Comscore Tracker

5 Khasiat Daun Tapak Dara, Tanaman Hias Pengusir Batuk dan Pilek

Indah dan bermanfaat

Berasal dari Madgascar, tapak dara yang memiliki nama latin Catharanthus roseus mulai menyebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Memiliki bunga dengan warna indah, daun tapak dara sudah banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai pengobatan alami gangguan kesehatan. Karena bunganya yang berwarna indah dan ceria, tapak dara banyak dijadikan sebagai tanaman hias di depan pekarangan rumah. Memiliki kandungan vincamine, locherine, alkaloid, daun tapak dara memiliki banyak khasiat yang beberapa di antaranya adalah;

1. Menghilangkan kepenatan akibat stres berat

5 Khasiat Daun Tapak Dara, Tanaman Hias Pengusir Batuk dan PilekPixabay.com/HolgersFotografie

Stres yang berkepanjangan tentu saja akan berakibat pada gangguan kesehatan fisik dan psikis yang membahayakan. Selain memiliki pola pikir dan gaya hidup yang sehat, kamu juga patut mencoba daun tapak dara sebagai salah satu pereda stres. Ampuh membuat pikiran menjadi tenang dan rileks, tapak dara bisa membuat hari-harimu menjadi lebih berkualitas.

2. Ampuh mengatasi batuk dan pilek

5 Khasiat Daun Tapak Dara, Tanaman Hias Pengusir Batuk dan Pilekideahacks.com

Bisa dialami setiap orang, batuk dan pilek biasanya akan menyerang saat kamu tidak memiliki sistem imun yang cukup kuat. Saat kamu sudah terjangkit batuk dan pilek, daun tapak dara bisa kamu jadikan obat alternatif untuk mengatasinya. Cukup keringkan dan jadikan teh, kamu bisa mengonsumsinya secara teratur.

3. Mengatasi demam tinggi yang berakibat kejang-kejang

5 Khasiat Daun Tapak Dara, Tanaman Hias Pengusir Batuk dan Pilekprocaffenation.com

Bukan hanya balita yang mengalami kejang-kejang akibat demam ekstrem, orang dewasa juga bisa mengalami saat kesehatannya sudah ambruk. Kamu bisa mencoba mengonsumsi daun tapak dara untuk mengatasi demam tinggi yang berakibat fatal pada kesehatan. Demam tinggi jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, akan menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih serius.

Baca Juga: 6 Tanaman Hias yang Bisa Mengurangi Stres Kamu!

4. Mujarab mengobati bisul, borok, dan gondok

5 Khasiat Daun Tapak Dara, Tanaman Hias Pengusir Batuk dan Pileknhs.uk

Sebagai obat luar, daun tapak dara juga sangat ampuh mengatasi bisul, borok, luka, dan gondok pada beberapa bagian tubuh. Cukup lumatkan daun tapak dara pada bagian yang terkena penyakit, maka segala keluhan kesehatan akan teratasi dengan segera. Kesehatan kulit yang terjaga akan mendongkrak rasa percaya dirimu mengenai penampilan bukan?

5. Menenangkan otak sehingga tidur bisa lebih lelap

5 Khasiat Daun Tapak Dara, Tanaman Hias Pengusir Batuk dan PilekPixabay.com/cuncon

Gangguan tidur atau insomnia biasanya banyak dialami oleh hampir sebagian besar generasi millennials. Bukan hanya karena keberadaan gadget, pola pikir yang kurang sehat juga bisa memicu terjadinya insomnia. Sebagai salah satu pengobatannya, kamu perlu mencoba daun tapak dara untuk mengatasi gangguan tidur. Dijamin, kegiatan tidurmu bisa menjadi lebih berkualitas dan sehat.

Meski bisa dijadikan tanaman hias, kamu jangan melupakan khasiat mujarab daun tapak dara ya?

Baca Juga: 7 Tanaman Hias Ini Mudah Dirawat di Halaman Rumah, Coba Pelihara Deh!

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You