Comscore Tracker

Kenali 5 Tanda Penyakit OCD yang Wajib Diwaspadai Sejak Dini Ini

Waspada kalau kamu mengalaminya

OCD (Obsessive Compulsive Disorder) atau obsesif kompulsif merupakan gangguan pikiran yang ditandai dengan munculnya pikiran negatif akibat kekhawatiran dan kecemasan yang mendalam. Pikiran negatif ini tak hanya mengganggu aktivitas si penderita, tapi juga mengganggu relasi atau hubungannya dengan orang lain.

Sama seperti penyakit pada umumnya, OCD juga memiliki tanda-tanda khusus yang dapat diamati dari penderitanya itu sendiri. Berikut 5 tanda penyakit OCD yang patut diwaspadai.

1. Pikiran sering gelisah

Kenali 5 Tanda Penyakit OCD yang Wajib Diwaspadai Sejak Dini Iniunsplash.com/Priscilla Du Preez

Penderita OCD gak pernah merasa tenang. Ada saja hal-hal yang mengganggu pikirannya. Hal ini disebabkan karena rasa cemas berlebihan yang dialaminya. Jika belum menemukan solusi yang tepat, maka apa yang ada di dalam pikirannya mesti itu-itu saja alias gak akan berubah.

2. Menunjukkan sikap perfeksionis

Kenali 5 Tanda Penyakit OCD yang Wajib Diwaspadai Sejak Dini Iniunsplash.com/Mean Shadows

Setiap orang pasti punya secuil sikap perfeksionis dalam dirinya. Tapi, berbeda dengan penderita OCD. Sikap perfeksionis yang ditunjukkan terkesan berlebihan. Misalnya dalam hal berpakaian. Kalau pakaian yang ini dirasa kurang cocok, mereka pasti akan menggantinya. Gak cocok, ganti lagi. Begitu seterusnya sampai semuanya dirasa pas.

Baca Juga: Mengenal OCD, Gangguan Mental yang Timbulkan Perilaku Berulang-ulang

3. Sering merasa takut

Kenali 5 Tanda Penyakit OCD yang Wajib Diwaspadai Sejak Dini Iniunsplash.com/Nik MacMillan

Apa yang ada dalam pikirannya sering menimbulkan rasa takut yang berlebihan. Bukan takut akan masa depan, tapi lebih kepada aktivitas yang dilakukannya sehari-hari misalnya ogah bersalaman atau menyentuh gagang pintu karena takut kuman, bakteri, dan virus. Ketakutan ini juga bisa mengarah ke seksual seperti takut kalau dirinya gak normal dan sebagainya.

4. Suka melakukan hal yang sama berulang kali

Kenali 5 Tanda Penyakit OCD yang Wajib Diwaspadai Sejak Dini Iniunsplash.com/Darius Bashar

Penyebabnya balik lagi yaitu pikiran, rasa khawatir, dan cemas yang berlebihan. Akibatnya, penderita OCD sering melakukan hal yang sama secara berulang-ulang untuk memuaskan keinginannya misalnya mencuci tangan untuk kedua kalinya padahal tangan baru dicuci 2 menit yang lalu atau mengecek apakah pintu sudah dikunci atau belum. Bila kamu pernah menjumpai orang seperti ini, besar kemungkinan orang itu terkena OCD.

5. Hidup yang teratur dan simetris

Kenali 5 Tanda Penyakit OCD yang Wajib Diwaspadai Sejak Dini Iniunsplash.com/Joe Ciciarelli

Sikap perfeksionis yang ada dalam diri membuat hidup para penderita OCD teratur dan simetris, bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun misalnya, saat menyusun buku. Letak dan susunan buku harus benar-benar sesuai dengan buku sebelumnya, harus simetris dimana ujung kedua buku (di atas dan di bawah) harus sama. Kalau dipikir-pikir memang agak ribet.

Jika kamu mengalami salah satu dari tanda di atas, pergilah ke dokter dan konsultasikan agar gangguan ini gak bertambah parah.

Baca Juga: Ini 10 Tanda Kamu Perlu untuk Lebih Memperhatikan Kesehatan Mentalmu

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya