Comscore Tracker

5 Kandungan dalam Produk Kecantikan yang Bikin Lembap, Catat Dulu!

Jangan biarkan kulit kamu jadi kering dan kurang hidrasi

Memiliki kondisi kulit kering merupakan salah satu masalah yang mengganggu penampilan. Oleh sebab itu perawatannya pun perlu dimaksimalkan. Selain memperhatikan jam istirahat, kondisi stres, atau makanan, kamu juga memerlukan perawatan dari luar.

Walau begitu, produk yang digunakan pun tidak bisa sembarangan. Baiknya gunakan produk perawatan yang mengandung bahan pelembap di dalamnya.

Macam-macam kandungan tersebut bisa berupa aloe vera atau lainnya, seperti lima bahan populer dalam produk skincare berikut ini.

1. Aloe vera

5 Kandungan dalam Produk Kecantikan yang Bikin Lembap, Catat Dulu!ilustrasi tanaman lidah buaya (pexels.com/Cintia Siqueira)

Di Indonesia, istilah aloe vera lebih dikenal sebagai lidah buaya yang memiliki karakteristik tanaman dengan tekstur agak keras dan gel unik di balik kulitnya yang kehijauan. Siapa sangka kalau lidah buaya ternyata laris manis dipakai sebagai bahan pelembap untuk produk kecantikan tertentu.

Humectants yang terkandung di dalam lidah buaya seringkali dimanfaatkan sebagai sumber pelembap alami untuk kulit. Selain itu, diketahui bahwa gel pada lidah buaya dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan jaringan lebih cepat, sehingga proses penyembuhan masalah pada kulit akan terasa maksimal.

2. Petroleum jelly

5 Kandungan dalam Produk Kecantikan yang Bikin Lembap, Catat Dulu!ilustrasi produk perawatan digunakan pada kaki (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Saat muncul iklan produk perawatan diri yang mampu membuat kulit terasa lembap, umumnya nama petroleum sering disertakan sebagai bahan andalan. Healthline menjelaskan bahwa petroleum jelly adalah gabungan dari mineral oil dan minyak.

Kandungan dalam petroleum digunakan dalam produk kecantikan atau perawatan diri karena bisa menjaga kelembapan kulit. Selain itu, kandungan petroleum jelly pun efektif untuk membantu masalah lainnya, seperti luka pada kulit dalam level yang ringan.

Baca Juga: 5 Manfaat Air Kelapa untuk Perawatan Rambut, Atasi Ketombe

3. Shea butter

5 Kandungan dalam Produk Kecantikan yang Bikin Lembap, Catat Dulu!ilustrasi produk shea butter (pexels.com/Dana Tentis)

Shea butter seringkali dijadikan formula andalan untuk mengatasi masalah-masalah kulit. Seperti kurang hidrasi, ketombe di kulit kepala, kulit terbakar sinar matahari, dan lainnya. Makanya tidak mengherankan apabila kandungan shea butter selalu ditemukan dalam produk pelembap.

Secara sederhana, shea butter merupakan kandungan lemak yang diambil dari pohon shea. Kemudian diekstraksi dan distribusikan sebagai bahan pembuatan macam-macam produk kecantikan. Menurut Healthline, shea butter akan membantu mendorong produksi kolagen dan cocok untuk berbagai jenis kondisi kulit.

4. Ceramides

5 Kandungan dalam Produk Kecantikan yang Bikin Lembap, Catat Dulu!ilustrasi produk kecantikan di atas tangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kandungan ceramide dalam produk kecantikan saat ini sedang digandrungi. Tak mengherankan, mengingat bahan tersebut sukses memberi kelembapan pada kulit yang kurang hidrasi. Umumnya ceramide digunakan dalam moisturizer atau body lotion.

Ceramide sendiri merupakan lemak alami yang disebut sebagai lipid. Keberadaannya mampu mempertahankan kelembapan kulit agar terhindar dari kondisi kering dan iritasi.

Secara alami ceramide dapat ditemukan pada kulit, namun kadarnya akan berbeda dari satu orang dengan yang lain. Terutama jika kulitmu sering terpapar sinar matahari.

5. Hyaluronic acid

5 Kandungan dalam Produk Kecantikan yang Bikin Lembap, Catat Dulu!ilustrasi produk kecantikan di atas jari (pexels.com/Monstera)

Hyaluronic acid menjadi bahan berikutnya yang sering menjadi formula untuk membantu melembapkan kulit. Keberadaan komponen tersebut akan lebih banyak ditemukan pada produk serum wajah, sebab hyaluronic acid dapat bantu memperbaiki skin barrier.

Di sisi lain, kandungan hyaluronic acid dalam produk kecantikan merupakan bahan alami yang juga dapat membantu masalah-masalah yang terkait dengan kondisi kulit. Seperti mencegah penuaan, meningkatkan elastisitas kulit, dan menenangkan kemerahan di kulit.

Kondisi kulit yang kering memang terkadang mengganggu penampilan. Selain kurang baik untuk kesehatan kulit, keberadaan kondisi tersebut pun akan menyulitkan ketika hendak mengaplikasikan makeup ataupun produk perawatan lainnya.

Oleh sebab itu, bila mengalami kondisi kulit kering yang kurang terhidrasi, kamu dapat memilih produk perawatan dengan kandungan bahan-bahan di atas. Ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk mendukung supaya kulit kamu jadi tampak sehat dan lembap.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Produk Perawatan untuk Mencerahkan Area Kulit Ketiak 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya