Comscore Tracker

Ini 5 Cara Mencegah Kulit Kering Selama Bulan Puasa Menurut Ahlinya

#RamadanMasaKini Ibadah puasa lancar, kulit sehat menawan

Jakarta, IDN Times - Bulan suci Ramadan telah menjumpai umat Muslim di seluruh dunia. Para penganut agama Islam menyambutnya dengan penuh suka cita karena kedatangan bulan penuh rahmat ini hanya terjadi sekali dalam setahun. Di bulan Ramadan, semua orang akan berlomba-lomba mengamalkan amal kebajikan karena segala perbuatan baik yang kita perbuat akan dilipatgandakan. 

Namun, kegiatan yang begitu sibuk yang dilakukan jangan sampai membuat kita lupa akan kesehatan tubuh, terutama kulit. Kulit menjadi hal yang perlu kita jaga karena akan berpengaruh kepada performa kita sehari-hari. Oleh karena itu, yuk simak ulasan berikut untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kulit agar tampak sehat selama bulan puasa!

1. Cukupkan asupan air

Ini 5 Cara Mencegah Kulit Kering Selama Bulan Puasa Menurut Ahlinyahealthxchange.sg

Saat berpuasa tubuh tidak diizinkan makan dan minum selama kurang lebih 13 jam lamanya. Kondisi seperti ini akan membuat kulit menjadi kering. Hal ini bisa dicegah dengan cara mencukupkan asupan air saat berbuka, sahur dan menjelang tidur.

Menurut pemaparan dr. Ika Anggraini, SpDV saat seminar kesehatan kulit di Hong Kong Cafe, Gondangdia, Jakarta Pusat, kita dianjurkan minum delapan gelas air putih per hari yang setara dengan dua liter air. Tentunya, di bulan puasa nanti kita harus memiliki trik khusus agar tubuh tetap menerima jumlah air sebagaimana yang dianjurkan. Caranya adalah minum dua gelas air putih saat sahur, dua gelas saat berbuka dan empat gelas di antara berbuka dan menjelang tidur. 

2. Kurangi asupan kafein

Ini 5 Cara Mencegah Kulit Kering Selama Bulan Puasa Menurut Ahlinyabenhdongkonh.com

Kafein yang sering terkandung dalam minuman kopi dan teh sebaiknya harus dikurangi selama bulan Ramadan. Pasalnya, sifat kedua minuman ini adalah diuretik yang mana bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi. Jika tubuh terlalu dehidrasi ini bisa mengakibatkan kulit kering dan terlihat tidak sehat. 

Baca Juga: 7 Penyebab Kulit Leher Menjadi Hitam dan Cara Mengatasinya, Mudah kok!

3. Olahraga setelah berbuka puasa

Ini 5 Cara Mencegah Kulit Kering Selama Bulan Puasa Menurut Ahlinyaindependent.co.uk

Walaupun sedang menjalani ibadah puasa, tubuh harus sehat dengan tetap menjalankan olahraga. Tetapi rasanya tidak mungkin jika kita melakukan olahraga saat sedang puasa, yang ada kita akan merasa kehausan dan berujung batalnya puasa.

Agar hal ini tidak terjadi, kita bisa menyiasatinya dengan menggeser jam olahraga ke waktu malam setelah berbuka puasa. Alasannya, olahraga akan jauh lebih optimal jika dilakukan setelah berbuka karena kebutuhan dan ekskresi cairan yang meningkat ketika olahraga. 

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Ini 5 Cara Mencegah Kulit Kering Selama Bulan Puasa Menurut Ahlinyaeatthis.com

Seperti yang kita ketahui kandungan air pada buah sangatlah berlimpah. Kandungan ini yang membantu kulit tetap terjaga elastisitasnya.

Selain itu juga, kandungan vitamin pada buah seperti vitamin A maupun E sangat baik bagi kulit. Misalnya vitamin A memiliki fungsi untuk memperbaiki kulit yang pecah-pecah sedangkan untuk vitamin E sendiri berfungsi untuk menjaga kelembapan alami kulit. 

5. Mandi dengan air suam-suam kuku

Ini 5 Cara Mencegah Kulit Kering Selama Bulan Puasa Menurut Ahlinyaparenting.firstcry.com

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Begitulah frasa yang sering kita dengar baik dari orangtua, kolega maupun para ustaz. Saat bulan puasa, para ahli kesehatan di bidang kulit menyarankan untuk mandi dua kali sehari menggunakan air biasa atau suam-suam kuku.

Hal ini tentunya didasarkan untuk menjaga kulit agar tetap lembap dan tidak mengalami kekeringan. Jika kalian menggunakan air panas, uap yang ada akan membuat kulit terdehidrasi dan mudah mengalami iritasi.

Itulah tadi beberapa tips sederhana yang pastinya mudah dilakukan oleh kalian. Selamat menjalankan ibadah puasa, ya!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Nisa Widya Amanda
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya