Comscore Tracker

6 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Es yang Jarang Disadari

Sederhana, tapi dampaknya wuah~

Di antara seluruh bagian tubuh, kaki mungkin termasuk yang jarang diperhatikan. Padahal, anggota tubuh yang membantu bergerak ini, rentan mengalami stres dan kelelahan.

Beberapa treatment sederhana bisa membantu mengembalikan dan menjaga kesehatan kaki. Salah satunya dengan berendam dengan air dingin. Alih-alih air hangat atau panas, manfaat merendam kaki dengan air es berikut juga baik bagi tubuh.

Manfaat merendam kaki dengan air es

Disinggung sebelumnya, kaki merupakan salah satu anggota tubuh yang paling rentan mengalami stres dan kelelahan. Hal ini disebabkan oleh ujung saraf yang menutupi telapak kaki. 

Ujung saraf ini bertindak sebagai penyeimbang sekaligus menjaga kesejahteraan tubuh, melansir The Ice Bath. Merawat kaki dengan berendam di air dingin mampu memberikan berbagai manfaat yang menunjang keduanya.

1. Meredakan pembengkakan

6 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Es yang Jarang Disadariilustrasi bengkak (pixabay.com/cnick)

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengobati bengkak. Namun, kompres es batu dan terapi dingin lebih tepat untuk membantu menyembuhkan pergelangan kaki yang terkilir atau cedera kaki lainnya. 

Cara kerjanya, dengan mengurangi aliran darah. Dengan demikian, terjadi juga pengurangan peradangan dan aktivitas saraf yang menyakitkan.

Perawatan guna mengurangi pembengkakan dengan air dingin tidak melulu dengan merendamnya di air es. Pilihan lain pun tersedia, termasuk kompres es, menggunakan semprotan pendingin, atau mandi es.

Untuk perawatan lebih efektif, penting untuk mengetahui apa yang menyebabkan kaki bengkak. Kombinasi dengan perawatan lain mungkin diperlukan.

Meskipun manfaat merendam kaki dengan air es terbilang efektif, cara ini bukanlah pengobatan ajaib. Kamu mungkin perlu mengombinasikannya dengan perawatan lain. Jika sakit datang berulang, sebaiknya kunjungi dokter.

Selain obat, dokter bisa saja tetap melanjutkan penggunaan kompres es. Tujuannya,  mengurangi ketegangan otot akut dan cedera. Aplikasi singkat dingin ke otot yang terkena dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan. Ikuti instruksi pengobatan yang sesuai, ya.

2. Mengurangi efek mikrotrauma

6 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Es yang Jarang Disadariilustrasi cedera olahraga (unsplash.com/Diana Polekhina)

Berbagai aktivitas harian bisa memicu timbulnya mikrotrauma. Istilah tersebut merujuk pada robekan mikro pada serat otot, selubung pembungkus otot, atau pada jaringan ikat. Robekan mikro ini juga dapat berupa tarikan pada tendon dan tulang. Kondisi ini awam disebut sebagai cedera.

Lalu, apakah manfaat merendam kaki dengan air es bekerja mengurangi efek mikrotrauma? Konon, suhu dingin akan membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi akibat cedera. Pakar kebugaran, Richie Norton, menjelaskan pada sumber yang sama, setelah mikrotrauma terjadi, tubuh merangsang aktivitas sel otot untuk memperbaiki kerusakan dan memperkuat otot. 

Itulah sebabnya, sebagian besar kasus cedera merasa sakit beberapa hari setelah berolahraga. Air dingin membantu mengurangi peradangan, menurunkan aktivitas metabolisme, dan mengurangi pembengkakan. 

Merendam kaki dengan air dingin juga meningkatkan sirkulasi. Dengan begitu,bisa  membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri lebih cepat.

Baca Juga: 5 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kulit dan Rambut, Sudah Tahu?

3. Meningkatkan sirkulasi darah

6 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Es yang Jarang Disadariilustrasi sirkulasi darah (pixabay.com/qimono)

Tubuh secara terus-menerus mengalirkan cairan ke seluruh tubuh. Salah satu bentuknya adalah darah yang mengitari berbagai organ, termasuk kaki. 

Pada prosesnya, darah mengirimkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh. Selain itu, membantu membuang produk limbah berlebih di sistem tubuh.

Ketika aliran darah di kaki tidak lancar, beberapa efek mungkin kamu rasakan. Seperti sering kesemutan, mati rasa, terasa dingin, hingga gangren atau jaringan mati kekurangan oksigen.

Merendam kaki dengan air es merupakan salah satu cara memperlancar aliran darah. Meski dapat menyempitkan aliran darah, air dingin juga mempercepat aliran darah.

Setelah berolahraga berat, es akan meningkatkan aliran darah di kaki. Upaya ini akan mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi pembengkakan. 

4. Mengurangi rasa sakit

6 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Es yang Jarang Disadariilustrasi nyeri kaki (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cedera hingga mikrotrauma menyebabkan rasa sakit pada area yang terdampak. Bukan hanya itu, ketegangan saraf juga membuat kaki terasa tidak nyaman.

Manfaat merendam kaki dengan air es berikutnya yakni membantu mengurangi rasa sakit. Sama seperti ketika mengalami luka bakar, memberikan air es pada kaki dapat memberikan sensasi lega ketika sakit otot.

Sebagai catatan, cara ini tidak bersifat permanen. Artinya, hanya bisa membantu mengurangi rasa sakit, tetapi tidak untuk menghilangkannya dan hanya untuk pertolongan pertama. Kamu tetap perlu mengunjungi dokter untuk mendapatkan saran medis terbaik.

Selain merendamnya, metode memijat dengan memutarkan es batu di sekitar area yang sakit cukup membantu. Terlebih jika kamu mengalami plantar fasciitis. 

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

6 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Es yang Jarang Disadariilustrasi kekebalan tubuh (unsplash.com/Alaric Hartsock)

Seorang dokter Rusia terkenal bernama Sergey Bubnovkiy, memberikan alternatif cara meningkatkan kekebalan tubuh yang lebih sederhana. Cara tersebut, dengan merendam kaki dalam air sedingin es hanya selama 10-15 detik sehari. 

Upaya ini diklaim dapat membantu mencegah pilek atau flu bermanifestasi. Sebuah jurnal dari University of Virginia menemukan bahwa air es dapat merangsang produksi norepinefrin. Hormon ini secara alami memainkan peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dilansir Oncology Training International, cara melakukannya cukup sederhana. Isi baskom dengan air dingin dan tambahkan es sebanyak mungkin. Kemudian, letakkan kedua kaki di baskom dan biarkan di sana selama total 10 hingga 15 detik. 

Untuk hasil terbaik, lakukan setiap malam sebelum tidur. Atau, jika daya tahan tubuh sangat lemah, kamu bisa mengulang proses ini setiap 4 jam sekali jika diperlukan.

6. Mencegah depresi

6 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Es yang Jarang Disadariilustrasi seorang yang kesulitan tidur (pexels.com/cottonbro)

Manfaat merendam kaki di air es yang tidak kalah penting yakni mengurangi stres dan mencegah depresi. Beberapa perasaan ini terjadi akibat suhu tubuh inti yang tinggi. 

Suhu inti tubuh yang tinggi memberi lebih banyak tekanan pada sistem kardiovaskuler dan saraf pusat. Dengan begitu, bagian tubuh tersebut harus mereka bekerja lebih keras dari biasanya. 

Merendam kaki di air es dapat membantu mengurangi stres. Upaya ini bekerja sama dengan reseptor dingin yang mempengaruhi kulit, lalu meningkatkan mood dan menurunkan gejala depresi. Meredanya stres dapat mencegah kerusakan otot yang berlebihan, serta membantu tubuh dengan pemulihan dari aktivitas fisik. 

Manfaat merendam kaki dengan air es berdampak baik bagi tubuh. Meski bisa digunakan sebagai pertolongan pertama, pastikan tetap mendapat rekomendasi dan perawatan medis untuk hasil terbaik, ya.

Baca Juga: 8 Penyebab Benjolan di Selangkangan yang Perlu Diwaspadai

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya