Comscore Tracker

5 Postur Tidur Ini Bantu Kurangi Rasa Nyeri Punggung

Bangun tidur jadi lebih rileks..

Ada banyak penyebab sakit punggung, mulai dari terlalu sering bekerja di depan layar komputer atau membaca buku sambil duduk dan menunduk lain sebagainya. Setiap orang pernah menderita sakit punggung setidaknya sekali dalam hidup. Kamu juga mungkin saat ini sedang berjuang untuk mengatasi nyeri punggung.  Ternyata guys, ada solusi mudah untuk meringankan rasa sakit yang diderita. Kamu dapat mengatasinya dengan mengubah postur tidurmu sesuai dengan jenis rasa sakit yang kamu rasakan, berikut tipsnya.

1. Nyeri leher dan punggung bagian atas

5 Postur Tidur Ini Bantu Kurangi Rasa Nyeri Punggungunsplash.com/@adigold1

Tidur telentang menyebarkan berat badan kamu secara merata ke setiap bagian tubuh. Dengan cara ini, kamu akan mengurangi tekanan pada area lokal seperti leher dan punggung atas. Ini juga berfungsi untuk menyelaraskan tulang belakang dan organ-organ dalam. Caranya adalah menambahkan bantal untuk menopang leher kamu dan bantal lain untuk menopang lutut, ini akan membantu menjaga lengkungan alami di tulang belakang kamu.

2. Nyeri di sepanjang tulang belakang

5 Postur Tidur Ini Bantu Kurangi Rasa Nyeri Punggungunsplash.com/@entersge

Agar bisa mengurangi rasa sakit di sepanjang tulang belakang, posisi tidur dengan cara terlungkup bisa kamu coba. Terlebih jika kamu sulit untuk tertidur di posisi lain.Tambahkan bantal di bawah perut kamu dan bagian atas panggul. Pastikan bantalnya tidak terlalu tipis dan tidak lebih tebal dari 3 inci. Sebagai hasilnya, kamu akan bisa tidur sementara dukungan bantal di bawah perutmu melakukan trik mengurangi tekanan pada punggung.

3. Nyeri punggung bagian bawah

5 Postur Tidur Ini Bantu Kurangi Rasa Nyeri Punggungunsplash.com/@yrss

Ketika kamu tidur miring, kamu akan memaksa tulang belakangmu melengkung di posisi yang tidak wajar. Hal itu akan menambah beban ekstra untuk punggung bagian bawahmu. Lebih baik untuk menekuk lututmu sedikit ke atas dan letakkan bantal di antara mereka. Dengan cara ini, kamu bisa melewatkan ketegangan punggung bawah dan membantunya mempertahankan kelengkungan alami sampai bangun nanti.

Baca Juga: Ini 8 Penyakit yang Bisa Timbul dari Kebiasaan Tidur Setelah Sahur

3. Nyeri pinggang

5 Postur Tidur Ini Bantu Kurangi Rasa Nyeri Punggungcdc.gov

Jika kamu menderita rasa sakit di daerah pinggang yang terletak di punggung bagian bawah, tidur dalam posisi berbaring dapat membantumu. Dengan  demikian, kamu dapat meregangkannya dan menghilangkan kemungkinan ketegangan dibagian atas. Letakkan beberapa bantal di belakang punggung dan lehermu untuk membuat dukungan yang cukup agar bisa menyesuaikan kelengkungan alami. Untuk kenyamanan ekstra, letakkan lebih banyak bantal di bawah lutut dan kaki.

5. Saraf yang tegang

5 Postur Tidur Ini Bantu Kurangi Rasa Nyeri Punggungpurple.com

Jika salah satu cakram tulang belakang kamu telah bergeser sedikit dari posisi aslinya, maka kamu akan merasakan sakit. Membengkokkan tubuh kamu ke kiri dapat  mengurangi tekanan pada tulang belakang dan saraf kamu dan juga bisa membebaskanmu dari sakit punggung. Posisi ini memungkinkan memperluas ruang di antara masing-masing tulang belakang dan mendorongnya untuk pindah ke posisi semula.

Itulah beberapa tips mengatasi rasa sakit lewat posisi tidur. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Posisi Tidur Ini Gak Cuma Nyaman, tapi Juga Bagus untuk Punggungmu

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You