Comscore Tracker

10 Perawatan Kecantikan Paling Aneh dan Ekstrem di Dunia, Merinding!

Jangan coba-coba sebelum memikirkannya dengan matang

Ada yang bilang cantik itu butuh pengorbanan, cantik itu mahal, dan cantik itu sakit. Apakah kamu setuju dengan pernyataan tersebut? Benarkah kita harus melakukan banyak pengorbanan untuk mendapatkan titel “cantik” tersebut?

Nyatanya, semua perempuan sesungguhnya terlahir cantik. Standar yang dibentuk masyarakatlah yang mempersulit kehidupan, tak hanya bagi kaum hawa tapi juga para lelaki. Hampir semua orang beranggapan bahwa cantik itu harus berkulit halus, cerah, dan memenuhi berbagai standar lainnya.

Alhasil untuk mencapai standar yang begitu tinggi, banyak orang yang rela melakukan berbagai perawatan kecantikan, bahkan yang ekstrem sekalipun. Berikut ini sejumlah perawatan aneh dan ekstrem pernah diterapkan di dunia untuk mempercantik diri!

1. Facial dengan kulup penis bayi

10 Perawatan Kecantikan Paling Aneh dan Ekstrem di Dunia, Merinding!medium.com

Pada 2015 lalu, muncul sebuah perawatan kecantikan dari SkinMedica, Amerika Serikat yang menuai kontroversi. Klinik tersebut mengeluarkan krim wajah anti keriput yang terbuat dari kulup penis bayi yang disunat. 

Dilansir dari Boston Magazine, kulup penis bayi dipercaya mengandung stem cell atau sel batang yang mampu merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Stem cell memang populer digunakan untuk perawatan kecantikan. Namun baru kali ini ada klinik yang menggunakan stem cell dari kulit kelamin bayi. 

Klinik tersebut mengklaim bahwa satu kulup saja mampu menumbuhkan sel selama beberapa dekade. Tak hanya terkandung di dalam krim, bahan yang dinilai aneh dan tak etis tersebut juga digunakan untuk facial

2. Facial dengan kotoran burung

10 Perawatan Kecantikan Paling Aneh dan Ekstrem di Dunia, Merinding!ikedaspa.com

Satu kata untuk metode ini, menjijikkan! Facial ini menjadi populer setelah para geisha melakukannya untuk menjaga kecantikan kulit wajah mereka. Tak seperti terapi bisa ular yang menggunakan bahan sintetis, facial ini benar-benar menggunakan kotoran burung. 

Namun tak sembarang kotoran bisa digunakan. Dilansir dari Ranker, orang-orang Jepang memilih kotoran burung nightingale. Alasannya, mereka kaya akan asam amino guanine yang akan membuat kulitmu halus, putih, dan glowing seperti porselen. 

3. Kondisioner dari sperma banteng

10 Perawatan Kecantikan Paling Aneh dan Ekstrem di Dunia, Merinding!femalemag.com.my

Sebuah salon di London, Inggris bernama Hari’s spa menawarkan perawatan rambut yang tak biasa. Mereka menggunakan sperma banteng untuk membuat kondisioner. Sperma tersebut didapatkannya secara langsung dari peternakan setempat. 

Dilansir dari Treehugger, orang-orang yang telah mencobanya mengakui khasiat dari kondisioner tersebut. Rambut terasa lebih lembap, ternutrisi, berkilau, namun tidak lepek. Untuk mendapatkan perawatan ini kamu harus mengeluarkan uang sebesar US$138 atau sekitar Rp2 juta.

4. Terapi bisa ular

10 Perawatan Kecantikan Paling Aneh dan Ekstrem di Dunia, Merinding!qz.com

Seorang ahli dermatologi Sonya Dakar dari Beverly Hills adalah orang yang menggagasnya metode perawatan ini. Pada 2016 lalu, ia memperkenalkan krim wajah bernama Ultraluxe9. Salah satu bahan penyusun krim anti-aging tersebut adalah bisa ular. 

Untungnya, bisa ular yang digunakan bukanlah bisa asli, melainkan sintetis. Sonya Dakar meramunya sedemikian rupa agar bisa yang didapatkan mirip seperti bisa ular viper yang mematikan.

Bahan tersebut digunakan untuk mendapatkan efek paralyzing atau melumpuhkan. Dilansir dari blognya, Sonya mengatakan bahwa efek tersebut akan merelaksasi kulit yang keriput sehingga bisa mengencang seperti sedia kala. Apakah kamu berani mencobanya?

5. Fire facial

10 Perawatan Kecantikan Paling Aneh dan Ekstrem di Dunia, Merinding!midtownmedspa.ca

Facial memang menjadi perawatan favorit yang memiliki banyak khasiat. Di antaranya adalah membersihkan pori-pori, mengencangkan kulit, dan lain sebagainya. Namun pernahkah kamu mendengar ada facial yang dilakukan dengan api?

Fire facial, perawatan yang berasal dari Tiongkok ini dilakukan dengan cara melapisi wajah dengan kain beralkohol. Kain tersebut kemudian dibakar. Dilansir dari Vogue, perawatan ini diklaim mampu meregenerasi kulit, mengurangi keriput, dan membakar lemak. 

Namun risikonya tentu sangat besar. Kulit bisa terbakar atau bahkan melepuh jika api terlambat dimatikan. Apakah kamu mau mengambil risiko ini?

Baca Juga: Ini 8 Perawatan Kulit Bangsawan Zaman Dulu yang Ampuh Bikin Glowing

6. Minum urine orang Portugis

10 Perawatan Kecantikan Paling Aneh dan Ekstrem di Dunia, Merinding!bbci.co.uk

Perawatan yang satu ini jauh lebih kuno. Dulu bangsa Romawi Kuno “tergila-gila” dengan urine orang Portugis. Dilansir dari Mental Floss, mereka percaya bahwa urine bangsa Portugis mengandung pH yang lebih bagus daripada miliknya sendiri.

Banyak orang Romawi Kuno yang akhirnya menenggak cairan ekskresi tersebut menahan segala rasa jijik yang muncul. Ternyata terapi ini dipercaya bisa memutihkan gigi dan menyegarkan napas. Tertarik untuk mencobanya?

7. Cryotherapy

10 Perawatan Kecantikan Paling Aneh dan Ekstrem di Dunia, Merinding!medicalnewstoday.com

Berikutnya ada cryotherapy atau yang dikenal pula sebagai ice chamber therapy. Benar, seperti namanya, kamu akan diminta untuk masuk ke dalam ruangan dingin dengan suhu minus hingga 130 derajat. 

Selama tiga hingga lima menit, kamu diminta untuk duduk diam di sana menggunakan kaus kaki, sarung tangan, baju dalam, dan masker wajah. Perawatan ini dipercaya memiliki berbagai khasiat menurut Medical News Today. Mulai dari menurunkan berat badan, mengurangi keriput, hingga meningkatkan sirkulasi darah.

Sebenarnya terapi ini cukup aman, jika dilakukan dan dipantau oleh dokter yang ahli di bidangnya. Risiko yang mungkin muncul karena cryotherapy adalah hipotermia. Badan bisa membeku jika kamu terlambat keluar dari ruangan tersebut barang satu menit saja. 

8. Vampire facelift

10 Perawatan Kecantikan Paling Aneh dan Ekstrem di Dunia, Merinding!dailymail.co.uk

Ada pula perawatan yang disebut sebagai vampire facelift. Perawatan ini dipopulerkan oleh Kim Kardashian dalam reality show-nya di tahun 2013. Lalu apa yang membuatnya ekstrem?

Seperti yang kita ketahui, vampir adalah makhluk urban legend yang dikenal suka mengisap darah. Begitu pula dengan perawatan ini. Darah dari vena lengan diisap dengan jarum suntik kemudian diinjeksikan ke wajah.

Dilansir dari The Healthy, vampire facial atau platelet-rich-plasma (PRP) ini diklaim mampu menghasilkan kulit yang lebih kencang, glowing, dan mengurangi risiko keriput. 

9. Minum plasenta babi

10 Perawatan Kecantikan Paling Aneh dan Ekstrem di Dunia, Merinding!alltech.com

Plasenta adalah jaringan yang biasa melindungi janin di dalam rahim perempuan. Tak hanya pada manusia, sebenarnya plasenta juga bisa dijumpai pada mamalia, termasuk babi. Tahukah kamu bahwa orang Jepang menyulap plasenta babi menjadi minuman dan suplemen?

Di dalamnya terkandung berbagai vitamin, mineral, dan semua nutrisi yang diserap oleh janin di masa pertumbuhannya. Dilansir dari Ranker, itulah kenapa plasenta dipercaya memiliki kandungan yang bisa mencegah penuaan dini.

10. Thai slap massage

10 Perawatan Kecantikan Paling Aneh dan Ekstrem di Dunia, Merinding!nydailynews.com

Apakah kamu bersedia untuk membayar sekitar Rp5 juta untuk ditampar selama 15 menit? Nyatanya sebagian orang rela melakukannya, lho! Metode yang satu ini disebut sebagai Thai slap massage atau pijat tampar dari Thailand. 

Tujuan dari teknik pijat ini adalah untuk mencegah keriput dan melawan penuaan dini. Dilansir dari Bustle, khasiat tersebut bisa didapatkan karena area kulit yang ditampar akan mendapatkan aliran darah yang lebih kencang sehingga regenerasi sel pun terjadi di sana. 

Namun apakah kamu berani melakukannya? Jangan mengeluh jika esok harinya wajah dan lehermu terasa nyeri, ya! 

Itulah sejumlah perawatan kecantikan aneh dan ekstrem di seluruh dunia. Merawat diri agar jadi lebih cantik memang sah-sah saja dan bahkan ini merupakan salah satu bentuk rasa cinta terhadap diri sendiri.

Namun jangan sampai hal ini justru membuatmu membahayakan dirimu, ya. Masih banyak perawatan kecantikan lain yang lebih aman dan tak kalah ampuh kok. Jangan sampai karena ingin cantik, kamu rela melakukan segala cara yang tak bukti keamanannya. 

Baca Juga: 13 Bahan Kosmetik Ini Wajib Diwaspadai, Diambil Paksa dari Hewan

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya