Comscore Tracker

5 Sumber Karbohidrat yang Cepat Turunkan Berat Badan, Cocok buat Diet!

Bisa jadi pengganti nasi maupun camilan

Selama ini, karbohidrat dianggap sebagai salah satu musuh utama bagi mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan. Tapi sebenarnya, karbohidrat merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga penting untuk tetap mengonsumsi karbohidrat.

Kabar baiknya, kamu bisa menurunkan berat badan, menjadi lebih sehat dan lebih kuat, dan merasa lebih baik dengan tetap mengonsumsi karbohidrat. Sebab, karbohidrat memiliki beberapa jenis, dan karbohidrat yang sehat adalah karbohidrat kompleks dan serat makanan.

Kedua jenis karbohidrat ini membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk diuraikan dibandingkan dengan karbohidrat sederhana, yang menghasilkan penurunan berat badan. Berikut ini adalah beberapa sumber karbohidrat yang dapat menurunkan berat badan.

1. Popcorn

5 Sumber Karbohidrat yang Cepat Turunkan Berat Badan, Cocok buat Diet!unsplash.com/Georgia Vagim

Gantikan keripik dengan popcorn saat kamu ingin ngemil. Dalam sebuah penelitian di Nutrition Journal yang membandingkan rasa kenyang jangka pendek dari dua camilan populer ini, peneliti makanan dan kesehatan menemukan bahwa sebagian besar relawan dilaporkan merasa kurang lapar dan lebih puas setelah makan popcorn.

Nah, jika kamu merasa lebih kenyang, kemungkinan kamu akan makan lebih sedikit dan mengonsumsi lebih sedikit kalori.

2. Kacang arab

5 Sumber Karbohidrat yang Cepat Turunkan Berat Badan, Cocok buat Diet!unsplash.com/Adrienne Leonard

Kacang arab harus menjadi salah satu camilan atau sumber karbohidrat andalan karena mengandung serat dan protein yang tinggi. Sebuah studi dalam Obesity (Silver Spring) menyatakan bahwa makan keluarga kacang-kacangan tertentu seperti kacang arab, kacang polong, dan lentil, dapat mencegah makan berlebihan dan membantu mengatur berat badan. 

Untuk menikmatinya, sebaiknya panggang beberapa kacang arab yang telah direndam, lalu tambahkan sedikit minyak dan bumbu favorit untuk membuat camilan renyah dan berbumbu yang disesuaikan dengan seleramu.

Baca Juga: Mau Punya Berat Badan Ideal? Ini Tips Pola Makan Sehat dari WHO

3. Blueberry

5 Sumber Karbohidrat yang Cepat Turunkan Berat Badan, Cocok buat Diet!unsplash.com/Joanna Kosinska

Secangkir blueberry mengandung sekitar 21 gram karbohidrat. Karbohidrat dalam blueberry sarat dengan polifenol, yaitu senyawa kimia yang mencegah pembentukan lemak dan secara aktif membakar lemak perut.

Sebuah studi dari University of Michigan menemukan bahwa tikus yang diberi bubuk blueberry sebagai bagian dari makanannya mengalami penurunan lemak perut dan kolesterol yang lebih rendah, bahkan ketika mereka makan makanan berlemak tinggi. Ini kemungkinan karena kandungan katekin dalam blueberry mengaktifkan gen pembakar lemak di sel lemak perut.

4. Ubi jalar

5 Sumber Karbohidrat yang Cepat Turunkan Berat Badan, Cocok buat Diet!pexels.com/Nastasya Day

Ubi jalar merupakan sumber karbohidrat yang juga bisa memuaskan keinginan makan makanan manis. Ubi jalar berukuran sedang mengandung sekitar 27 gram karbohidrat, tetapi telah terbukti dalam jurnal Diabetes, Obesity and Metabolism mampu meningkatkan kadar adiponektin, yaitu hormon yang mengatur gula darah dan membantu mendorong metabolisme lebih cepat.

Lebih jauh, ubi jalar juga merupakan makanan yang bebas lemak dan memiliki lebih sedikit kalori dan natrium dibandingkan kentang.

5. Sereal gandum utuh

5 Sumber Karbohidrat yang Cepat Turunkan Berat Badan, Cocok buat Diet!Unsplash.com/Calum Lewis

Sereal gandum utuh merupakan makanan yang secara alami mengandung rendah lemak dan tinggi serat, sehingga dapat menurunkan ukuran lingkar pinggang. Satu studi dalam Journal of Nutrition menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan yang mengonsumsi lebih banyak sereal gandum memiliki indeks massa tubuh yang jauh lebih rendah dan lemak perut yang lebih sedikit.

Lebih lanjut, studi tersebut mengambil bukti selangkah lebih maju dan menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak makanan gandum memiliki lemak perut yang lebih rendah.

 

Semua makanan di atas sangat cocok sebagai sumber karbohidrat untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, baik digunakan sebagai pengganti nasi maupun camilan sehat.

Baca Juga: Bikin Good Mood, 5 Makanan Sehat Ini Mampu Tingkatkan Kadar Serotonin

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya