Comscore Tracker

Hati-hati, Ini 5 Bahaya yang Timbul Saat Olahraga Terlalu Berlebihan!

Meski sehat, namun jangan dilakukan berlebihan ya

Olahraga memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh dari membakar lemak bahkan membantu tubuh menjadi bugar. Namun olahraga juga harus memiliki porsi yang seimbang dan tidak berlebihan dan terlalu lama karena ada dampak bahayanya.

Berikut bahaya saat olahraga berlebihan yang harus kamu perhatikan, hati-hati ya!

1. Amenorrhea

Hati-hati, Ini 5 Bahaya yang Timbul Saat Olahraga Terlalu Berlebihan!nextshark.com

Tak banyak yang tahu saat terlalu berlebihan olahraga justru malah membuat kamu mengalami amenorhea. Kondisi ini merupakan kondisi dimana kamu tidak mengalami menstruasi karena terjadinya kelainan pada hormon. Bahkan kondisi ini bisa menyebabkan hal yang serius dan juga menyebabkan kelainan pada tulang.

Beberapa kasus menunjukkan amonerhea bisa menyebabkan seorang gadis telat puber atau telat menstruasi.

2. Insomnia

Hati-hati, Ini 5 Bahaya yang Timbul Saat Olahraga Terlalu Berlebihan!verywellhealth.com

Kebanyakan olahraga juga bisa menyebabkan kamu sulit tidur atau insomnia. Hal ini karena tubuh mengeluarkan 3 hormon seperti hormon kortisol, adrenalin, dan norepinephrine dan ketika semuanya bersinergi akan mempercepat aliran darah dan meningkatkan kewaspadaan sehingga kamu jadi sulit untuk tidur.

Apapun yang terjadi, lakukan olahraga secukupnya saja alias jangan berlebihan!

Baca Juga: 5 Manfaat Kesehatan Olahraga sebelum Tidur, Yuk Jadikan Rutinitas!

3. Otot sakit

Hati-hati, Ini 5 Bahaya yang Timbul Saat Olahraga Terlalu Berlebihan!leaphealthandwellbeing.com.au

Bukan hal yang aneh jika terlalu banyak olahraga akan menyebabkan otot menjadi sakit. Hal ini karena jaringan menjadi meradang karena otot serta persendian terlalu banyak bergerak.

Pemulihan bisa dilakukan dengan istirahat sementara dari olahraga dan saat radang jaringan tubuh membaik tentunya kamu bisa mulai lagi berolahraga. Namun pastikan tidak berlebihan ya.

4. Detak jantung tidak normal

Hati-hati, Ini 5 Bahaya yang Timbul Saat Olahraga Terlalu Berlebihan!health.harvard.edu

Terlalu banyak olahraga pun akan meningkatkan detak jantung. Hal ini karena terjadinya ketidakseimbangan dalam tubuh, turunnya kadar elektrolit, hingga dehidrasi sehingga detak jantung akan cenderung menjadi cepat dan bila terus dibiarkan kamu akan mengalami penyakit kardiovaskular yang jelas berbahaya.

5. Lemas

Hati-hati, Ini 5 Bahaya yang Timbul Saat Olahraga Terlalu Berlebihan!blog.typeathought.com

Terlalu banyak olahraga pun akan membuat tubuh menjadi lemas karena terjadinya kelelahan otot. Hal ini jelas berbahaya bila kamu biarkan karena kelelahan otot akan menyebabkan depresi bahkan penurunan nafsu makan.

Olahraga memang mampu memberikan manfaat sehat baik untuk fisik maupun mental. Namun jangan dilakukan secara berlebihan demi kebaikanmu sendiri.

Baca Juga: Ini 7 Olahraga Ringan yang Paling Cocok untuk Orang Sibuk, Gak Ribet!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya