Comscore Tracker

5 Nutrisi Esensial untuk Meningkatkan Kesuburan, Penting untuk Promil

Cukupi semua nutrisi ini, ya

Masalah kesuburan memengaruhi cukup banyak pasangan. Bagi sebagian orang, perjalanan untuk menjadi orang tua terkadang bisa menjadi tantangan besar atau jalan yang panjang. Akan tetapi, ketahuilah bahwa kamu tidak sendirian dan banyak, kok, yang bisa melewatinya dengan baik.

Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi kesuburan, salah satunya nutrisi. Terdapat beberapa nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kesuburan. Apa saja? Simak pemaparannya di bawah ini sampai tuntas, khususnya kamu yang sedang program hamil atau promil!

1. Zat besi

5 Nutrisi Esensial untuk Meningkatkan Kesuburan, Penting untuk Promililustrasi potongan daging merah (pexels.com/Lukas)

Mengonsumsi suplemen zat besi heme dan zat besi non-heme, dapat menurunkan risiko infertilitas ovulasi. Sebuah studi dalam Journal of Nutrition menyimpulkan bahwa zat besi heme tidak berpengaruh pada kesuburan dan non-heme memiliki beberapa manfaat bagi perempuan yang sudah mengalami kondisi defisiensi zat besi.

Meskipun suplementasi zat besi mungkin tidak diperlukan jika kamu sudah memiliki kadar zat besi yang sehat, tetapi memastikan kadar zat besimu dalam kadar normal adalah langkah yang baik.

Sumber zat besi non-heme lebih sulit diserap tubuh, jadi cobalah mengonsumsinya dengan makanan atau minuman tinggi vitamin C untuk meningkatkan penyerapan. Beberapa sumber zat besi adalah daging merah, hati, kacang merah, dan buah-buahan kering.

2. Protein dari sumber tertentu

5 Nutrisi Esensial untuk Meningkatkan Kesuburan, Penting untuk Promililustrasi kacang-kacangan (pixabay.com/ExplorerBob)

Mengganti sumber protein hewani dengan sumber protein nabati dapat menurunkan risiko infertilitas. Sebuah penelitian dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology menunjukkan bahwa saat lima persen dari total kalori berasal dari protein nabati, risiko infertilitas ovulasi menurun lebih dari 50 persen.

Studi lain dalam American Journal of Clinical Nutrition menyimpulkan bahwa makan lebih banyak ikan berkorelasi dengan kemungkinan kelahiran hidup yang lebih tinggi setelah perawatan infertilitas. Kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk mengganti beberapa sumber protein dalam diet dengan protein dari sayuran, kacang-kacangan, lentil, polong-polongan, dan ikan rendah merkuri.

Baca Juga: Susah untuk Hamil? Bisa Jadi 10 Hal Ini yang Menghambat Kesuburanmu

3. Serat

5 Nutrisi Esensial untuk Meningkatkan Kesuburan, Penting untuk Promililustrasi buah apel (pixabay.com/Alexas_Fotos)

Asupan serat yang cukup dapat membantu menghilangkan kelebihan hormon dan mengendalikan gula darah.

Jenis serat tertentu juga bisa menghilangkan kelebihan estrogen dengan mengikatnya di usus. Kelebihan estrogen ini lalu dibuang dari tubuh.

Beberapa contoh sumber serat yang baik adalah biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Rekomendasi asupan serat harian adalah 25 gram bagi perempuan dan 31 gram bagi laki-laki.

Satu studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan kaitan antara asupan sumber serat larut, seperti dari alpukat, ubi jalar, gandum, dan buah-buahan, dengan kadar estrogen dan progesteron yang lebih rendah. Serat larut dari buah terutama memiliki hubungan paling kuat dengan konsentrasi estrogen yang lebih rendah.

4. Antioksidan

5 Nutrisi Esensial untuk Meningkatkan Kesuburan, Penting untuk Promililustrasi cokelat (pexels.com/Vie Studio)

Antioksidan, seperti folat dan seng dapat meningkatkan kesuburan bagi laki-laki dan perempuan. Antioksidan memiliki fungsi menonaktifkan radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas sendiri bisa merusak sel sperma dan sel telur. Beberapa sumber antioksidan adalah cokelat hitam, bluberi, stroberi, goji berry, dan kale.

Satu studi dalam jurnal Biology of Reproduction yang dilakukan terhadap laki-laki dewasa muda menemukan bahwa makan 75 gram kenari kaya antioksidan per hari meningkatkan kualitas sperma.

Sementara itu, studi lain dalam jurnal Obstetrics and Gynecology yang dilakukan dengan mengamati 232 perempuan menunjukkan bahwa asupan folat yang lebih tinggi dikaitkan dengan tingkat implantasi, kehamilan klinis, dan kelahiran hidup yang lebih tinggi.

5. Magnesium

5 Nutrisi Esensial untuk Meningkatkan Kesuburan, Penting untuk Promililustrasi biji labu (pixabay.com/2102033)

Stres tidak hanya menyebabkan turunnya jumlah magnesium dalam tubuh, tetapi ketika tubuh kekurangan magnesium, ini dapat menyebabkan peningkatan kadar kortisol yang dikenal sebagai hormon stres. Ini bisa menjadi lingkaran setan antara stres dan magnesium yang dapat merusak keseimbangan hormon secara keseluruhan dan berdampak negatif pada kesehatan reproduksi.

Oleh sebab itu, asupan magnesium sangat penting untuk menjaga keseimbangan hormon, karena sangat penting untuk metabolisme estrogen dan jalur detoksifikasi. Dilansir Lara Briden, saat kita mendapatkan magnesium yang cukup, kita dapat mengatur respons stres, dan menormalkan aksi progesteron pada sistem saraf pusat. Ini memainkan peran dalam mengatur respons stres, menyeimbangkan gula darah, meningkatkan tidur dan membantu produksi hormon steroid.

Beberapa sumber magnesium terbaik, adalah biji bunga matahari, cokelat hitam, alpukat, kacang tanah, pisang, dan biji labu.

Jadi, jika kamu berencana mendapatkan keturunan dalam waktu dekat, jangan lupa cukupi semua asupan nutrisi di atas. Jangan lupa juga diskusikan rencanamu dengan dokter karena faktor lain, seperti gaya hidup dan kesehatan, juga sangat memengaruhi kesuburan.

Baca Juga: Bikin Khawatir, Ini 14 Penyebab Kemandulan pada Pria

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya