Comscore Tracker

8 Cara Membersihkan Usus Kotor demi Pencernaan yang Sehat

Yuk, lakukan agar tidak mudah sembelit!

Coba ingat, makanan apa saja yang sudah kamu konsumsi sejak kecil? Saking tidak terhitungnya, makanan yang dikonsumsi tersebut mungkin tersisa di organ pencernaan, termasuk usus. Akhirnya, pembersihan usus penting untuk dilakukan. 

Tenang saja, cara membersihkan usus kotor bisa kamu lakukan dari rumah, kok. Namun, sebelum itu, kenali juga ciri-ciri usus kotor dan bagaimana cara membuat usus tetap bersih dan sehat. 

Ciri-ciri usus kotor

8 Cara Membersihkan Usus Kotor demi Pencernaan yang Sehatilustrasi sakit perut (pexels.com/cottonbro)

Tidak terlihat oleh mata, usus kotor mungkin sulit dideteksi. Namun, ada beberapa gejala yang bisa menjadi tandanya. Dilansir Healthy Life, tanda-tanda usus kotor yaitu:

  • Merasa sering lesu, padahal sudah istirahat cukup
  • Kesulitan mengurangi berat badan
  • Kulit pucat, berminyak, hingga berjerawat
  • Masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, dan kelebihan gas yang terjadi tanpa penyebab jelas
  • Konsentrasi buruk, biasanya juga mengalami migrain dan sakit kepala
  • Bau mulut atau bau badan.

Gejala-gejala di atas terjadi akibat adanya penumpukan racun dalam sistem pencernaan, terutama usus. Hal tersebut dapat membuat nutrisi makanan tidak terserap dengan baik dan menyebabkan kondisi tubuh menurun. 

Nah, salah satu penyebab usus kotor adalah penumpukan sisa-sisa makanan yang dikonsumsi. Terutama makanan tinggi gula yang meningkatkan bakteri buruk dan mengurangi bakteri baik.

Jadwal makan yang tidak teratur juga memicu kondisi ini. Sebab, saat makan terlambat, produksi enzim dan hormon terganggu yang akhirnya memerangkap racun lebih banyak. 

Cara membersihkan usus kotor

Bukan dengan disikat, apalagi mengonsumsi ‘cairan pembersih’, cara merontokkan kotoran di usus dilakukan dengan sehat. Salah satunya, dengan mengonsumsi makanan dan minuman.

Tenang, kamu tidak perlu melakukannya setiap hari, kok. Namun, menyisipkan cara membersihkan usus kotor berikut baiknya dilakukan secara teratur sebagai upaya menjaga kesehatan pencernaan.

1. Hidrasi yang cukup

8 Cara Membersihkan Usus Kotor demi Pencernaan yang Sehatilustrasi minum air putih (unsplash.com/Nigel Msipa)

Sebuah penelitian dalam jurnal Gastroenterology Nursing menyebutkan pentingnya memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Termasuk efeknya bagi kelancaran sistem pencernaan dan membawa penumpukan sisa-sisa makanan.

Bukan hanya air, hidrasi bisa didapatkan melalui makanan kaya cairan. Misalnya, buah-buahan serta sayuran seperti semangka, selada, seledri, selada, dan lain sebagainya.

2. Menyiram air asin

Jangan dibayangkan menyiram usus seperti menyiram tanaman, ya. Maksudnya adalah dengan mengonsumsi air asin alias air garam. Cara membuat racikannya, cukup campurkan dua sendok teh garam dengan segelas air hangat. Bisa menggunakan garam laut ataupun himalaya, ya. 

Setelah meminumnya dengan kondisi perut kosong, biasanya membuatmu ingin ke kamar mandi. Meski belum didukung penelitian yang terpercaya, cara membersihkan usus kotor ini dianggap efektif. Bahkan digunakan sebagai opsi mengatasi sembelit dan ketidakteraturan jadwal sekresi.

3. Diet tinggi serat

8 Cara Membersihkan Usus Kotor demi Pencernaan yang Sehatilustrasi makanan sehat (pexels.com/Cup of Couple)

Tubuh membutuhkan serat yang cukup untuk pencernaan yang sehat. Asupan ini bisa kamu dapatkan melalui buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, dan banyak lagi. 

Selulosa dan serat membantu menambah volume kelebihan materi di usus besar hingga lebih mudah dikeluarkan. Mereka juga mengatur sembelit dan usus yang terlalu aktif, sembari meningkatkan bakteri bermanfaat sebagai prebiotik.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kepel bagi Kesehatan, Jadi Deodoran Alami

4. Konsumsi smoothies

Smoothies merupakan bentuk olahan buah dan sayur mirip jus, tetapi lebih kental. Selain itu, kamu bisa memadukan banyak komposisi di dalam smoothies. Mengingat hidangan ini mengandung banyak serat dan nutrisi, smoothies bermanfaat bagi pencernaan dan berperan menahan air sehingga bisa menghidrasi dan menjaga keteraturan tubuh.

Dalam jurnal Gastroenterologia y hepatologia disebutkan bahwa vitamin C dapat membantu membersihkan usus. Maka dari itu, pertimbangkan membuat smoothies dari buah-buahan yang kaya akan vitamin C.

5. Jus buah dan sayur

8 Cara Membersihkan Usus Kotor demi Pencernaan yang Sehatilustrasi konsumsi jus buah (pexels.com/Matilda Wormwood)

Tidak sempat membuat smoothies? No problem, masih ada jus. Pasalnya, jus buah dan sayur memiliki fungsi serupa dengan smoothies. Minum jus secara rutin penting biar usus bersih. Sebagai rekomendasi, kamu bisa membuat jus apel, jus lemon, dan jus sayuran.

Pertimbangkan untuk tidak membuang kulit buah ketika membuatnya, tapi jika memang bisa dimakan. Sebab, kulit buah mengandung banyak serat yang diperlukan tubuh. Pastikan membersihkan bagian luarnya dengan bersih, ya.

6. Memperbanyak pati resisten

Pati resisten bersifat mirip serat. Kamu bisa menemukannya di makanan nabati seperti kentang, nasi, kacang-kacangan, pisang hijau, dan biji-bijian. Sebuah penelitian di jurnal mBio menunjukkan bahwa pati resisten mampu meningkatkan mikroflora usus yang baik bagi usus besar.

Pati resisten ditemukan dalam karbohidrat. Jika sedang mengikuti diet rendah karbohidrat, pilih opsi yang menyebabkan lonjakan gula darah lebih sedikit. Misalnya, dengan konsumsi nasi dan kentang lilin.

7. Probiotik

8 Cara Membersihkan Usus Kotor demi Pencernaan yang Sehatkimchi (pexels.com/makafood)

Probiotik ‘mengenalkan’ bakteri baik ke usus dengan bantuan serat dan pati resisten. Proses tersebut meredakan peradangan dan meningkatkan keteraturan. Keduanya, penting bagi elemen kesehatan pencernaan yang berhubungan dengan usus besar.

Sari cuka apel dianggap sebagai sumber probiotik yang baik untuk cara membersihkan usus kotor. Pasalnya, rasa asam dan enzim di dalamnya diduga menekan bakteri jahat, melansir Healthline. Probiotik juga bisa didapat melalui suplemen, yoghurt, kimchi, acar, dan makanan fermentasi lainnya.

8. Teh herbal

Ngeteh herbal jadi opsi membersihkan usus kotor yang enak. Herbal seperti jahe, bawang putih, dan cabai rawit mengandung fitokimia antimikroba. Kandungan tersebut dianggap mampu menekan bakteri jahat.

Beberapa ramuan seperti psyllium, lidah buaya, akar marshmallow, dan elm licin juga bersifat pencahar. Seluruhnya dapat membantu mengatasi sembelit. Namun, akan lebih baik jika kamu menanyakan pada dokter dan ikuti petunjuk penggunaan sebelum mengonsumsinya.

Efek samping membersihkan usus

8 Cara Membersihkan Usus Kotor demi Pencernaan yang Sehatilustrasi perut terasa mual dan ingin muntah (freepik.com/racool-studio)

Cara membersihkan usus kotor memang baik, jika dilakukan dengan tepat dan secukupnya. Namun, apabila berlebihan, kamu mungkin merasakan efek samping yang kurang mengenakkan, di antaranya:

  • Mual
  • Muntah
  • Pusing
  • Dehidrasi
  • Ketidakseimbangan elektrolit
  • Kram

Hentikan pembersihan usus apabila merasakan efek samping di atas. Jika dilanjutkan, gejala-gejala tersebut berisiko menyebabkan gagal jantung dan kerusakan pencernaan. 

Enema atau pembersihan usus besar yang digunakan menimbulkan sedikit risiko bagi individu yang sehat. Namun, konsumsi yang berlebihan menyebabkan sembelit kronis, bahkan cedera usus.

Perhatikan pula interaksi obat yang sedang dikonsumsi. Sebab, beberapa ramuan teh herbal dapat menyebabkan perubahan fungsi atau efek samping pada obat-obatan tertentu.

Cara membersihkan usus kotor di atas sehat, kok, Guys! Dengan catatan, dilakukan dalam batas wajar dan sesuai anjuran, ya. Akan lebih baik jika kamu berkonsultasi dulu pada ahlinya.

Baca Juga: Posisi Tidur Saat Asam Lambung Naik, Tetap Nyenyak!

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya