Comscore Tracker

5 Manfaat Kesehatan Olahraga sebelum Tidur, Yuk Jadikan Rutinitas!

Alternatif buat kamu yang gak sempat olahraga pagi

Olahraga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Oleh karena itu, sangat penting untuk rutin melakukan olahraga. Umumnya, orang-orang melakukan olahraga di pagi hari karena di waktu tersebut matahari belum benar-benar terbit dan suasana juga masih sepi sehingga udara terasa sejuk dan bebas polusi.

Tapi untuk kamu yang tidak punya waktu untuk olahraga di pagi hari, bukan berarti kamu bisa melewatkan olahraga sama sekali. Kamu tetap perlu melakukan olahraga di waktu lain, misalnya di malam hari sebelum tidur. Olahraga apa pun jenisnya dan kapan saja waktu dilakukannya tetap memiliki manfaat bagi tubuh.

Walaupun saat berolahraga di malam hari kamu tidak bisa merasakan sejuknya udara pagi yang bebas polusi, tapi olahraga sebelum tidur malam juga memiliki keunggulan yang tidak kalah dahsyat. Berikut ini beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dari berolahraga sebelum tidur.

1. Meningkatkan kesehatan mental

5 Manfaat Kesehatan Olahraga sebelum Tidur, Yuk Jadikan Rutinitas!gromaudio.com

Olahraga sebelum tidur bermanfaat bagi kesehatan mental karena terbukti membuat otak lebih kuat dan sehat sehingga kamu dapat menangani stres dengan lebih baik.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, aktivitas fisik dapat meningkatkan hormon yang memicu mood positif yang disebut endorfin. Juga meningkatkan norepinefrin yang membuat tubuh lebih mudah mengendalikan emosi dan pikiran.

2. Mengatasi kekakuan pada tubuh bagian belakang seperti leher, pundak, dan punggung

5 Manfaat Kesehatan Olahraga sebelum Tidur, Yuk Jadikan Rutinitas!samacharnama.com

Duduk di depan komputer atau berdiri sepanjang hari berisiko membuat leher, bahu, punggung, dan pinggul mengalami kekakuan. Ditambah lagi, jika kamu memiliki aktivitas yang sangat padat sehingga tidak sempat berolahraga, masalah kekakuan tubuh bagian belakang bisa semakin parah.

Melakukan olahraga ringan sebelum tidur bisa sangat membantu mengatasi masalah ini. Tipsnya, kamu perlu fokus pada peregangan.

Dikutip dari Healthline, peregangan memiliki manfaat untuk meredakan ketegangan otot dan sendi yang memicu sakit pada bagian leher dan punggung.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Seputar Olahraga Sumo Kebanggaan Orang Jepang

3. Mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur

5 Manfaat Kesehatan Olahraga sebelum Tidur, Yuk Jadikan Rutinitas!unsplash.com/bruce mars

Tekanan pekerjaan dan kehidupan yang super dinamis meningkatkan risiko stres dan masalah mental lainnya yang akan memengaruhi kualitas tidur dan kesehatan. Nah, olahraga sebelum tidur sangat baik untuk kamu yang mengalami masalah tidur seperti insomnia.

Menurut National Sleep Foundation, kamu bisa melakukan olahraga ringan tiga jam sebelum tidur. Manfaat ini merupakan efek lanjutan dari berkurangnya kadar hormon stres yaitu kortisol dalam tubuh yang membuat kamu lebih rileks dan lebih mudah tertidur.

4. Meningkatkan performa latihan, kamu pun dapat melihat hasilnya dengan lebih cepat

5 Manfaat Kesehatan Olahraga sebelum Tidur, Yuk Jadikan Rutinitas!myfitnesspal.com

Menurut sebuah studi yang dilakukan di University of Birmingham Inggris, kinerja kita memuncak 11 jam setelah bangun tidur. Sebagai lanjutan, di waktu tersebut orang-orang mampu berolahraga hingga 20 persen lebih lama dan pada intensitas yang lebih tinggi.

Nah, jika kamu melakukan olahraga dengan lebih lama dan lebih kuat, maka sudah pasti kamu akan bisa merasakan manfaat dan perubahan pada tubuh dengan lebih cepat.

5. Pembentukan otot lebih optimal, cocok untuk kamu yang suka berolahraga dengan tujuan mendapatkan postur ideal

5 Manfaat Kesehatan Olahraga sebelum Tidur, Yuk Jadikan Rutinitas!expertise.com

Menurut Heather Webb, kinesiologis di Texas A&M University, fungsi otot dan kekuatan memuncak di malam hari. Selain itu pada malam hari terjadi peningkatan hormon testosteron yang mempercepat perkembangan otot.

Sebaliknya, pada siang hari kadar hormon kortisol dalam tubuh cukup tinggi sehingga memperlambat pertumbuhan otot. Penelitian ini membuktikan bahwa olahraga di malam hari adalah yang paling efektif untuk mengoptimalkan pembentukan otot.

Nah, itu tadi beberapa manfaat olahraga sebelum tidur.

Untuk kamu yang memiliki aktivitas padat dan merasa olahraga sebelum tidur terlalu melelahkan, kamu tidak perlu melakukan olahraga intensitas tinggi seperti aerobik. Olahraga ringan seperti yoga, pilates, atau peregangan sudah sangat cukup untuk memberikan kamu manfaat. Yang terpenting adalah kamu tetap konsisten dan menjadikannya sebagai kebiasaan.

Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tips Berolahraga yang Baik Bagi Penderita GERD, Jangan Asal!

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You