Comscore Tracker

5 Item Kamar Mandi yang Harus Dibersihkan dan Diganti Secara Rutin

Kamu ganti handuk setiap kapan, nih? 

Kamar mandi dan segala item yang disimpan di dalamnya mungkin terlihat bersih, tetapi sebenarnya ada banyak rambut, sel-sel kulit mati, dan potongan-potongan kotor lainnya. Belum lagi, area yang lembap menjadi tempat favorit perkembangbiakan jamur dan bakteri. 

Oleh karena itu, selain membersihkan kamar mandi secara rutin, kamu juga harus mengganti segala sesuatu yang disimpan di dalamnya. Berikut adalah lima item kamar mandi yang harus diganti secara rutin.

1. Spons mandi

5 Item Kamar Mandi yang Harus Dibersihkan dan Diganti Secara Rutinilustrasi spons mandi (freepik.com/freepik)

Menggosok kulit dengan spons mandi setiap hari dapat menyebabkan sel-sel kulit mati terjebak dalam jaring-jaring. Tak heran jika spons mandi adalah tempat berkembang biak untuk bakteri, jamur, dan inang dari semua sel kulit mati yang kamu gosok dalam pencucian sebelumnya.

Oleh karena itu, pastikan untuk membilasnya dengan baik setiap selesai digunakan. Ganti spons mandi setiap 3-4 minggu sekali. Atau bisa juga setiap kali kamu melihat penumpukan residu produk dan spons sudah mulai bau. 

Kamu juga dapat membantu memperpanjang umur spons mandi dengan merendamnya dalam cuka putih setiap minggu. Lalu, segera meletakkannya di tempat kering setiap setelah menggunakan.

2. Sikat gigi

5 Item Kamar Mandi yang Harus Dibersihkan dan Diganti Secara Rutinilustrasi sikar gigi (pexels.com/Karolina Grabowska)

Bulu pada sikat gigi seiring waktu akan usang dan tidak dapat lagi membersihkan gigi dengan efektif. Selain itu, bakteri yang ada dari mulut juga akan menumpuk di antara bulu. Itulah mengapa sangat penting untuk mengganti sikat gigi  secara teratur.

Ganti sikat gigi setiap 3-4 bulan atau setelah kamu merasa sakit saat menggosok gigi. Kamu juga harus mengganti segera setelah bulunya sudah usang dan berjumbai.

Baca Juga: 9 Inspirasi Desain Kamar Mandi Space Terbatas, Aesthetic!

3. Keset kamar mandi

5 Item Kamar Mandi yang Harus Dibersihkan dan Diganti Secara Rutinilustrasi keset kamar mandi (unsplash.com/Filios Sazeides)

Keset kamar mandi berpotensi menjadi tempat berkembangnya jamur karena lingkungannya yang lembab. Jadi, pastikan untuk mencucinya secara teratur. 

Beberapa keset kamar mandi memiliki bahan yang hanya bisa dicuci dengan tangan, sementara yang lain aman dimasukkan ke mesin cuci. Oleh karena itu, periksa perawatan keset kamar mandi milikmu terlebih dahulu. Semakin mudah untuk mencuci dan mengeringkannya, maka semakin baik. Ganti keset saat sudah terlihat rusak, atau jika tidak dapat menyerap dengan baik lagi.

4. Handuk mandi

5 Item Kamar Mandi yang Harus Dibersihkan dan Diganti Secara Rutinilustrasi handuk mandi (unsplash.com/Denny Muller)

Jika dilakukan dengan perawatan yang tepat, handuk mandi dapat bertahan hingga bertahun-tahun. Sebaiknya, cuci handuk mandi setelah dilakukan tiga kali penggunaan.

Namun, ketika handuk sudah tidak lunak dan tidak menyerap dengan baik lagi, atau ketika sudah berbau apek bahkan setelah dicuci, maka sudah saatnya untuk membeli yang baru.

5. Sikat toilet

5 Item Kamar Mandi yang Harus Dibersihkan dan Diganti Secara RutinIlustrasi sikat toilet (unsplash.com/Karolina Grabowska)

Sikat toilet adalah salah satu alat yang memiliki pekerjaan paling kotor karena harus membersihkan bakteri, kotoran, dan tinja. Pastikan untuk menjaganya tetap bersih dengan merendamnya setiap minggu dalam air panas yang dicampur dengan cuka atau pemutih.

Ganti sikat toilet jika bulunya mulai rusak atau jika seseorang di rumah mengalami flu perut. Pastikan pula untuk selalu membersihkan tempat sikat toilet, ya!

Bagaimanapun juga, kebersihan kamar mandi harus sangat diperhatikan. Jika kita tidak berhati-hati, bakteri dan kuman dapat menumpuk dan membuat kita sakit.

Baca Juga: 7 Mikroorganisme yang Bisa Menempel di Sikat Gigi, Sebabkan Penyakit!

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya