Comscore Tracker

8 Cara untuk Tidur Cepat yang Aneh tapi Ampuh, Wajib Coba!

Bisa mengantarmu ke alam mimpi dalam hitungan menit

Jarum jam menunjuk ke angka 12. Tubuhmu telah terbaring di atas kasur selama berjam-jam, kamu telah berusaha memejamkan mata, tetapi keduanya berontak karena kantuk tak kunjung datang. Akibatnya, keesokan harinya kamu bangun dengan lelah dan kantuk yang belum terpuaskan. 

Siapa yang sering mengalami masalah di atas? Tak bisa tidur di malam hari memang banyak penyebabnya. Mulai dari stres, terlalu sering begadang, jadwal tidur yang tak teratur, hingga gangguan psikologis tertentu. 

Agar masalah tidur ini tidak berlarut-larut menghantui, ada sejumlah cara tidur cepat yang bisa kamu coba. Namun jangan kaget, karena metode yang akan disebutkan di bawah ini akan terdengar aneh atau mungkin tak lazim. Akan tetapi, semuanya sudah dibuktikan secara ilmiah, kok. Yuk, simak!

1. Cobalah untuk tetap terjaga

8 Cara untuk Tidur Cepat yang Aneh tapi Ampuh, Wajib Coba!helpguide.org

Berusaha keras untuk tidur ketika kamu sulit terlelap adalah salah satu kesalahan besar. Hal ini justru membuatmu stres dan semakin tak bisa masuk ke alam mimpi. Lalu apa yang harus dilakukan?

Studi dari jurnal Behavioural and Cognitive Psychotherapy tahun 2003 mengatakan, orang-orang yang sulit tidur sebaiknya menerapkan psikologi terbalik. Alih-alih berusaha tidur, cobalah untuk tetap bangun atau terjaga. 

Walaupun terdengar aneh, cara ini ternyata ampuh. Kamu hanya perlu berbaring dengan mata yang terbuka. Ketika ini dilakukan, semua rasa cemas dan stres akibat tak bisa tidur akan hilang. Kamu pun perlahan segera terlelap. 

2. Kencangkan otot-ototmu

8 Cara untuk Tidur Cepat yang Aneh tapi Ampuh, Wajib Coba!verywellhealth.com

Cara berikutnya yang bisa sering-sering kamu lakukan untuk tidur lebih cepat adalah membuat tubuh dan otot relaks. Namun, jika cara itu tak kunjung berhasil, cobalah untuk melakukan hal sebaliknya. 

Dilansir Bustle, mulailah dengan mengencangkan otot di jari dan telapak kakimu kemudian lepaskan. Semakin ke atas, kencangkan otot di betis, paha, kemudian pantat, tangan, hingga lengan. Cara ini akan membuat napas dan tubuhmu lebih stabil, sehingga rasa kantuk pun terstimulasi. 

3. Tidurlah di ruangan yang dingin

8 Cara untuk Tidur Cepat yang Aneh tapi Ampuh, Wajib Coba!mattressadvisor.com

Banyak orang mengira bahwa ruangan hangat bisa membuat tidur lebih berkualitas. Namun, ternyata anggapan tersebut keliru. Justru suhu yang tinggi bisa membuatmu semakin sulit tidur. 

Ternyata, ketika mendekati malam hari, suhu tubuh kita turun secara alami. Ini merupakan sinyal untuk segera menghentikan aktivitas dan tidur. Ruangan yang sejuk akan membantu meningkatkan sinyal tersebut, sementara ruangan yang hangat akan menimbulkan reaksi yang berlawanan. 

4. Gunakanlah kaus kaki

8 Cara untuk Tidur Cepat yang Aneh tapi Ampuh, Wajib Coba!rd.com

Walaupun tubuh lebih menyukai ruangan yang sejuk, ada baiknya untuk membuat kakimu lebih hangat. Salah satu cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan kaus kaki. 

Dilansir HuffPost, studi dari Swiss mengatakan bahwa ketika kaki kita hangat, peredaran darah dari pusat tubuh akan mengalir ke arah sana. Ini akan membuat suhu badan menurun dan sinyal tidur pun terkirim ke otak. 

Baca Juga: 7 Cara Tidur yang Salah Menurut Sains, Segera Perbaiki! 

5. Alih-alih menghitung domba, bayangkan tempat yang membuatmu nyaman

8 Cara untuk Tidur Cepat yang Aneh tapi Ampuh, Wajib Coba!thesleepdoctor.com

Selama ini, melalui tayangan televisi, kita belajar bahwa salah satu cara untuk tidur lebih cepat adalah dengan menghitung domba yang melompati pagar. Namun, ternyata cara ini tidak efektif dan terkadang membuatmu lebih cemas. 

Alih-alih, cobalah bayangkan tempat favoritmu atau tempat yang membuatmu nyaman. Misalnya pantai, air terjun, kamar hotel, dan lain sebagainya. Studi dari Universitas Oxford, Inggris, membuktikan bahwa cara ini bisa membuat penderita insomnia tidur 20 menit lebih cepat. 

6. Meniup gelembung

8 Cara untuk Tidur Cepat yang Aneh tapi Ampuh, Wajib Coba!wikimedia.org

Hobi tokoh kartun SpongeBob SquarePants ini ternyata ampuh mengantarkan kita ke alam mimpi, lho. Walaupun terkesan kekanakan, ternyata gelembung memiliki efek hipnoterapi untuk diri kita, menurut laporan dari Johns Hopkins University School of Medicine. 

Meniup gelembung ternyata memiliki efek yang serupa dengan latihan pernapasan yang sering dianjurkan untuk penderita insomnia. Ketika melakukannya, tubuh dan pikiran menjadi lebih relaks sehingga siap untuk terlelap. 

7. Sembunyikan jam yang ada di kamarmu

8 Cara untuk Tidur Cepat yang Aneh tapi Ampuh, Wajib Coba!independent.co.uk

Ketika sulit tidur, kita cenderung lebih sering mengecek jam. Ternyata hal ini justru membuat kita semakin cemas dan stres. Akibatnya, rasa kantuk pun tak kunjung menghampiri. 

Ada baiknya untuk menyembunyikan jam dalam bentuk apa pun, termasuk yang ada di smartphone. Dengan begitu, berkuranglah satu hal yang perlu dikhawatirkan ketika kamu tak bisa tidur. 

8. Cara aneh lainnya yang bisa kamu coba

8 Cara untuk Tidur Cepat yang Aneh tapi Ampuh, Wajib Coba!goalcast.com

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak cara aneh lain untuk tertidur lebih cepat. Semuanya sudah terbukti efektif menurut berbagai studi. Berikut ini di antaranya:

  • Mandi air hangat sebelum tidur;
  • Gunakan aromaterapi dengan wangi lavender;
  • Singkirkan HP dari sisi tempat tidurmu;
  • Taruh bantal di bawah lutut;
  • Dengarkan ASMR;
  • Cuci wajah menggunakan air dingin selama 30 detik. 

Nah, jika kamu termasuk orang yang sulit untuk terlelap di malam hari, ini waktunya untuk mencoba cara-cara di atas. Semoga tidurmu nyenyak dan berkualitas, ya!

Baca Juga: 8 Cara Mudah Membakar Kalori saat Tidur, Berat Badan Pasti Turun!

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya