Comscore Tracker

7 Manfaat Rumput Laut yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

Yuk, rajin mengkonsumsi rumput laut mulai dari sekarang!

Kalau kamu penggemar Sushi, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan nama makanan yang satu ini. Karena memang Sushi biasa dibungkus dengan memakai lembaran rumput laut kering atau biasa disebut nori. Tapi tahukah kamu kalau rumput laut yang lezat itu, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan?

Kira-kira apa saja ya manfaat yang dimiliki oleh rumput laut bagi kesehatan tubuhmu? Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

1. Menjaga kesehatan jantung

7 Manfaat Rumput Laut yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuhcedars-sinai.edu

Mengkonsumsi rumput laut ternyata mempunyai efek yang baik untuk kesehatan jantung. Karena rumput laut mengandung omega-3 asam lemak. Di dalam tubuh omega-3 asam lemak mampu meningkatkan kolesterol baik atau HDL, serta mengurangi kolesterol jahat atau LDL. Sehingga dapat mencegah penyumbatan arteri, memperlancar peredaran darah dan menjaga jantungmu tetap sehat.

2. Mencegah pembengkakan kelenjar Tiroid

7 Manfaat Rumput Laut yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuhaarp.org

Kandungan yodium yang terdapat pada rumput laut, ternyata bisa menjaga kelenjar tiroid di tubuhmu tetap sehat loh. Kelenjar tiroid yang bermasalah bisa membuatmu merasakan berbagai gangguan kesehatan, misalnya saja jantung berdebar-debar, mudah merasa lelah, dan terkena penyakit gondok.

Tapi jangan mengkonsumsi rumput laut dengan berlebihan, karena kelebihan yodium dalam tubuh akan menstimulasi tiroid dan membuatnya over aktif. Kondisi ini dinamakan hipertiroid.

Baca Juga: 5 Manfaat Rumput Laut Dulse, Si Merah yang Kaya Akan Serat

3. Mencegah kanker

7 Manfaat Rumput Laut yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuhunsplash.com/sharonmccutcheon

Manfaat hebat rumput laut lainnya adalah makanan ini bisa mengatur kadar estrogen di dalam tubuhmu, sehingga mengurangi risiko terkena kanker payudara. Kandungan glikoprotein dan polisakarida sulfat pada beberapa jenis rumput laut, juga dapat merangsang kekebalan tubuh melawan virus dan sel-sel kanker.

4. Mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas

7 Manfaat Rumput Laut yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuhbizh2o.com

Rumput laut ternyata juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Karena memang rumput laut mengandung antioksidan flavonoid, dan karotenoid yang dapat menangkal radikal bebas.

Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dalam rumput laut juga banyak sekali, seperti vitamin A, B12, B6, C, copper, zinc, riboflavi, magnesium, thiacin, dan niacin.

5. Mencegah penyakit katarak

7 Manfaat Rumput Laut yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuhpexels.com/Dominika Roseclay

Penyakit katarak adalah salah satu penyakit mata yang sering dialami oleh orang-orang lanjut usia. Rajin mengonsumsi rumput laut ternyata bisa mencegah penyakit katarak, karena fucoxanthin di dalam rumput laut memiliki efek anti inflamasi okular yang berperan penting dalam pencegahan penyakit katarak.

6. Mencegah anemia

7 Manfaat Rumput Laut yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuhunsplash.com/Rodolfo Marques

Kalau kamu mudah merasa lelah dan lesu, mungkin saja kamu menderita anemia akibat kekurangan zat besi. Setiap harinya pria membutuhkan 8 mg zat besi, dan wanita membutuhkan 18 mg zat besi untuk menunjang aktivitas harian.

Karena zat besi memproduksi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Rumput laut ternyata juga memiliki kandungan zat besi yang bisa mencegah anemia. Semangkuk kecil rumput laut mampu memberikan 0,8 mg zat besi.

7. Menguatkan tulang dan gigi

7 Manfaat Rumput Laut yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuhpasadenasmilecenter.com

Selain zat besi, rumput laut diketahui juga memiliki kandungan kalsium yang sangat diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigimu. Rumput laut wakame diketahui memiliki kandungan 60 mg kalsium, atau setara dengan 6 persen dari kebutuhan kalsium harian rata-rata. Rumput laut juga memiliki efek anti inflamasi yang dapat memperbaiki fungsi kelenjar ludah dan membuat jaringan di dalam mulut lebih tahan terhadap kerusakan.

Nah, banyak banget kan manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuhmu? Karena itu mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi rumput laut setiap hari. Tapi ingat jangan berlebihan ya, karena segala sesuatu yang berlebihan bisa memiliki efek samping yang tidak baik.

Baca Juga: 8 Manfaat Peppermint Oil, Bisa Atasi Banyak Masalah Kesehatan

Ayana Story Photo Verified Writer Ayana Story

Mulai menulis di IDN Times sejak 2017 (kalo gak salah ingat hehehe...)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya