Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Tenggorokan Kering Selama Berpuasa 

#RamadanMasaKini Segera atasi sebelum makin parah

Selain meningkatkan amal Ibadah, kamu juga perlu memperhatikan kesehatan tubuh di bulan Ramadan.

Salah satu yang kerap dialami oleh orang-orang adalah tenggorokan kering. Kondisi tenggorokan yang kering tentunya membuat tubuh tidak nyaman bahkan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tapi jangan khawatir, di bawah ini ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi tenggorokan kering saat berpuasa.

1. Kurangi aktivitas bicara

5 Tips Mengatasi Tenggorokan Kering Selama Berpuasa Unsplash.com/Andrea Tummons

Terlalu banyak bicara dapat membuat berbagai macam debu dan kotoran masuk ke tenggorokan melalui mulut. Dampaknya, tenggorokan akan terasa kering, bahkan berisiko menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, sebisa mungkin kurangi aktivitas berbicara jika memang tidak terlalu penting.

2. Selalu gunakan masker saat berkendara

5 Tips Mengatasi Tenggorokan Kering Selama Berpuasa kickstarter.com

Berkendara di siang hari yang terik juga bisa memperparah kondisi tenggorokan yang kering. Ini terjadi lantaran udara yang panas, terik, dan juga polusi yang berasal dari asap kendaraan dan juga pabrik dapat masuk ke tubuh melalui mulut dan tenggorokan. Dampaknya bukan hanya tenggorokan menjadi kering namun juga beresiko menimbulkan infeksi bahkan hingga flu. Untuk meminimalisir resiko tersebut, selalu gunakan masker saat berkendara.

Baca Juga: 6 Tips Agar Kamu Istiqomah Beribadah Selama Ramadan, Berani Coba?

3. Berkumur dengan air garam

5 Tips Mengatasi Tenggorokan Kering Selama Berpuasa Unsplash/9power Home Remedies To Treat

Air garam yang biasa digunakan orang-orang saat sedang terkena radang tenggorokan ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah tenggorokan kering selama puasa.

Caranya sangat sederhana, kamu tinggal melarutkan 1 atau 2 sendok garam halus dengan segelas air hangat lalu pakai untuk berkumur sambil menengadahkan kepala. Perlu kamu ingat, gunakan cara ini hanya pada saat sahur atau berbuka untuk menghindari air garam masuk ke tenggorokan saat berkumur.

4. Cukupi kebutuhan air saat sahur dan berbuka

5 Tips Mengatasi Tenggorokan Kering Selama Berpuasa pexels/Daria Shevtsova

Saat berpuasa, kamu tidak boleh makan dan minum sepanjang hari. Padahal air merupakan salah satu komponen paling penting dalam tubuh sehingga kebutuhan asupan air harus terus terpenuhi. Oleh karena itu, pastikan kamu cukup minum saat sahur dan berbuka.

Sebaiknya konsumsi air putih dan hindari minuman berkafein seperti teh dan kopi serta minuman bersoda karena jenis minuman tersebut dapat menyerap banyak air dan membuangnya lewat urin yang berisiko mengakibatkan tubuh dehidrasi yang kemudian memicu tenggorokan kering.

5. Istirahat yang cukup

5 Tips Mengatasi Tenggorokan Kering Selama Berpuasa Unsplash.com/Kinga Cichewicz

Terkadang tenggorokan terasa kering bisa disebabkan karena daya tahan tubuh yang menurun. Untuk itu, kamu perlu mengurangi aktivitas, berhenti begadang, dan cukup istirahat. Khususnya di siang hari, kalau memang sempat, tidur siang juga ampuh mengurangi infeksi serta tenggorokan kering.

Selain melakukan semua tips di atas, pastikan juga kamu mengonsumsi makanan serta minuman yang bergizi. Bila perlu, konsumsi suplemen untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah kondisi tubuh yang memburuk.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Eka Amira Photo Community Writer Eka Amira

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You