Comscore Tracker

5 Makanan Sumber Natrium yang Baik Dikonsumsi Penderita Hiponatremia

Khusus hiponatremia ringan

Menurut laporan The American Journal of Emergency Medicine tahun 2022, hiponatremia adalah istilah medis ketika kadar natrium dalam darah di bawah angka normal. Normalnya, kadar natrium di dalam darah berada di kisaran angka 135 hingga 145 milliequivalents per liter (mEq/L). Kekurangan natrium dalam darah yang terbilang sedang sampai berat tentunya harus dibantu dengan penanganan medis di bawah pengawasan dokter.

Tapi, jika kasus hiponatremia tergolong ringan (tentunya sudah berkonsultasi dengan dokter) dapat diatasi dengan perawatan di rumah. Perawatan yang dimaksud adalah dengan mengonsumsi lima makanan sumber natrium berikut ini, tetapi harus dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan divariasikan dengan makanan bergizi lainnya.

1. Udang

5 Makanan Sumber Natrium yang Baik Dikonsumsi Penderita Hiponatremiailustrasi udang tinggi natrium (pexels.com/CatsComing)

Dilansir Healthy Eating, udang segar yang tidak diolah hanya mengandung 224 miligram (mg) dalam setiap 100 gram sajian atau 10 persen dari total asupan natrium harian untuk orang dewasa. Asupan natrium yang direkomendasikan per harinya untuk remaja dan orang dewasa adalah 1.200 mg hingga 2.300 mg, tergantung kondisi tubuh masing-masing.

Namun, tiga ons udang matang yang tersedia secara komersial mengandung sekitar 805 mg natrium. Jumlah ini memasok 35 persen dari total asupan natrium yang direkomendasikan untuk orang dewasa setiap harinya. Perlu diingat, konsultasikan dengan dokter untuk perencanaan asupan makanan sehari-harinya. Karena, setiap penderita hiponatremia membutuhkan asupan natrium berbeda-beda.

2. Salad dressing

5 Makanan Sumber Natrium yang Baik Dikonsumsi Penderita Hiponatremiailustrasi salad dressing (pexels.com/KasumiLoffler)

Melansir Healthifyme, garam menyumbang sebagian natrium di dalam saus saladnya. Garam sendiri merupakan mineral kristal yang terbuat dari natrium dan klorida. Kandungan garam rata-rata dalam saus salad adalah 1.000 mg per 100 gramnya, ini memenuhi sekitar 40 persen dari nilai harian yang dibutuhkan.

Karena jumlah natrium di dalam saus salad terlalu tinggi per harinya jika digabungkan dengan makanan lainnya yang dikonsumsi pada hari itu juga, bisa untuk sedikit saja menambahkan garam untuk membumbui salad, ini bisa membuat nilai hariannya hanya sekitar 20 persen saja. Hal ini dilakukan agar kadar natrium dalam darah tidak terlalu rendah dan juga terlalu tinggi.

Baca Juga: 5 Bahaya Akibat Kekurangan Natrium, Mineral Utama pada Garam

3. Sereal jagung

5 Makanan Sumber Natrium yang Baik Dikonsumsi Penderita Hiponatremiailustrasi sereal jagung tinggi natrium (freepik.com/Jcomp)

Garam atau natrium adalah nutrisi penting untuk tubuh. Dikutip dari Medical News Today, natrium merupakan mineral yang membantu fungsi tubuh. Kekurangan mineral ini menyebabkan sakit kepala hingga penurunan kesadaran. Oleh karena itu, asupan mineral natrium harus dijaga jangan sampai kekurangan.

Memenuhi kebutuhan mineral natrium dalam darah yaitu dengan mengonsumsi makanan sumber natrium seperti sereal jagung, makanan sehat ini dalam satu cangkirnya mengandung 204 mg natrium. Mengonsumsi sereal jagung bisa membantu mengatasi hiponatremia.

4. Pie

5 Makanan Sumber Natrium yang Baik Dikonsumsi Penderita Hiponatremiailustrasi pie tinggi natrium (pexels.com/CatsComing)

Pie memiliki dua rasa, yaitu pie asin dan manis. Rasa asin dan manis pada kue pie dihasilkan dari jenis isian yang digunakan. Biasanya pembuatan pie yang memiliki rasa asin ini menambahkan banyak natrium ke dalamnya. Bagi penderita hiponatremia, pie menjadi makanan yang cocok juga untuk dikonsumsi.

Kisaran natrium yang terkandung pada pie yaitu 210 sampai 310 mg. Dikutip dari Eat This, pie juga masuk ke dalam makanan yang berada pada tingkat sedang dari kandungan mineral natriumnya. Maksudnya adalah, kadar mineral natrium yang terkandung di dalam pie tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Sehingga, masih bisa mengonsumsi makanan bergizi lainnya yang mengandung mineral natrium.

5. Sandwich

5 Makanan Sumber Natrium yang Baik Dikonsumsi Penderita Hiponatremiailustrasi sandwich tinggi natrium (pixabay.com/KIMDAEJEUNG)

Dilansir Centers for Disease Control and Prevention, mengetahui makanan mana yang merupakan penyumbang natrium terbesar adalah langkah yang penting. Karena pada penderita hiponatremia, mengonsumsi makanan sumber natrium harus tetap dalam batas yang normal tidak boleh berlebihan tentunya harus dalam pengawasan dokter juga.

Untuk makanan lainnya yang baik dikonsumsi oleh penderita hiponatremia yaitu sandwich, kandungan natrium pada sandwich itu tergantung apa isi di dalamnya. Untuk egg and cheese sandwich memiliki kandungan natrium sekitar 760 mg.

Lima makanan sumber natrium tersebut baik dikonsumsi oleh penderita hiponatremia, khususnya penderita hiponatremia ringan (untuk mengetahui kondisi masing-masing penderita tentunya harus berkonsultasi dahulu dengan dokter). Dengan mengonsumsi lima makanan seperti yang sudah disebutkan tadi bisa membantu mengatasi kekurangan natrium di dalam darah. 

Baca Juga: Tak Cuma Natrium, 5 Zat Gizi Ini Juga Berkaitan dengan Hipertensi 

Tiya Ananta Photo Verified Writer Tiya Ananta

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya