Comscore Tracker

7 Khasiat Bubuk Jahe Kering untuk Tubuh, Mampu Menangkal Pilek

Sering dijadikan sebagai bumbu masakan dan ramuan herbal

Sejak zaman dahulu, jahe sudah sering dimanfaatkan manusia. Bukan hanya untuk menambah cita rasa masakan, melainkan juga sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Tak heran, jahe sudah menjadi kebutuhan banyak orang hingga saat ini.

Tanaman rimpang tersebut pun sering diolah menjadi bubuk jahe kering agar lebih mudah dimanfaatkan. Khasiatnya tidak bisa dipandang sebelah mata, lho. Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari bubuk jahe kering. Yuk, cari tahu di sini!

1. Menjaga kesehatan kulit

7 Khasiat Bubuk Jahe Kering untuk Tubuh, Mampu Menangkal Pilekilustrasi kulit sehat (pexels.com/Shiny Diamond)

Bubuk jahe ternyata baik untuk menjaga kesehatan kulit, lho. Dilansir Stylecraze, di dalamnya terkandung zat antiinflamasi yang bisa membantu mengencangkan pori-pori pada kulit wajah. Selain itu, bubuk jahe juga mengandung zat antibakteri yang berperan membunuh mikroba jahat di kulit.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa menggunakan bubuk jahe ini sebagai masker. Cukup campurkan bubuk jahe dan susu bubuk kemudian oleskan ke area wajah. Tunggu beberapa menit dan cucilah dengan air bersih.

2. Meredakan sakit perut

7 Khasiat Bubuk Jahe Kering untuk Tubuh, Mampu Menangkal Pilekilustrasi sakit perut (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jahe sudah dipercaya sejak zaman dahulu untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Salah satunya adalah mengobati gangguan pada sistem pencernaan. Sifat antiinflamasi yang terdapat pada bubuk jahe ternyata juga dapat meredakan rasa tidak nyaman di perut.

Selain itu, zat antiinflamasi juga membantu mengurangi gas dan menetralkan cairan yang ada di dalam lambung. Nah, apabila kamu mengalami masalah pencernaan, cobalah mengonsumsi air rebusan bubuk jahe sebelum makan. Ini dipercaya dapat membantu meringankan nyeri pada lambung.

3. Mencegah stroke dan penyakit jantung

7 Khasiat Bubuk Jahe Kering untuk Tubuh, Mampu Menangkal Pilekilustrasi jantung sehat (freepik.com)

Selain dapat meredakan nyeri pada lambung, bubuk jahe kering juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Itulah mengapa orang zaman dahulu memanfaatkan tanaman herbal ini sebagai obat-obatan.

Bubuk jahe ternyata mampu memperlancar sirkulasi darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, bubuk jahe juga mampu mencegah penyumbatan di dalam pembuluh darah. Hal ini akan mengurangi risiko munculnya gangguan stroke dan penyakit jantung.

4. Mempercepat metabolisme tubuh

7 Khasiat Bubuk Jahe Kering untuk Tubuh, Mampu Menangkal Pilekilustrasi mempercepat metabolisme tubuh (pixabay.com/Sasint)

Dilansir Stylecraze, bubuk jahe mengandung zat termogenik yang dapat membantu tubuh membakar lemak dan mencegah bertambahnya berat badan. Selain itu, bubuk jahe dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Itulah kenapa, jahe cocok dikonsumsi oleh orang yang mengalami gangguan obesitas.

Caranya cukup gampang. Kamu hanya perlu mengonsumsi tiga sendok makan bubuk jahe kering secara rutin. Lakukan sebanyak beberapa kali dalam 1 minggu. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bubuk jahe ke dalam masakan atau diolahan menjadi minuman. 

Baca Juga: #GiziLokal: 5 Manfaat Daun Ruku-Ruku, Bisa Redakan Stres

5. Meredakan batuk, pilek, dan sakit tenggorokan

7 Khasiat Bubuk Jahe Kering untuk Tubuh, Mampu Menangkal Pilekilustrasi batuk (freepik.com/Jcomp)

Apabila kamu mengalami gejala batuk, pilek, dan sakit tenggorokan, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi bubuk jahe. Dilansir laman Dr Health Benefits, kandungan gingerol dan shogaol di dalamnya berperan sebagai zat antiinflamasi yang bisa mengurangi gejala pilek dan gangguan pernapasan lainnya.

Yang perlu kamu lakukan adalah mencampurkan beberapa sendok bubuk jahe kering, bubuk cengkih, dan garam ke dalam sebuah wadah. Lalu, tambahan sedikit air hangat dan diaduk. Selanjutnya, konsumsilah secara rutin sampai gangguan yang kamu alami sembuh.

6. Meredakan sakit kepala

7 Khasiat Bubuk Jahe Kering untuk Tubuh, Mampu Menangkal Pilekilustrasi sakit kepala (freepik.com/Master1305)

Berikutnya, bubuk jahe ternyata juga mampu mengurangi sakit kepala, lho. Hal ini disebabkan adanya kandungan minyak alami dan zat antiinflamasi yang yang dapat meredakan rasa nyeri di kepala.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cara mengolah bubuk jahe tidak sesulit yang dibayangkan, kok. Untuk manfaat ini, kamu bisa mencampuran bubuk jahe dan perasan air lemon. Tambahkan sedikit air dan konsumsilah hingga rasa nyeri di kepala mereda.

7. Memperkuat imunitas tubuh

7 Khasiat Bubuk Jahe Kering untuk Tubuh, Mampu Menangkal Pilekilustrasi tubuh sehat (freepik.com/Benzoix)

Siapa sangka khasiat yang dimiliki bubuk jahe kering ternyata dapat baik untuk daya tahan tubuh. Dilansir Healthline, kandungan antioksidan dan zat antiinflamasi di dalam jahe dapat memperkuat daya tahan tubuh. Akibatnya, kita pun akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Buat kamu yang menginginkan tubuh tetap sehat dan terhindar dari gangguan mikroba jahat, ada baiknya mencoba memanfaatkan bubuk jahe ini untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Ada banyak cara memanfaatkan bubuk jahe kering ini. Misalnya dengan ditambah ke dalam masakan, dijadikan sebagai minuman herbal, dan dikonsumsi secara langsung.

Ternyata manfaat jahe yang diolah menjadi bubuk kering tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan saja, melainkan juga sebagai pengobatan herbal untuk menangani gangguan penyakit. Yuk, cobain di rumah!

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tanaman Jahe, Bumbu Dapur yang Beraroma Khas

Fauzan Fadhilah Photo Verified Writer Fauzan Fadhilah

"Tak harus menjadi seperti orang lain, karena kita memiliki ranahnya masing-masing."

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya