Comscore Tracker

Mau Tubuh Berisi? Ini 7 Makanan Ampuh untuk Menambah Berat Badan

Bukan cuma menambah porsi makan!

Banyak orang yang berupaya untuk menurunkan berat badan, tetapi banyak juga yang ingin menambah berat badannya, ingin tubuhnya berisi. Ingin berat badan naik secara sehat bukan cuma sekadar menambah porsi makan, lho. Ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk mendukung niatanmu itu.

Bila kamu salah satu di antara orang-orang yang ingin mendongkrak berat badan supaya tubuh terlihat berisi, berikut ini adalah beberapa makanan yang dianjurkan untuk kamu konsumsi.

1. Susu

Mau Tubuh Berisi? Ini 7 Makanan  Ampuh untuk Menambah Berat Badanpixabay.com/Imo Flow

Susu banyak diandalkan untuk menaikkan berat badan. Bukan tanpa alasan, ini karena susu mengandung berbagai nutrisi yang dapat meningkatkan berat badanmu.

Melansir dari laman Healthline, bahwa susu mengandung sumber kalori, protein, dan nutrisi yang baik. Susu memberikan manfaat yang seimbang untuk menambah berat badan. Ini bisa bermanfaat bagi para atlet dan binaragawan yang ingin menambah massa otot, begitu juga pada orang-orang yang kekurangan berat badan.

Sebuah penelitian dalam Jurnal Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine mengungkapkan bahwa minum susu tiga kali sehari dapat menambah berat badan karena kandungan lemak dan protein tambahan yang terkandung dalam segelas susu. Baiknya konsumsi susu tanpa tambahan gula.

2. Nasi

Mau Tubuh Berisi? Ini 7 Makanan  Ampuh untuk Menambah Berat Badanpixabay.com/takedahrs

Nasi adalah salah satu sumber karbohidrat dan konsumsinya dalam masyarakat sangat luas. Nah, nasi juga bisa kamu manfaatkan untuk menambah berat badan karena kandungan kalori yang cukup tinggi.

Melansir Medical News Today, secangkir nasi mengandung sekitar 200 kalori, sehingga bisa dikonsumsi untuk menambah angka timbangan. Meski demikian, usahakan untuk mengonsumsinya dalam porsi secukupnya. Karena, jika berlebihan bisa menyebabkan sembelit, sehingga bisa terjadi penumpukan karbohidrat dalam pencernaan.

Selain itu, imbangi konsumsi nasi dengan asupan serat dari sayuran dan minum cukup air agar sistem pencernaan tetap lancar. 

3. Alpukat

Mau Tubuh Berisi? Ini 7 Makanan  Ampuh untuk Menambah Berat Badanunsplash.com/Louis Hansel

Bukan cuma lezat, buah yang satu ini dikenal memiliki segudang manfaat kesehatan, termasuk bisa membantumu menambah berat badan secara efektif. 

Alpukat bukan hanya tinggi kalori, tetapi juga mengandung lemak sehat. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan alpukat ke dalam menu makanmu sehari-hari, ya!

Melansir Medical Daily, sebuah alpukat 100 gram mengandung kalori yang cukup, lemak sehat, protein, vitamin K, serat, folat, dan karbohidrat. Selain itu, alpukat juga kaya akan mikronutrien. Bagian terbaiknya adalah alpukat memiliki khasiat serbaguna, yang artinya kamu dapat mengkonsumsi alpukat dengan banyak cara.

Kamu bisa mengonsumsinya menjadi jus, smoothie, mencampurkannya ke mangkuk salad atau oatmeal, dan sebagainya agar kamu tak bosan. 

4. Kentang

Mau Tubuh Berisi? Ini 7 Makanan  Ampuh untuk Menambah Berat Badanunsplash.com/Andrey Metelev

Melansir The Healhty, menurut Jessica Rosen, seorang pelatih kesehatan holistik bersertifikat dan salah satu pendiri Raw Generation, jenis umbi-umbian seperti kentang mengandung karbohidrat yang diubah menjadi glukosa, yang digunakan tubuh sebagai energi. Setiap glukosa yang tidak dapat digunakan tubuh akan diubah menjadi lemak, sehingga ini dapat membuatmu menambah berat badan.

Meski disarankan, tetapi kamu tidak disarankan untuk mengonsumsinya dengan cara digoreng (french fries) atau dalam bentuk keripik kentang. Pasalnya, ini malah bisa membuat lemak jahat menumpuk dan memicu kemunculan penyakit berbahaya seperti penyakit jantung atau diabetes bila dikonsumsi berlebihan.

5. Ikan salmon

Mau Tubuh Berisi? Ini 7 Makanan  Ampuh untuk Menambah Berat Badanunsplash.com/David B Townsend

Salmon terkenal memiliki segudang nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Meningkatkan berat badan adalah salah satu manfaatnya.

Melansir dari laman Medical News Today, sebanyak 6 ons salmon akan mengandung sekitar 240 kalori. Ikan ini juga kaya akan lemak sehat, menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menambah berat badan. Ikan salmon juga mengandung banyak nutrisi, termasuk omega-3 dan protein.

Kamu disarankan untuk mengolah ikan salmon sendiri dengan cara direbus, dipanggang, atau dikukus dengan menambahkan perasan jeruk nipis atau lemon di atasnya.

6. Kacang-kacangan

Mau Tubuh Berisi? Ini 7 Makanan  Ampuh untuk Menambah Berat Badanunsplash.com/Maddi Bazzocco

Makanan yang biasa dijadikan camilan ini pun bisa menjadi salah satu daftar yang bisa kamu coba untuk meningkatkan berat badan. Jenis kacang yang bisa jadi pilihan adalah almon, hazelnut, dan walnut.

Melansir Healthline, sebagai contoh, segenggam kacang almon mentah atau seperempat cangkirnya mengandung 170 kalori, 6 gram protein, 4 gram serat, dan 15 gram lemak sehat.

Kacang-kacangan termasuk makanan yang padat kalori, sehingga disarankan cukup mengonsumsinya sebanyak dua genggam setiap hari sebagai camilan.

Kamu juga mengonsumsinya dalam bentuk selain kacang. Namun, bijaklah dalam memilih produk selai. Pilih selain kacang murni tanpa tambahan pemanis, perasa, atau bahan-bahan tambahan lainnya.

7. Daging merah

Mau Tubuh Berisi? Ini 7 Makanan  Ampuh untuk Menambah Berat Badanunsplash.com/Jason Leung

Daging merah menjadi makanan favorit banyak orang karena bisa diolah menjadi berbagai menu makanan yang lezat seperti sate kambing, steak, dan masih banyak lagi. Selain itu, daging merah juga bisa diandalkan untuk membantu meningkatkan berat badan.

Melansir Medical News Today, konsumsi daging merah telah terbukti mampu membantun otot dan menambah bobot tubuh. Daging merah leusin dan kreatin, nutrisi yang berperan penting dalam meningkatkan massa otot. Ada pula kandungan protein dan lemak yang dapat membantu tubuhmu berisi.

Ada satu studi yang menemukan bahwa menambahkan daging merah tanpa lemak ke dalam pola makan 100 partisipan perempuan usia 60-90 tahun dapat membantu menambah berat badan, hingga meningkatkan kekuatan sebesar 18 persen saat menjalani pelatihan ketahanan.

Namun, tetap perhatikan porsinya, jangan sampai konsumsinya berlebihan karena dapat memicu penyakit. Kamu disarankan untuk mengolah daging merah dengan cara dikukus atau menyetup (stewing).

Itulah tadi beberapa makanan yang bisa membantu menambah berat badan karena memiliki kandungan kalori dan lemak sehat yang cukup tinggi. Meski demikian, ingin punya tubuh berisi bukan berarti kamu harus makan dalam porsi besar dan frekuensi yang lebih sering, apalagi makanan berlemak dengan kadar gula tinggi. Bisa-bisa berat badanmu kebablasan naik dan berisiko mengakibatkan berbagai penyakit. Ingat, tetap jaga pola makan sehat bergizi seimbang dan optimalkan dengan olahraga rutin.

Baca Juga: Mau Badan Berisi? Ini 19 Makanan dan Minuman yang Harus Kamu Lahap

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya