Comscore Tracker

7 Penyebab Leher Hitam dan Cara Mengatasinya, Mudah kok!

Kulit hitam di leher bisa jadi masalah penampilan serius

Salah satu masalah kulit yang kerap dialami oleh banyak orang adalah bagian leher yang menghitam. Masalah tersebut bisa saja terjadi karena berbagai hal atau justru menjadi tanda dari suatu kondisi medis tertentu.

IDN Times telah merangkum beberapa di antaranya. Simak informasi jelasnya mengenai penyebab leher hitam berikut ini!

1. Sinar matahari

7 Penyebab Leher Hitam dan Cara Mengatasinya, Mudah kok!mission.com

Mungkin ini menjadi penyebab umum mengapa kulit di bagian leher menjadi hitam. Bagian leher yang tidak tertutupi saat beraktivitas di bawah sinar matahari dapat membakar kulit dan membuatnya menjadi lebih hitam.

2. Diabetes

7 Penyebab Leher Hitam dan Cara Mengatasinya, Mudah kok!medicalnewstoday.com

Kulit leher yang hitam bisa saja diakibatkan oleh adanya penyakit diabetes yang kamu alami. Sebab, kadar gula yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan kulit mengalami resistensi terhadap insulin. Sehingga mengakibatkan poliferasi serta perubahan warna kulit yang menjadi lebih hitam.

3. Penyakit addison

7 Penyebab Leher Hitam dan Cara Mengatasinya, Mudah kok!factdr.com

Salah satu gejala munculnya penyakit addison adalah perubahan warna kulit yang menjadi lebih gelap, termasuk di bagian leher. Penyakit addison sendiri merupakan gangguan yang menyerang kelenjar adrenal yang tidak bisa menghasilkan hormon dalam jumlah yang dibutuhkan. Tidak hanya perubahan kulit saja, penyakit ini juga ditandai dengan gejala lain seperti mudah lelah dan menurunnya nafsu makan.

Baca Juga: 8 Penyebab Bersin Paling Aneh yang Ternyata Dialami oleh Banyak Orang

4. Penyakit hypothyroidism

7 Penyebab Leher Hitam dan Cara Mengatasinya, Mudah kok!self.com

Hypothyroidism merupakan jenis penyakit yang menyerang kelenjar tiroid. Salah satu gejala yang ditunjukkan akibat penyakit ini adalah menghitamnya bagian kulit di seluruh tubuh termasuk di bagian leher bahkan membuatnya menjadi kering. 

5. Gaya hidup yang jorok

7 Penyebab Leher Hitam dan Cara Mengatasinya, Mudah kok!videoblocks.com

Salah satu penyebab umum kulit leher menghitam lainnya adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti malas mandi. Ketika kamu malas membersihkan diri, hal tersebut juga akan memengaruhi kesehatan kulit. Di mana kotoran yang menempel akan mengendap pada kulit dan mengubah warna asli kulit menjadi kehitaman.

6. Cara mengatasinya: kontrol berat badan

7 Penyebab Leher Hitam dan Cara Mengatasinya, Mudah kok!newhealthmed.com

Salah satu penyebab kulit menjadi hitam adalah obesitas yang dialami oleh penderita penyakit diabetes. Oleh karena itu, jika kamu memiliki beran badan yang cenderung obesitas sebaiknya segera kontrol berat badan dengan pola hidup yang sehat. Selain itu kamu juga bisa berolahraga secara teratur agar gula darah dalam tubuh tetap stabil.

7. Cara mengatasinya: kentang

7 Penyebab Leher Hitam dan Cara Mengatasinya, Mudah kok!irishtimes.com

Kandungan enzim catecholase dan vitamin C pada kentang ternyata dapat mencerahkan dan melembapkan kulit. Cobalah parut atau tumbuk kentang hingga halus. Kemudian oleskan pada leher. Jika sudah mengering cuci dengan air hingga bersih dan ulangi secara terus menerus hingga warna kehitaman pada leher mulai menghilang.

Itu dia beberapa penyebab leher hitam jika dibandingkan dengan warna kulit lainnya. Selain itu, kamu bisa mencoba cara-cara sederhana untuk mengatasinya. Jangan sampai hal tersebut merusak penampilanmu!

Baca Juga: 9 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda, Hati-hatilah dari Sekarang

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Just For You