Comscore Tracker

Tidur Semalam Terganggu? Ini 6 Tips Supaya Bisa Kembali Tidur Nyenyak 

Tanpa mengacaukan pola tidur!  

Kamu pasti pernah tiba-tiba sulit tidur saat malam hari dan bangun pagi harinya merasa loyo dan super mengantuk. Harimu pun jadi kacau, belum lagi pola tidurmu yang jadi terganggu karenanya. Padahal memperbaiki pola tidur gak segampang itu dan butuh waktu. 

Lalu, bagaimana caranya bisa tetap beraktivitas normal saat kurang tidur dan kembali tidur nyenyak tanpa harus mengacaukan pola tidur? Simak enam tipsnya berikut ini!

1. Langsung bangun begitu jam weker berdering

Tidur Semalam Terganggu? Ini 6 Tips Supaya Bisa Kembali Tidur Nyenyak Freepik/freepik

Tidur malam yang gak nyenyak pasti akan membuatmu sulit bangun begitu pagi menjelang. Kamu pasti tergoda untuk mematikan jam beker dan kembali bermimpi. Sayangnya, itu justru akan mengacaukan jam tidurmu.

Bangun tepat waktu setiap hari adalah salah satu kunci untuk menjaga ritme jam tubuhmu. Sekalipun tidurmu terganggu tadi malam, pastikan kamu tetap bangun pada waktunya. Dengan begini pola tidurmu jadi gak terganggu. 

2. Jangan hindari sinar matahari

Tidur Semalam Terganggu? Ini 6 Tips Supaya Bisa Kembali Tidur Nyenyak Freepik/freepik

Sinar matahari merupakan cahaya alami yang bisa bantu menekan produksi melatonin alias hormon tidur. Membiarkan tubuhmu terkena sinar matahari bisa bantu mengusir rasa kantuk berlebihan. Jadi, segera buka jendela begitu bangun supaya sinar matahari bisa masuk. Paparkan tubuhmu pada sinar matahari pagi yang hangat.

Selain mengusir kantuk, laman Health juga menuturkan kalau sinar matahari bisa meningkatkan mood. Kamu bisa lebih bersemangat menjalani hari sekalipun kurang tidur. 

3. Hindari terlalu banyak minum kafein

Tidur Semalam Terganggu? Ini 6 Tips Supaya Bisa Kembali Tidur Nyenyak freepik.com/rawpixel.com

Kurang tidur pasti membuatmu tergoda untuk minum kopi atau minuman berkafein lainnya sampai bercangkir-cangkir. Harapannya supaya kamu tetap melek dan berenergi.

Sayangnya, terlalu banyak minum kafein malah memperbesar kemungkinan kamu sulit tertidur begitu jam tidurmu menjelang. Yang ada jam tidurmu malah makin gak karuan. Minumlah kopi atau minuman berkafein sewajarnya, sesuai dengan jumlah yang biasa kamu konsumsi setiap hari.

Baca Juga: Mau Tidur Lebih Nyaman? Perhatikan 5 Hal Ini Saat Beli Peralatan Tidur

4. Tidur siang 20 menit

Tidur Semalam Terganggu? Ini 6 Tips Supaya Bisa Kembali Tidur Nyenyak freepik.com/karlyukav

Usai makan siang adalah jam-jam rawan kamu merasa super mengantuk. Daripada minum terlalu banyak kafein, cobalah tidur sejenak barang 10-20 menit. Power nap pada rentang waktu ini bisa membuatmu lebih siaga dan bersemangat, juga mengurangi rasa lelah. Lebih dari itu, kamu akan merasa loyo karena menurut laman Science of People, tubuhmu masih beristirahat dan otakmu masih belum bangun seutuhnya.

Kalau kamu punya banyak waktu untuk beristirahat, tidurlah selama 90 menit di mana kamu memasuki tahap REM (rapid eye movement) dan memenuhi siklus tidur penuh. 

5. Lakukan hal yang energik

Tidur Semalam Terganggu? Ini 6 Tips Supaya Bisa Kembali Tidur Nyenyak Freepik/pressfoto

Ada kalanya kamu gak punya kesempatan untuk tidur sejenak atau minum kopi. Untuk melawan rasa mengantuk di siang hari, kamu bisa melakukan aktivitas yang energik. Kamu bisa coba naik turun tangga, jalan kaki, atau melakukan olahraga kecil-kecilan. Gak usah sampai ngos-ngosan. Pokoknya kamu bergerak aktif untuk melancarkan aliran darahmu. 

6. Tidur tepat pada waktunya

Tidur Semalam Terganggu? Ini 6 Tips Supaya Bisa Kembali Tidur Nyenyak freepik/yanalya

Begitu malam menjelang, kamu pasti tergoda untuk tidur lebih awal. Bangun terlambat dan tidur terlalu awal adalah resep untuk mengacaukan jam tidurmu. Cobalah untuk tetap terjaga. Lakukan persiapan tidur yang membuatmu tenang seperti membaca buku, mendengarkan musik atau podcast, dan lain-lain. Hindari menatap layar HP secara berlebihan yang malah bikin kamu sulit tidur. Tidurlah begitu waktu tidurmu menjelang, maka kamu akan terbangun tepat waktu keesokan paginya dengan tubuh dan pikiran yang segar!

Menjaga pola tidur adalah salah satu kunci untuk tetap sehat, baik secara fisik maupun mental. Sebisa mungkin jagalah pola tidurmu sekalipun kamu sedang mengalami sulit tidur. Kalau gangguan tidurmu tidak teratasi, gak ada salahnya kamu konsultasi ke dokter.

Baca Juga: Sering Insomnia? Lakukan 5 Hal Ini agar Bisa Tidur Lelap di Malam Hari

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya