikut adalah beberapa saran untuk kamu lakukan yang telah dirangkum dari laman Insider dan Healthy Eater.

1. Dapatkan sumber energi dari makanan sehat

5 Cara Sederhana dan Ampuh Mengurangi Ketergantungan Kopiilustrasi makanan sehat (pexels.com/Anthony Shkraba)

Kamu mungkin terbiasa mengandalkan kopi untuk meningkatkan energi. Agar bisa lepas dari ketergantungan, cobalah untuk memperoleh energi dari makanan.

Makan lebih sering makanan kecil yang memiliki serat, karbohidrat kompleks, lemak omega 3 , dan protein tanpa lemak dapat membantu menyeimbangkan gula darah yang membuat energi tetap stabil. Jangan lupa makan buah dan sayuran segar yang akan membuat kamu tetap terhidrasi.

2. Makan cokelat sebagai pengganti kopi

5 Cara Sederhana dan Ampuh Mengurangi Ketergantungan Kopiilustrasi cokelat (pexels.com/Vie Studio)

Cokelat merupakan camilan lezat favorit banyak orang. Lebih dari itu, cokelat bisa dimanfaatkan untuk kamu yang sedang mengurangi ketergantungan pada kopi.

Kakao mengandung sedikit kafein, tetapi cokelat umumnya ditoleransi dengan baik. Kandungan magnesium di dalam kakao dapat membantu sakit kepala yang terkait dengan penarikan kafein. Selain itu, banyak studi yang membuktikan bahwa kakao memiliki efek menenangkan melalui tindakan neurotransmitter.

Baca Juga: Bikin Ngiler, 10 Dessert Cokelat Paling Populer dari Berbagai Negara

3. Cari minuman susu yang lain

5 Cara Sederhana dan Ampuh Mengurangi Ketergantungan Kopiilustrasi kopi (pexels.com/Chevanon Photography)

Bagi banyak orang, mereka terbiasa menyajikan kopi dengan susu. Bahkan, mereka lebih terbiasa dengan susu daripada kopi itu sendiri. Untuk mengurangi ketergantungan kopi, gantilah kopi dengan bahan lain.

Kamu bisa mengganti latte dengan hot chocolate, chai latte, atau milk tea. Namun, pastikan kamu membatasi jumlah gula dalam minuman ini.

4. Mulailah mengurangi sebagian kopi dan ganti dengan teh hijau

5 Cara Sederhana dan Ampuh Mengurangi Ketergantungan Kopiilustrasi teh hijau (pixabay.com/appledeng)

Untuk mengurangi ketergantungan pada kafein kopi, cobalah lakukan penggantian sumber kafein sedikit demi sedikit. Jika kamu terbiasa minum empat cangkir kopi sehari, mulailah dengan minum tiga cangkir kopi dan satu cangkir teh hijau. Lalu, beberapa hari kemudian, lanjutkan dengan dua cangkir kopi dan dua teh hijau. Teh hijau masih mengandung kafein, tetapi dalam jumlah yang jauh lebih sedikit dan juga merupakan minuman sehat.

Kafein dalam teh hijau lebih rendah dibandingkan dengan kopi dan tidak merangsang dengan cara yang sama. Teh hijau juga sangat kaya akan asam amino, L-theanine. L-theanine membantu mengurangi stres dan bahkan membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Teh hijau juga meningkatkan mood dan energi serta tidak menyebabkan insomnia seperti kopi.

5. Tidur yang cukup

5 Cara Sederhana dan Ampuh Mengurangi Ketergantungan Kopiilustrasi tidur (pexels.com/Vlada Karpovich)

Biarkan tubuh menggunakan simpanan energi alaminya sendiri sehingga kamu tidak perlu bergantung pada kafein untuk menjalani hari. Usahakan untuk tidur minimal 7--8 jam setiap malam.

Saat kamu mengurangi asupan kopi, kamu mungkin merasa perlu untuk menambah jam tidur setiap malam atau di siang hari. Beri dirimu sendiri kebebasan untuk melakukannya dan berikan tubuh istirahat yang diperlukan. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa perlu kopi untuk meningkatkan energi.

 

Jangan pernah menyerah jika kamu ingin mengurangi ketergantungan terhadap kopi dan tidak mengapa untuk minum secangkir kopi sesekali jika kamu benar-benar menikmatinya. Kopi masih merupakan pilihan yang jauh lebih baik daripada minuman manis lainnya. Bahkan, kopi memberikan manfaat jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit.

Baca Juga: Terlanjur Ketergantungan Alkohol? 7 Cara Ini Bantu Kamu Mengatasinya

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya