Comscore Tracker

10 Khasiat Bunga Lily of The Valley, Si Cantik yang Juga Beracun

Hati-hati, racunnya berbahaya

Lily of the valley dengan nama ilmiah Convallaria majalis memiliki banyak nama, May bells, Our Lady's tears, and Mary's tears. Lily of the valley adalah bunga yang hanya tumbuh pada bulan Mei di negara dengan empat musim. Keunikan bunga ini ada pada bentuknya seperti lonceng berwarna putih pada setiap dahan serta aroma yang khas. Tidak heran jika bunga ini merupakan bunga favorit pada pernikahan kerajaan seperti Ratu Victoria, Puteri Astrid dari Swedia, Grace Kelly, dan Kate Middleton bahkan artis korea Song Hye Kyo.

Dalam pernikahan lily of the valley digunakan untuk bouqet atau hiasan pernikahan. Namun ternyata lily of the valley adalah bahan favorit untuk kosmetik dan parfum. Bahan-bahan yang terkandung dalam bunga ini antara lain glikosida seperti convallamarin dan convallarin, serta cardenolides, flavonoid, asam malat, saponin, asam sitrat, dan minyak esensial, jadi tidak heran jika lily of the valley juga baik untuk kesehatan.

1. Kesehatan jantung

10 Khasiat Bunga Lily of The Valley, Si Cantik yang Juga Beracunpexels/rawpixel.com

Beberapa kandungan yang baik untuk jantung antara lain glikosida, berguna untuk mengurangi resiko serangan jantung. Flavonoid, zat yang juga terkandung pada coklat ini baik untuk jantung, karena zat ini berfungsi merangsang arteri dalam pelebaran pembuluh darah.

2. Mengurangi stres

10 Khasiat Bunga Lily of The Valley, Si Cantik yang Juga Beracununsplash/Jeremy Wong

Aroma lembut dan classy lily of valley memiliki sifat terapeutik. Ampuh untuk mengurangi stress dan depresi. Sifat terapeutik adalah istilah ilmu pengobatan yang berhubungan dengan terapi. Terapi kecemasan, serta pengurangan depresi bisa dengan cara mengoleskan minyak essensial yang berasal dari bunga lily of the valley.

3. Meningkatkan fungsi saraf

10 Khasiat Bunga Lily of The Valley, Si Cantik yang Juga Beracunpexels/meo

Lily of valley dapat meningkatkan fungsi kognitif pada manusia. Dengan mengonsumsi lily of valley dapat meningkatkan kemampuan mengingat, mencegah penuaan sel-sel otak bahkan untuk mengobati penyakit epilepsi.

4. Baik untuk pencernaan

10 Khasiat Bunga Lily of The Valley, Si Cantik yang Juga Beracunpexels/rawpixel.com

Bagi yang mengalami sembelit lily of the valley bisa jadi alternatif pengobatan karena tanaman ini mengandung sifat pencahar. Saat sifat pencahar ini aktif, pencernaanpun akan meningkat sehingga akan memperlancar proses pencernaan serta menghindari masalah-masalah yang timbul pada organ pencernaan.

5. Membantu pernapasan

10 Khasiat Bunga Lily of The Valley, Si Cantik yang Juga Beracunpexels/kelvin valerio

Lily of the valley dapat mengobati penyakit asma, episema dan edema paru-paru karena dapat meringankan saluran pernapasan.

Baca Juga: 70 Persen Pengobatan Penyakit Tidak Menular Tak Bisa Dikendalikan

6. Mengelola saluran infeksi kandung kemih

10 Khasiat Bunga Lily of The Valley, Si Cantik yang Juga Beracunhellosehat.com

Lily of the valley memiliki sifat diuretik yaitu zat pada makanan yang dapat meningkatkan sekresi urin lewat memacu kerja ginjal. Sifat diuretik ini dapat mendetoksifikasi hati dan racun-racun dapat tubuh. Dengan begitu tanaman ini baik untuk penyembuhan ISK atau infeksi saluran kemih.

7. Mengontrol tekanan darah

10 Khasiat Bunga Lily of The Valley, Si Cantik yang Juga Beracunpexels/pixabay

Kadar cairan berlebih yang sudah tidak bisa ditampung dalam tubuh mengakibatkan tekanan darah tinggi. Hal ini bisa dikontrol dengan mengurangi cairan lewat pembuangan air seni. Sifat diuretik pada lily of the valley sangat cocok hal ini. Sedangkan flavonoid dapat mendukung dengan menstimulasi arteri sehingga memudahkan aliran darah dalam tubuh.

8. Kesehatan ginjal

10 Khasiat Bunga Lily of The Valley, Si Cantik yang Juga Beracunndnr.com

Kesehatan ginjal berhubungan dengan pengendapan bahan-bahan beracun dalam tubuh dan lily of valley dapat mencegah hal itu terjadi. Rentensi dan kembung akan berkurang, ginjal terjaga kesehatannya.

9. Sebagai obat oles

10 Khasiat Bunga Lily of The Valley, Si Cantik yang Juga Beracunpexels/pixabay

Minyak esensial lily of the valley sama halnya dengan minyak tawon dan minyak kayu putih. Lily of the valley memiliki khasiat meringankan peradangan dan rasa sakit serta mengobati asam urat.

10. Meredakan demam

10 Khasiat Bunga Lily of The Valley, Si Cantik yang Juga Beracunhealth.harvard.edu

Antipiretik berasal dua kata yaitu anti dan piretik yang jika di artikan penentang substansi yang dapat mengakibatkan kenaikan suhu. Seperti halnya paracetamol, lily of the valley dapat meredakan demam karena ada zat antipiretik tersebut.

Bunga lily of valley selain cantik nan anggun ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh dalam penggunaan wajar. Pemakaian yang banyak dan berlebihan dapat menyebabkan iritasi saluran cerna hingga dehidrasi, sakit perut parah, gagal ginjal dan tidak baik untuk wanita hamil serta menyusui. Buah merah pada tanaman ini tidak boleh dikonsumsi karena mengandung racun.

Baca Juga: 6 Jamu Tradisional Ini Kaya Banget Manfaat Sekaligus Menyehatkan Tubuh

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya