Comscore Tracker

5 Penyakit Akibat Bekerja Lama di Depan Komputer, Hati-hati!

Jangan sampai masa tua nanti jadi sakit-sakitan

Di era digital ini, banyak sekali pekerjaan yang menuntut kita untuk selalu bekerja di depan layar komputer. Internet menyediakan kemudahan bagi banyak orang yang bekerja, sehingga memaksa kita untuk selalu menatap layar komputer.

Di luar waktu bekerja pun, kita terkadang menghabiskan waktu senggang dengan tetap menatap layar komputer, seperti bermain games atau menonton serial film. Berlama-lama menatap layar komputer bisa berbahaya bagi kesehatan kita.

Sudah banyak jurnal kesehatan yang mewanti-wanti tentang penyakit yang timbul akibat bekerja lama di depan komputer. Penyakit-penyakit ini kadang kala tidak kita sadari dan kita sering mengabaikannya karena efeknya tidak begitu terasa. Apa saja penyakit tersebut?

1. Computer Vision Syndrome 

5 Penyakit Akibat Bekerja Lama di Depan Komputer, Hati-hati!ilustrasi kelelahan mata (pexels.com/@arina-krasnikova)

Sindrom penglihatan dikarenakan penggunaan komputer ini penyakit yang baru ada ketika era digital saat ini. Penggunaan komputer yang berlebihan menyebabkan mata lelah, lebih parahnya bisa menjadi tegang bahkan iritasi.

Ciri-ciri dari sindrom ini adalah mata yang tegang, penglihatan mengabur, mata kering dan sakit kepala. Para ahli kesehatan merekomendasikan untuk menggunakan kaidah 20-20-20 di tengah-tengah kesibukan kita bekerja yaitu 20 detik melihat objek yang jauh setiap 20 menit sekali.

2. Cybersickness 

5 Penyakit Akibat Bekerja Lama di Depan Komputer, Hati-hati!ilustrasi mual dan pusing (unsplash.com/@kylejglenn)

Cybersickness adalah kondisi di mana kita merasa mual, pusing bahkan migrain ketika terlalu lama menatap layar komputer. Salah satu ciri yang sering kita temui adalah saat kita merasa mual atau pusing ketika menatap layar handphone ketika di dalam kendaraan.

Tuntutan pekerjaan tidak bisa menghindarkan kita dari penyakit semacam ini, terlebih di era digital. Namun tetap lakukan upaya pencegahan, seperti ambil jeda ketika bekerja dan kurangi paparan sinar biru seperti layar handhphone atau komputer.

Baca Juga: 7 Penyakit Mata yang Kamu Perlu Tahu, Apa Saja? 

3. Sakit punggung 

5 Penyakit Akibat Bekerja Lama di Depan Komputer, Hati-hati!ilustrasi sakit punggung (pexels.com/@karolina-grabowska)

Selain menatap layar komputer, duduk lama selama berjam-jam sudah menjadi makanan sehari-hari pekerja di kota-kota besar. Posisi duduk yang tidak diselingi dengan istirahat berbahaya bagi tulang punggung dalam jangka waktu yang lama.

Faktor lainnya seperti kursi dan meja kerja yang tidak nyaman menambah beban punggung badan kita semakin kaku. Jangan lupa untuk kita untuk selalu mengambil istirahat dan menggerakan badan setelah lama duduk di depan komputer.

4. Obesitas atau kegemukan 

5 Penyakit Akibat Bekerja Lama di Depan Komputer, Hati-hati!ilustrasi orang dengan obesitas (unsplash.com/@canweallgo)

Terkadang kita tidak sadar ketika sedang bekerja sambil ngemil makanan dan minuman ringan. Terlebih saat beban pekerjaan begitu besar yang membuat kita stres, maka salah satu penghiburnya adalah dengan ngemil.

Dalam jangka waktu yang lama, kebiasaan kecil kita itu bisa berdampak pada bentuk badan kita yang semakin besar. Bekerja duduk di depan komputer tidak membutuhkan energi yang begitu besar, maka seharusnya kita pun tidak perlu banyak mengkonsumsi makanan.

5. Kanker 

5 Penyakit Akibat Bekerja Lama di Depan Komputer, Hati-hati!ilustrasi dalam masa pengobatan kanker (pexels.com/@shvets-production)

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel abnormal dalam tubuh manusia. Umumnya, kanker bisa disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal penyebab kanker biasanya karena faktor gen turunan.

Beberapa faktor eksternal penyebab kanker adalah makanan cepat saji, minuman bersoda dan konsumsi rokok. Jarang bergerak ditambah gaya hidup tidak sehat menjadi gaya hidup yang membayangi bagi para pekerja kantoran.

 

Penyakit-penyakit di atas semakin umum ditemui, khususnya di kalangan anak muda. Padahal, 10-20 tahun ke belakang penyakit seperti obesitas dan kanker adalah penyakit yang masih jarang ditemui.

Kamu seharusnya mulai sadar bahwa penyakit-penyakit di atas bisa kita cegah dengan gaya hidup yang lebih sehat. Tentunya kamu tidak mau menghabiskan masa tua kita dengan sakit-sakitan, kan?

Baca Juga: 5 Fakta Penyakit Osgood-Schlatter yang Sering Dialami Remaja

Mohamad Teguh Photo Writer Mohamad Teguh

https://teguhgetuk.wordpress.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya