Comscore Tracker

Ini 7 Hal Mengejutkan yang Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan Kulitmu

Sebagian besarnya masih sering kita lakukan

Sudah berbagai skin care dicoba, perawatan masker tradisional, lulur, hingga facial, tapi kulit masih saja bermasalah. Entah itu jerawat, komedo, beruntusan, dan lainnya. Kamu mengalami masalah seperti itu juga? 

Sebenarnya masalah kulit bisa terjadi karena berbagai faktor. Bisa disebabkan oleh tidak cocoknya produk perawatan, makanan, faktor hormonal, atau bahkan kebiasaan. Untuk kebiasaan, ternyata banyak hal sehari-hari yang tanpa disadari ternyata merusak kulit. Kira-kira apa saja ya? Simak berikut ini!

1. Keringat yang tidak segera dibilas

Ini 7 Hal Mengejutkan yang Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan Kulitmudepositphotos.com

Saat berolahraga tubuh pasti berkeringat, tak terkecuali pada bagian wajah. Biasanya apa yang kamu lakukan, langsung menyekanya, atau membiarkannya saja? Ternyata keringat yang menempel di wajah dalam waktu lama akan menarik bakteri dan akhirnya membuat pori-porimu tersumbat. 

Ini adalah pemicu munculnya jerawat dan beruntusan, dilansir dari American Academy of Dermatologists (AAD). Maka dari itu sebaiknya langsung menyeka keringat dan mencuci muka setelah berkeringat.

2. Wajah terkena produk rambut berbahan kimia

Ini 7 Hal Mengejutkan yang Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan Kulitmumnn.com

Berbagai macam produk rambut ternyata bisa memperburuk kondisi kulitmu. Mulai dari sampo, conditioner, hair spray, atau hair tonic yang berbahan kimia. Ini karena sebagian besar produk tersebut mengandung propylene glycol (PEG), dilansir dari National Library of Medicine

PEG cenderung tetap menempel di kulit walaupun sudah dibilas. Ia akan mengambil kelembapan kulit dan menyebabkan iritasi. Selain itu, zat ini juga biang kerok dari jerawat di punggung lho.

3. Sering menempelkan handphone ke pipi saat menelepon

Ini 7 Hal Mengejutkan yang Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan Kulitmubustle.com

Seberapa sering kamu mengobrol dengan teman, keluarga, atau pacar lewat handphone? Ternyata hal ini juga tidak baik untuk kulitmu lho. Bagaimana bisa? Sebenarnya tanpa kamu sadari handphone yang kamu gunakan itu menyimpan berbagai macam bakteri dan kuman. 

Jelas saja, kamu sering menyentuhnya, menaruhnya di sembarang tempat, dan bahkan terkena cipratan makanan. Menempelkannya di pipi hanya akan mentransfer kuman tersebut. Akhirnya kulit wajahmu rentan terhadap jerawat. Maka dari itu, kamu harus rutin membersihkan handphone dengan cairan antibakteri.

Baca Juga: Ini 8 Do’s dan Don’ts dalam Mencuci Muka, Ikuti Aturan Pentingnya ya!

4. Menggunakan skin care yang mengandung minyak

Ini 7 Hal Mengejutkan yang Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan Kulitmuallure.com

Face oil dan oil cleanser memang sedang menjadi tren saat ini. Namun ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum menggunakannya. Pada umumnya skin care yang berbahan dasar minyak berfungsi untuk melembapkan. Namun produk ini hanya bisa digunakan oleh orang yang berjenis kulit kering. Jika kulitmu berminyak, sebaiknya gunakan pelembap lainnya.

“Semua jenis minyak untuk kulit dan pembersih sangat berpotensi untuk menyebabkan munculnya komedo, atau juga jerawat,” ujar Caren Campbell, ahli dermatologi California kepada Insider.

5. Tidak mencuci sarung bantal

Ini 7 Hal Mengejutkan yang Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan Kulitmugrandinroad.scene7.com

Tanpa kamu sadari, sarung bantal menyimpan banyak hal yang menjijikkan. Mulai dari keringat, sebum kulit, rambut yang rontok, hingga daki. Ew! Kamu tentu tidak mau semua itu menempel di kulitmu kan?

Maka dari itu, kamu harus mengganti sarung bantal setidaknya dua minggu sekali. Jika ini jarang dilakukan, maka kulitmu akan lebih berisiko terkena jerawat, iritasi, dan masalah lainnya.

6. Kebiasaan tidur miring di sisi yang sama

Ini 7 Hal Mengejutkan yang Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan Kulitmunectarsleep.com

Tidur miring pada sisi yang sama setiap hari ternyata tidak baik untukmu. Misalnya kamu selalu menghadap ke kanan. Keriput akan lebih mudah muncul di sisi wajah tersebut, terutama di bagian pipi.

Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, ini akan menjadi permanen. Walaupun tidur miring baik untuk pencernaan, sebaiknya usahakan berbaring setiap beberapa hari sekali untuk mencegah keriput.

7. Mandi dengan air panas dalam waktu yang lama

Ini 7 Hal Mengejutkan yang Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan Kulitmumetrin.com

Mandi air panas setelah beraktivitas seharian memang membuat tubuh jadi lebih tenang. Namun hati-hati, sebenarnya kebiasaan ini justru tidak baik untuk kulitmu lho apalagi jika dilakukan dalam waktu yang lama.

Dilansir dari Metrin, air panas bisa menghilangkan kelembapan dan melemahkan kulit bagian luar. Sebagai gantinya, gunakan air hangat dan jangan mandi lebih dari sepuluh menit.

Nah sekarang kamu sudah tahu kan apa saja kebiasaan buruk untuk kulitmu? Segera dihindari ya demi kulit yang lebih sehat!

Baca Juga: 10 Makanan Ini Ternyata Bisa Bikin Kulit Wajah Makin Cerah, Lho!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You