Comscore Tracker

5 Gangguan Kesehatan yang Bisa Kamu Dapat Saat Coba Diet Ekstrem!

Duh ngeri!

Diet memang sering dijadikan alternatif untuk mengurangi berat badan. Pasalnya diet memang memiliki berbagai manfaat apalagi bila berat badanmu sudah mencapai angka obesitas. Namun diet secara berlebihan juga kurang baik dan tidak menyehatkan.

Berikut 5 gangguan kesehatan  yang akan kamu dapat saat diet berlebihan, sudah tahu?

1. Rambut rontok

5 Gangguan Kesehatan yang Bisa Kamu Dapat Saat Coba Diet Ekstrem!Pexels/Skitterphoto

Salah satu gangguan kesehatan yang akan kamu dapat dengan diet ekstrem adalah rambut menjadi mudah rontok. Hal ini disebabkan kurangnya asupan nutrisi bagi rambut yang akhirnya membuat rambut menjadi rontok.

Meskipun komponen utama rambut adalah protein, tetapi rambut pun butuh asupan zat lain seperti kalsium, zat besi dan lainnya yang bisa didapat dari makanan.

2. Sembelit

5 Gangguan Kesehatan yang Bisa Kamu Dapat Saat Coba Diet Ekstrem!123rf.com/Shao-Chun Wang

Jangan dikira bila diet berlebihan tidak akan menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Faktanya jika kamu kelaparan maka masalah sembelit bisa saja hadir karena asupan serat dalam tubuh menjadi kurang. Alhasil sembelit atau konstipasi pun terjadi dan masalah ini bisa saja melebar dan menyebabkan penyakit lain seperti ambeien jika pola diet macam ini terus kamu lakukan.

Baca Juga: Berapa Hari Kamu Bisa Bertahan dengan Diet Keto? Ketahui Lewat Kuis Ini!

3. Sulit hamil

5 Gangguan Kesehatan yang Bisa Kamu Dapat Saat Coba Diet Ekstrem!mumsgrapevine.com.au

Jika kamu sedang dalam program hamil maka diet berlebihan bisa saja membuatmu sulit hamil. Hal ini karena saat tubuh kekurangan nutrisi maka siklus menstruasi pun jadi tidak teratur karena asupan zat besi menjadi sedikit. Kalau sudah begini tentunya keinginanmu untuk cepat hamil pun menjadi sulit. Seberapa pun gemuknya kamu, diet berlebihan adalah hal yang buruk.

4. Mudah emosi

5 Gangguan Kesehatan yang Bisa Kamu Dapat Saat Coba Diet Ekstrem!Pexels/Craig Aderley

Ketika dalam kondisi lapar biasanya siapapun akan mudah marah apalagi bila kamu sering menahan lapar dan melakukan diet berlebihan. Saat lapar biasanya tubuh akan mengeluarkan hormon serotonin sehingga kamu akan lebih sensitif dan mudah marah. Tentunya kondisi ini kurang baik apalagi bila orang lain yang tidak bersalah dijadikan pelampiasan amarahmu.

5. Gula darah turun drastis

5 Gangguan Kesehatan yang Bisa Kamu Dapat Saat Coba Diet Ekstrem!zeenews.india.com

Glukosa penting untuk energi dan tenaga sehari-hari. Saat kamu kekurangan glukosa karena diet berlebihan maka kamu akan merasa pusing mual dan bisa saja pingsan. Kadar gula darah yang rendah terus-terusan pun bisa menyebabkan penyakit jantung hadir. Kalau sudah begini tentunya masalah kesehatan yang kamu dapatkan bisa serius.

Itulah bahaya yang bisa terjadi jika kamu melakukan diet ekstrem. Jauhi ya!

Baca Juga: Ini 7 Makanan Sehat yang Kalorinya Hampir Nol, Cocok Buat Diet!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya