Comscore Tracker

Nyeri Punggung Setiap Bangun Pagi? Kenali 5 Penyebabnya

Disebabkan oleh berbagai hal

Nyeri punggung kadang-kadang hanya berupa masalah kecil yang bisa diatasi dengan hal-hal sederhana. Namun, bisa juga menjadi sesuatu yang mengharuskan kamu memeriksakannya ke dokter. Oleh karena itu, jika kamu sering mengalami nyeri punggung setiap pagi, kenali dulu beberapa penyebabnya seperti yang dilansir dari laman health24.com berikut ini.

1. Kasur yang salah

Nyeri Punggung Setiap Bangun Pagi? Kenali 5 Penyebabnyayaasa.com

Kasur bisa menjadi penyebab nyeri punggung yang kamu alami. Mungkin terdengar sepele, tapi pemilihan kasur yang tepat bisa membantu seseorang tidur nyenyak dan bangun dengan tubuh segar. Tidur di kasur yang salah bukan hanya membuat tidur tidak nyenyak, tapi juga bisa menyebabkan nyeri punggung saat bangun. Oleh karena itu, pilihlah kasur yang nyaman supaya kamu bisa bangun tanpa merasakan sakit punggung lagi.

2. Radang nyeri punggung

Nyeri Punggung Setiap Bangun Pagi? Kenali 5 Penyebabnyareverehealth.com

Ini merupakan kondisi langka yang ditandai dengan peradangan pada sendi sakroiliaka dan tulang belakang bagian bawah. Biasanya hal ini bisa menjadi serius. Berdasarkan penelitian, radang nyeri punggung telah dikaitkan dengan gangguan nyeri aksial kronis lainnya, seperti rheumatoid arthritis, penyakit radang usus dan psoriasis. Radang nyeri punggung akan semakin parah jika penderitanya tidak melakukan banyak aktivitas. Memeriksakan diri ke dokter adalah hal terbaik.

3. Terlalu lama bekerja sambil duduk

Nyeri Punggung Setiap Bangun Pagi? Kenali 5 Penyebabnyahoctrilieu.com

Terlalu lama bekerja dalam posisi duduk sebenarnya bukanlah hal yang baik. Punggung akan terasa kaku dan nyeri bahkan ketika bangun tidur. Apalagi jika kamu bekerja di depan komputer terlalu lama dengan posisi yang salah. Untuk meminimalisir rasa nyeri di punggung karena bekerja di depan komputer sambil duduk terlalu lama, kamu harus duduk dengan posisi yang tepat. Duduk tegak dan lurus ke depan bisa mengurangi risiko nyeri punggung terjadi.

Baca Juga: 5 Postur Tidur Ini Bantu Kurangi Rasa Nyeri Punggung

4. Kesalahan olahraga

Nyeri Punggung Setiap Bangun Pagi? Kenali 5 Penyebabnyawww.shape.com

Olahraga memang penting untuk menyehatkan tubuh, namun jika dilakukan secara berlebihan dan tidak benar maka akan menimbulkan efek samping pada tubuh. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan benar sebelum melakukan olahraga. Dengan begitu, tubuh bisa menjadi sehat tanpa harus merasakan nyeri punggung akibat kesalahan olahraga di pagi hari. Ingat, jangan berolahraga secara berlebihan.

5. Penyakit cakram degeneratif

Nyeri Punggung Setiap Bangun Pagi? Kenali 5 Penyebabnyawww.affiliatedurologists.com

Penyakit cakram degeneratif adalah suatu sindrom yang menyebabkan nyeri pinggang, atau lebih dikenal sebagai artritis tulang belakang. Karena saraf tulang belakang terkompresi, nyeri ringan dan berat serta kekakuan dapat terjadi. Penyakit ini biasanya terjadi karena faktor usia. Nyeri punggung yang sangat parah di pagi hari bisa menjadi gejalanya. Jika sudah parah, solusi yang tepat adalah penggantian tulang belakang dengan intervensi bedah. 

Nah, itulah dia beberapa penyebab nyeri punggung setiap bangun pagi yang perlu diketahui. Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, kamu bisa lebih peduli ketika kamu merasakannya. Jika kamu mengalami nyeri punggung yang berlebihan, segera periksakan ke dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 10 Pose Yoga untuk Menghilangkan Sakit Punggung

Vhiena Lee Photo Community Writer Vhiena Lee

Something I want only happiness

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You