Comscore Tracker

10 Penyakit yang Mengancam Saat Kamu Biarkan Stres Berlarut-larut

Yuk, bahagia yuk~

Masalah yang bebannya berat memang seringkali memicu stres. Tapi kamu gak boleh meratapi masalahmu berlarut-larut dan membiarkan hatimu terpuruk lama. Sheldon Cohen, Ph.D., seorang psikolog di Carnegie Mellon University mengungkapkan kalau respon perilaku dan biologis terhadap stres punya potensi memengaruhi kesehatan.

Rosalind Wright, asisten profesor di Harvard School of Health Public juga mengatakan bahwa stres psikologis adalah polutan yang bisa 'bernafas' dalam tubuh. Sebagaimana polusi udara, stres mengganggu sejumlah jalur fisiologis yang memicu sejumlah penyakit. Beberapa penyakit yang mengancam penderita stres, di antaranya sebagai berikut.

1. Depresi

10 Penyakit yang Mengancam Saat Kamu Biarkan Stres Berlarut-larutunsplash.com/Xavier Mouton Photographie

Sebagian orang yang menderita gangguan psikosomatis akibat mengalami stres berat sering berujung pada depresi. Psikolog Sheldon Cohen, Ph.D. memaparkan bahwa stres yang kronis bisa mengganggu kemampuan kita untuk mengatur emosi.

2. Obesitas

10 Penyakit yang Mengancam Saat Kamu Biarkan Stres Berlarut-laruthealthfully.com

Stres memang cenderung bikin diet jadi gak sehat. Berdasarkan penelitian yang terbit dalam Nature Medicine pada 2008 menjelaskan bahwa ketika stres, tubuh bakal melepas molekul yang disebut neuropeptide Y. Molekul inilah yang berperan menyimulasikan sel-sel lemak untuk tumbuh, baik ukuran maupun jumlahnya yang tinggi.  

3. Demensia

10 Penyakit yang Mengancam Saat Kamu Biarkan Stres Berlarut-larutunsplash.com/Daria Nepriakhina

Kemerosotan daya ingat atau disebut demensia juga bisa mengancam penderita stres. Sebuah studi di Amerika Academy of Neurology pada 2009 melaporkan bahwa orangtua yang sering tertekan dan terisolasi, 50 persen lebih berpotensi menularkan penyakit demensia pada rekan-rekan mereka yang lebih tenang dan jarang stres.

4. Mudah terinfeksi

10 Penyakit yang Mengancam Saat Kamu Biarkan Stres Berlarut-larutpixabay.com/mashko-apchi

Berdasarkan analisis tahun 2004 yang diterbitkan Psychological Bulletin, dari 293 penelitian di dalamnya menunjukkan bahwa stres kronis bisa menekan sistem kekebalan tubuh yang membuat seseorang mudah terinfeksi virus seperti flu, herpes, alergi dan infeksi virus lainnya.

5. Kanker payudara

10 Penyakit yang Mengancam Saat Kamu Biarkan Stres Berlarut-larutinstasaver.org

Menurut sebuah penelitian dalam Psychosomatic Research tahun 2007, wanita yang terkena kanker payudara metastatik, yaitu kanker yang telah menyebar, dua kali lebih mudah kambuh dalam kondisi stres. 

Baca Juga: Hindari Stres, 5 Terapi Sederhana Agar Hidup Selalu Bahagia

6. Insomnia

10 Penyakit yang Mengancam Saat Kamu Biarkan Stres Berlarut-larutpixabay.com/free-photos

Waktu istirahat yang minim adalah kebiasaan gak sehat yang sering menimpa orang stres. Menurut penelitian yang dilakukan Clayton Sleep Institute di St. Louis, Missouri, AS, diterangkan bahwa orang dengan stres kronis lebih sering mengalami insomnia atau gangguan tidur.

7. Penyakit jantung

10 Penyakit yang Mengancam Saat Kamu Biarkan Stres Berlarut-larutdailymotion.com

Sebuah makalah yang diterbitkan oleh Scandinavian Journal of Work Environment and Health tahun 2006 mengungkap bahwa orang yang sering mengalami stres hingga berlarut-larut, 50 persen berisiko terhadap penyakit jantung.

"Stres kronis mampu mengaktifkan sistem saraf simpatik yang jadi penyebab kerusakan lapisan dalam arteri dan juga memicu pembetukan gumpalan darah yang berpotensi memunculkan serangan jantung," papar psikolog Sholden Cohen, Ph.D.

8. Alergi

10 Penyakit yang Mengancam Saat Kamu Biarkan Stres Berlarut-larutpexels.com/Ivan Obolensky

Berdasarkan penelitian di Universitas Ohio State, stres bisa membuat orang yang mengidap alergi tertentu jadi bertambah parah. Akibat stres, reaksi alergi bertahan lebih lama daripada saat ia dalam kondisi tenang.

9. Stroke

10 Penyakit yang Mengancam Saat Kamu Biarkan Stres Berlarut-laruthealth.harvard.edu

Orang-orang yang sering mengalami stres secara berkala dan dibiarkan berlarut, 50 persen lebih mudah menderita penyakit stroke yang fatal dibanding mereka yang selalu berpikir positif dan menghindari stres.

10. Mengurangi kesuburan

10 Penyakit yang Mengancam Saat Kamu Biarkan Stres Berlarut-larutpixabay.com/Stocksnap

Hormon kortisol dan hormon gonadotropin yang termasuk hormon stres mampu menghambat pelepasan hormon seks utama dalam tubuh sehingga mengurangi jumlah sprema, ovulasi dan hasrat seksual. Hal ini berdasarkan sebuah studi dalam Prosiding National Academy of Sciences pada tahun 2009.

Itulah sekumpulan penyakit yang bakal mengancam saat kamu biarkan stres berlarut-larut. Melihat dampak buruknya bagi kesehatan, alangkah baiknya kalau kita membiasakan diri untuk berpikir positif, sabar dan ikhlas menghadapi setiap problema. Yuk, jauhi stres!

Baca Juga: New Mom Wajib Tahu, 7 Tanda Wanita Mengidap Depresi Pasca Melahirkan

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You